17 Cabang Ilmu Geografi (Fisik dan Manusia) Serta Kedudukanya

Didalam materi pembelajaran, bidang ilmu yang mengkaji mengenai, alam, daratan, lautan, udara, ekosistem, lingkungan dan interaksi terhadap manusia ialah Geografi.

Arti dari geografi secara harfiah adalah “Tulisan tentang bumi”. Dengan kata lain geografi menjelaskan kenampakan fisik mengenai bumi. Menurut Eratoshenes pengertian geografi merupakan pengambaran atau penulisan terhadap bentuk bumi.

Tidak hanya kenampakan fisik, namun juga lingkungan bumi dan aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh manusia terhadap lingkungan dan lainya.

Dipembahasan kali ini akan dijelaskan terkait cabang-cabang ilmu geografi fisik dan kedudukanya. Berdasarkan kajianya cabang ilmu geografi ada tujuh belas. Apa saja itu ? simak penjelasanya berikut ini.

Cabang-Cabang Ilmu Geografi

Geografi adalah cabang ilmu yang membahas tentang bumi secara luas. Selain itu geografi dinyatakan ilmu yang interdisipliner. Artinya memungkinkan untuk di amati atau dianalisis semua yang ada di bumi, terhadap masalah yang terjadi.

Ruang lingkup cabang ilmu geografi ini terbagi dua yakni geografi fisik dan geografi manusia . Berikut ini penjelasan lengkapnya

A. Geografi Fisik

Geografi fisik ialah ilmu yang mempelajari gejala fisik, fenomena alam yang terjadi di bumi. Misalnya saja seperti tanah, air dan juga udara. Cabang geografi fisik juga terbagi menjadi beberapa cabang seperti berikut ini:

Biogeografi

Pengertian biogeografi adalah studi yang membahas mengenai kehidupan segala spesies yang ada di bumi ini. Dimana setiap waktunya terjadi perubahan spesies dan ekosistem pada setiap wilayah geografi.

Segala sesuatu yang berkaitan langsung dengan geografi tanaman, geografi hewan, faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem dan lainya masuk kedalam cabang ilmu Biogeografi.

Berikut ini penampakan dari biogeografi :

cabang ilmu Biogeografi
Biogeografi Pulau Indonesia

Geomorfologi

Cabang geografi yang selanjutnya ialah Geomorfologi. Segala sesuatu yang yang behubungan dengan bentang alam dan dinamika kehidupan ada dalam cabang geomorfologi.

Geomorfologi membantu menjelaskan seluruh aspek tadi, termasuk dalam memprediksi perubahan zaman berdasarkan gejala fisik di bumi.

Hidrologi

Cabang ilmu hidrologi mencakup sifat-sifat sumber daya air dibumi, serta dinamika perubahan air yang berhubungan dengan tanah. Didalam geografi fisik Ilmu Hidrologi masuk kedalam aspek yang sangat penting sekali.

Kajian Hidrologi ini terndiri dari danau, sungai, gletser serta akuifer bawah tanah. Cabang ilmi Hidrologi mempelajari siklus air dengan melihat dari satu sumber ke sumber lainya diatas dan dibawah permukaan bumi.

Berikut ini contoh dari siklus hidrologi berserta komponen-komponenya :

Contoh dalam siklus Hidrologi
Siklus Hidrologi

Klimatologi

Cabang ilmu Klimatologi merupakan studi mengenai iklim yang terjadi di bumi. Cabang geografi fisik, sangatlah dibutuhkan oleh dunia saat ini. Klimatologi juga ilmu yang memperlajari semua aspek seperti siklus iklim di bumi.

Aspek yang terkandung didalam cabang Klimatologi antara lain iklim mikro atau lokal dan iklim makro atau iklim global. Namun juga manusia menjadi salah satu dampak terjadinya perubahan terhadap iklim disekitarnya.

Dibawah ini contoh siklus dari cabang ilmu Klimatologi :

Cabang ilmu Klimatologi
Interaksi Sistem Iklmin di Bumi

Meteorologi

Meteorologi ini merupakan ilmu yang mempelajari tentang atmosfer dan gejalan-gejalanya, yang berhubungan dengan seluruh komponen yang terdapat didalamnya.

Studi meteoroligi ini sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu, walaupun kemajuan teknologi tidak berkembang secara signifikan. Gejala-gejala yang terjadi seperti perubahan suhu, panas, tekanan udara, air dan lainya yang memiliki pengaruh terhadap bumi.

Oseanografi

Cabang ilmu yang khusus mengkaji tentang lautan di bumi adalah Oseanografi. Aspek-aspek yang dikaji antaralain mulai dari dasar laut, ekosistem laut, perairan laut, samudra hingga gunung-gunung (gunung berapi dan lainya).

Dikarenakan lautan menempati 96,5% dari seluruh perairan di bumi, maka Oseanografi ditetapkan sebagai bidang ilmu yang mempelajari tentang lautan, Mulau

Pedologi

Cabang ilmu geografi fisik yang selanjutn ialah pedologi yang mengkaji tentang tanah. Secara khusus juga pedologi sebagai bidang ilmu yang mempelajari lapisan tanah.

Tidak hanya lapisan dalamnya saja tapi seluruh jenis lapisan tanah yang ada di permukaan bumi. Aspek-aspek yang dikaji dalam bidang ilmu ini seperti proses pembentukan tanah, proses konstitusi tanah, tekstur tanah, klasifikasi tanah dan lainya.

Bidang ilmu ini memberikan informasi yang sangat luas sekali, untuk dipelajari bersama.

B. Geografi Manusia

Selain geografi fisik, ada juga cabang geografi manusia yang berhubungan langsung dengan masyarakat yang tinggal di permukaan bumi serta pengaruh terhadap lingkungan di sekitarnya.

Geografi manusia fokus kepada stugi makluk hidup yang bernyawa dan menempati bumi ini yaitu manusia dan lingkungan tempat tinggalnya. Cabang geografi manusia terbagi lagi menjadi beberapa bagian seperti dibawah ini.

Geografi Ekonomi

Geografi ekonomi melibatkan studi tentang pokok utama aktivitas ekonomi yang dilakukan manusia. Aspek-aspek yang masuk dalam kajian ekonomi di suatu wilayah yaitu pendistribusian baran, jasa dan komunikasi.

Sehingga dengan melihat kondisi geografis di suatu wilayah, bisa membantu menemukan dan meningkatkan perokonomian di wilayah tersebut secara merata.

Cabang ilmu Geografi Ekonomi
Geografi Ekonomi

Geografi Kependudukan

Geografi kependudukan memberikan penekanan sehingga terjadinya, migrasi, komposisi, distribusi dan persebaran pendusuk sesuai sifat alamiahnya.

Cabang ilmu ini memperlajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkunganya. Serta geoografi kependudukan ini mengkaji komponen anthroposfernya.

Geografi Politik

Geografi politik adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang batas-batas politik di semua negara, serta pembagian tanah dan juga sumber dayanya di negara tersebut. Negara lain tidak boleh mengambil sumber daya tersebut tanpa izin.

Geografi Pemukiman

Geografi pemukiman adalah cabang geografi manusia yang mencoba untuk mengekplorasi pemukiman manusia karena masuk kedalam bagian bumi. Contohnya saja saja seperti pemukiman di pedesaan dan perkotaan, infrastruktur, struktur ekonomi dan lain sebagainya.

Geografi Budaya

Geografi budaya ini memperlajari setiap norma dan budaya yang muncul dalam suatu tempat dengan variasi yang berbeda-beda. Yang dipelajari didalamnya diantaranya seperti agama, bahasa, pekerjaan dan lain-lain.

C. Geografi Pesisir

Cabang geografi fisik yang terakhir adalah geografi persisir. Geografi pesisir berhubungan langsung dengan dinamika pesisir dan laut, dengan melibatkan studi geografi manusia.

Bidang ilmu ini juga mempelajari terbentuknya laskap pantai, serta pengaruh laut terhadap bibir pantai. Studi ini juga melihat dari dari sudut pandang masyarakat yang di pesisir dalam mengelola ekosistem yang ada di lahan pantai.

D. Geografi Lingkungan

Geograi lingkungan adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari interaksi antara individu dengan kelompok, atau manusia dengan lingkungan.

Geografi lingkungan ini diperlakukan sebagai penggabungan antara bidang geografi manusia dan geografi fisik, serta menjadi cela penghubungan diantara keduanya.

Itulah tadi pembahasan mengenai cabang ilmu geografi fisik dan manusia, semoga penjelasan diatas bisa menjadi referensi belajar untuk teman-teman semua.

Please rate this

Leave a Comment