Cara Menghapus File Lainya di Xiaomi

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Saat ini banyak sekali masyarakat Indonesia yang memiliki Merek Xiaomi, selain harganya yang masih terjangkau namun spesifikasinya tidak kalah dengan Merek ternama lainya.

Kita sebagai pengguna harus bisa melihat kelebihan dan kekurangan dari smarphone yang kita miliki. Jadi jangan hanya bisa menggunakannya saja tanpa mengetahui apa yang terjadi pada hp anda.

Salah satu permasalahan yang sering sekali muncul dan muncul secara terus menerus adalah hp terasa lelet dan cepat panas. Ini disebabkan dari file lainnya yang menumpuk dan belum anda bersihkan.

Pada artikel ini saya ingin memberikan beberapa cara menghapus file lainya di penyimpanan xiaomi milik anda. Ikuti terus penjelasanya sampai anda paham.

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi

Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi

Anda perlu tahu bahwa apa saja yang masuk kedalam file lainnya. Disini yang termasuk ke dalam jenis file lainya seperti berkas hasil download, foto dari whatsapp, data OBB permainan dan lain sebagainya.

Nah cara yang saya berikan pada kesempatan kali ini, bisa dikatakan tidak terlalu rumit hanya saja mungkin ada beberapa cara yang belum anda praktekkan selama ini.

Oke, langsung aja kita coba dengan cara yang pertama:

1. Menghapus berkas dengan fitur bawaan

Apabila berkas yang tidak terpakai ini menumpuk dan tidak ada bersihkan, kemungkinan bisa membuat ruang penyimpanan anda menjadi penuh. Jadi sebaiknya anda rajin untuk menghapusnya.

1. Pertama anda bisa masuk ke aplikasi pembersih bawaan xiaomi anda dengan icon sapu.

2. Anda bisa melihat berapa banyak ukuran sampah saat ini. Disini yang terlihat ukuran sampahnya sebesar 540 MB. Dimana berkas ini paling banyak berasal dari berkas cache, berkas dan berguna dan memori. Sekarang anda tinggal tekan bersihkan.

Bersihkan Filennya

3. Jika sudah selesai maka anda muncul notfikasi bahwa perbersihan terlah berhasil.

Permbersihan Selesai

Setelah cara pertama ini anda rasa kurang cukup bersih, silahkan ikuti cara yang selanjutnya.

2. Uninstall Aplikasi yang tidak terpakai

Terkadang tanpa sadar kita tidak mengetahui bahwa aplikasi membuat smartphone kita menjadi lemot. Sebaiknya anda uninstall aplikais yang anda rasa tidak telalu penting dan hapus filenya secara keseluruhan.

Hal ini anda lakukan khusus bila anda tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup banyak.

3. Menggunakan All-In-One-Toolbox

Cara menghapus file lainya di xiaomi berikutnya menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama All-In-One-Toolbox. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di Google PlayStore.

Aplikasi ini mampu menghentikan proses yang sedang berjalan di latar belakang. Anda bisa mengeceknya pada penyimpnan anda lalu bandingan sebelum dan sesudah dilakukan pembersihan dengan aplikasi ini. Untuk langkah-langkahnya seperti berikut ini.

  1. Download lalu buka aplikasi All-In-One-Toolbox di smartphone anda.
  2. Sekarang anda pilih icon roket.
  3. Ceklis file yang ingin anda matikan, jika tidak anda hilangkan ceklisnya.
  4. Terakhir anda klik “Matikan yang dipilih”.

Sampai disini semua file yang terceklis tadi sudah dimatikan. Untuk memastikan cara ini berhasil atau tidak anda matikan ulang smartphone xiaomi milik anda. Lalu masuk kembali ke ruang penyimpanan.

Nah, baru anda bandingkan apakah terjadi penambahan ruang penyimpanan setelah dilakukan proses penghentian terhadap file-file yang anda ceklis tadi.

Bagaimana bila ternyata data di file lainya masih saja belum kosong, anda bisa mengatasi cara membersihkan file lainya di hp xiaomi dengan memakai TWRP. Memang cara ini sedikit lebih ribet dari beberapa cara sebelumnya.

4. Menghapus File Lainnya dengan TWRP

Cara yang kedua ini khusus untuk anda yang sudah memasang TWRP. Baiklah langsung saja anda ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Pertama anda perlu melihat ruang penyimpanan yang tersedia saat ini untuk anda bandingkan.

2. Sekarang anda masuk ke System Rocovery TWRP, caranya tekan Tombol Power + Volume Atas lalu tekan secara bersamaan sampai muncul logo MI baru lepaskan.

3. Kemudian anda buka menu Mount > Ceklis Cache dan USB OTG > Klik Select Stroage.

Menghapus File Lainnya dengan TWRP

3. Jika sudah berhasil, buka menu Wipe > Advance Wipe > Ceklis partisi Delvik ART Cache dan Cache.

4. Terakhir untuk mulai proses penghapusan anda pilih Swipe Slider kekanan lalu Reboot System.

Sekarang anda hanya perlu meunggu sampai proses bootingnya selesai. Pada proses ini cukup memakan waktu jadi anda perlu bersabar.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara menghapus file lainnya di xiaomi, semoga informasi diatas bisa dipahami dan anda praktekkan secepatnya.

Leave a Comment