Pengertian Titik Harga Keseimbangan dan Cara Menghitung serta Tabel

Cara Menghitung Harga Keseimbangan beserta Tabel

Cara Menghitung Harga Keseimbangan beserta Tabel –  Pembeli memiliki suatu kecenderungan yakni mengharapkan barang yang bagus dengan harga yang murah, tetapi penjual memiliki kecenderungan untuk memperoleh  keuntungan yang tinggi dalam hal ini kecenderungan yang berlawanan akan menhasilkan transaksi apabila tidak adanya kesepakatan harga.

Dengan melalui tawar menawar antara penjual dan pembeli maka aka menimbulkan kesepakatan harga. Harga pasar di hasilkan dari tawar menawar antara penjual dan pembeli, biasanya dalam ekonomi dikenal dengan istilah harga keseimbangan (Equilibrium Price).

 

Pengertian Harga Keseimbangan

Penjelasan harga keseimbangan ialah sebuah harga yang terbentuk pada titik pertemuan antara kurva permintaan dengan kurva penawaran, artinya dengan kesepakatan antara pembeli dan penjual.

Pada awal terbentuknya suatu harga keseimbangan karena didasari dengan sebuah interaksi antara pihak pembeli (permintaan) dengan pihak penjual (penawaran) yang dilakukan secara wajar. Hukum permintaan dan penawaran mempengaruhi sebuah interaksi antara penawaran dan permintan yang disebabkan oleh hal-hal berikut ini :

1. Hukum Permintaan menjelaskan bahwa permintaan cenderung akan bertambah pada saat harga turun.

2. Hukum Penawaran menjelaskan bahwa penawaran cenderung akan bertambah pada saat harga naik.

 

Sepenuhnya untuk pembentuk harga pada kekuatan antara permintaan dengan penawaran pada pasar persaingan sempurna. Pada saat terjadi perubahan barang makan akan mengubah permintaan dan penawaran.

Suatu harga dan kuantitas keseimbangan terbentuk karena hasil dari kesepakatan antara pembeli dan penjual dengan alasan kuantitas sudah yang ditawarkan dan diminta besarnya.

Apabila keseimbangan ini sudah diperoleh, biasanya titik keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi suatu panduan pembeli dan penjual dalam menentukan harga suatu barang.

Berikut adalah gambar grafiknya agar lebih jelas.

Cara Menghitung Harga Keseimbangan beserta Tabel

 

Perhitungan Harga Keseimbangan

Cara untuk perhitungan harga keseimbangan terdapat tiga perhitungan yaitu dengan menggunakan tabel kurva, dan dapat juga melalui pendekatan matematis.

 

A. Perhitungan Harga Keseimbaangan Memakai Tabel

Sebelum melakukan perhitungan harga keseimbangan, anda harus menyusun tabel yang berisikan P (harga), Qd (jumlah yang diminta) dan Qs (jumlah yang ditawarkan)

Dengan melalui tabel tersebur, kita dapat melihat pada harga Qd sama dengan harga Qs, itulah harga keseimbangan yang akan kita hitung.

Berikut ini adalah tabel yang sudah disusun berdasarkan data-data yang sudah ada.

Cara Menghitung Harga Keseimbangan beserta Tabel
Tabel

Setelah melihat tabel di atas bahwa pada harga Rp 4000 jumlah yang diinginkan sama dengan jumlah yang ditawarkan. Artinya ini merupakan harga keseimbangan terjadi pada saat harga sebesar Rp 4.000 sedangkan nilai keseimbangan timbul disaat pena berjumlah 60 biji

 

B. Menghitung Harga Keseimbangan Memakai Kurva

Terkadang pernah kita jumpai sebuah tabel yang tidak memperlihatkan secara langsung adanya harga dan jumlah keseimbangan, contohnya seperti tabel dibawah ini:

Cara Menghitung Harga Keseimbangan beserta Tabel

Oleh sebab itu, untuk memperoleh sebuah harga keseimbangan, sebagiknya kita menggambarkan kurvanya.

Contoh kurva permintaan dan penawaran karet

Cara Menghitung Harga Keseimbangan beserta Tabel
kurva permintaan dan penawaran karet

Dari hasil perpotongan antara kuva penawaran dan kurva permintaan diatas, maka diperoleh titik keseimbangan (E) Pada titik keseibangan (60,350) inilah yang disebbut sebagai harga keseimbangan.

Harga keseimbangan yang terjadi ialah sebesar Rp 350 dan untuk jumlah keseimbanganya yakni 60 ton.

 

Baca Juga : 9 Metode Perhitungan Indeks Harga dan Contohnya [Rumus]

 

c. Menghitung Harga Keseimbangan Memakai Pendekatan Matematis

Fungsi dari Pendekatan matematis kita oakai dalam mencari harga dan jumlah keseimbangan ketika data yang di peroleh ternyata berupa fungsi permintaan dan penawaran.

Nah, apabila ingin mencari harga keseimbangan antara fungsi permintaan dan penawaran, bisa memakai rumus syarat keseimbangan yakni  :

Qd = Qs atau Pd = Ps

Keterangan :

Qd =Jumlah yang diminta

Qs = Jumlah yanng ditawarkan

Pd = Harga yang diminta

Ps = Harga yang ditawarkan

 

Contoh Soal

Fungsi permintaan sebuah barang dijelaskan bahwa Qs = 4P – 50 dan untuk fungsi penawaran yakni Qs = 4P – 50. Tentukanlah berapa harga jumlah dan keseimbanganya ?

 Jawab:

Syarat keseimbangan adalah Qd = Qs atau Pd = Ps

Qd = Qs

40 – P = 4P – 50

– P – 4P = -50 – 40

– 5P = -90

P = -19/-5 = 18

Didapat P (harga) keseimbangan = 18. Untuk mencari nilai Q (jumlah) keseimbangan kita harus memasukan P (harga) keseimbangan (18) ke salah satu fungsi yang ada di atas. Bisa dimasukan kedalam  fungsi permintaan meupun fungsi penawaran.

P = 18 => Q = 40 – P

Q = 40 – 18

Q = 22

Maka didapat Q (jumlah) keseimbangan = 22.

 

Demikianlah penjelasan mengenai Cara Menghitung Harga Keseimbangan beserta Tabel semoga dengan penjelasan diatas tadi dapat membantu anda. Terimakasih

 

Artikel Lainya :

  1. 10 Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Suatu Barang
  2. Pengertian Elastisitas Penawaran dan Pembelian beserta Contoh Perhitungan
  3. Pengertian, Perbedaan Biaya FOB Shipping Point dan Biaya FOB Destitation
  4. Cara Menghitung Break Even Point Beserta Rumusnya

Please rate this

Tinggalkan komentar