Bisnis Franchise Makanan Murah

Memiliki sebuah usaha ataupun bisnis sendiri adalah sesuatu yang sangat kita inginkan. Apalagi usaha yang kita jalani mampu mendatangkan profit yang tinggi. Namun untuk memulai sesuatu usaha memerlukan modal.

Modal yang kita keluarkan sesuai jenis usaha apa yang akan kita kerjakan. Salah satu usaha yang tidak mengeluarkan modal besar adalah bisnis makanan. Berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri. Untuk memulai bisnis kuliner tidaklah mudah seperti yang Anda bayangkan.

Misalnya saja mencari pelanggan, terkadang orang tidak ingin kembali membeli dagangan kita karena tidak ada sesuatu yang spesial dan terkesan biasa saja. Sekarang pernah kah Anda memikirkan untuk memiliki usaha kuliner tanpa memulainya dari awal.

Jika iya, Anda sangat tepat membaca artikel saya kali ini. Karena disini saya akan memberikan beberapa contoh usaha franchise makanan modal kecil tapi terbukti menguntungkan.

Memahami Bisnis Franchise Sebagai Pemula

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis franchise. Pada saat Anda sudah bergabung dengan model bisnis seperti ini, maka secara sah Anda akan menjadi pemilik franchise tersebut.

Itupun bila Anda sudah memenuhi persyaratan yang diberikan oleh pemilik franchise tersebut seperti membayar biaya dan royalti. Jika semua itu sudah Anda penuhi maka Anda memiliki hak memakai logo, hak menjual produk dan mendapatkan bantuan sepenuhnya dari pemilik franchise.

Sedikit motivasi dari saya berdasarkan pengalaman saat menjalankan usaha, dan kata-kata ini saya dapatkan pada saat masih berstatus Mahasiswa Jurusan Ekonomi dan Bisnis. Biasa saja tetapi bisa Anda pahami sendiri maksudnya.

“Jangan pernah takut rugi dan gagal pada saat memulai suatu usaha atau bisnis, jalani saja dahulu”.

Baiklah untuk Anda yang memang sudah yakin dan memiliki ketertarikan menjalankan bisnis waralaba kuliner. Dibawah ini terdapat contoh franchise makanan terlaris.

Contoh Franchise Makanan Terlaris

1. Franchise Martabak

Franchise Martabak Terlaris
Martabak

Makanan yang satu ini bukan lagi makanan yang terlihat biasa saja, melainkan sudah menjadi makanan perlu kita nikmati kelezatannya. Dengan varian rasa dan isi dari martabak menjadikan makanan ini laris dijual dimana-mana.

Beberapa tahun silam kita hanya bisa menikmati martabak dengan toping kacang, tapi sekarang kamu bisa menikmatinya dengan toping kesukaan Anda. Apakah franchise martabak sangat menjanjikan?

Jawabannya sangat menjanjikan. Contohnya saja Markobar dengan harga per loyang 40-100 ribu sesuai toping. Gibran yang merupakan putra Presiden Jokowi mampu memperoleh keuntungan Rp 5.000.000 per harinya.

Bila perharinya laku sampai 50 loyang, jika dikalikan selama 30 hari maka jumlahnya kurang lebih sebesar Rp 150.000.000. Tentu saja ini bisa menjadi pertimbangan jika Anda ingin memiliki usaha franchise martabak.

2. Franchise Ayam Geprek

Franchise Ayam Geprek
Ayam Geprek Bensu

Bisnis franchise yang satu ini sangat diminati banyak orang, selain nama pemilik dari usaha ini yang sudah terkenal, ayam geprek bensu ini memiliki harga yang relatif murah dengan tingkat kepedasan yang bermacam-macam.

Saya sendiri sudah pernah mencoba ayam geprek bensu, dan ternyata memang rasanya sangat enak cocok dengan lidah saya. Tertarik untuk bisnis franchise ayam geprek bensu?

Berikut ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan diawal seperti memikirkan perencanaan yang matang dan juga lokasi yang strategis. Kemudian untuk harga geprek bensu ini kisaran Rp 20.500.

Anggap saja sehari Anda mampu menjual sebanyak 30 porsi maka hasil penjualan Anda 1 hari sebanyak Rp 615.000 jika dikalikan 30 hari hasilnya Rp 18.450.000. Tetapi itu bukan keuntungan bersihnya.

Sebab akan di potong dengan biaya operasional seperti sewa ruko, membeli bahan-bahan dan biaya lainnya.

3. Franchise Sosis Bakar

Franchise Sosis Bakar
Sosis Bakar

Kelezatan sosis bakar yang bahan dasarnya terbuat dari daging sapi ataupun ayam, sangat cocok untuk menemani waktu santai kita saat sedang kumpul dengan teman kerja. Makanan yang satu ini banyak diminati oleh masyarakat karena rasanya yang enak.

Harga sosis bakar di jual dengan harga 5-10 ribu rupiah per tusuknya. Perlu Anda ketahui sosis bakar adalah salah satu bisnis waralaba yang menjanjikan. Apalagi usaha ini memerlukan modal kisaran Rp 3.000.000 sampai Rp 4.000.000 untuk membuat gerobak.

Tapi pintar-pintar Anda, bisa saja Anda mendapatkan gerobak dibawah harga Rp 3.000.000 asalkan masih layak dan bersih. Carilah tempat-tempat strategis seperti di area Kampus atau Sekolahan.

4. Franchise Takoyaki

Bisnis Franchise Takoyaki
Takoyaki

Makanan khas Jepang ini sangat pas di lidah anak-anak muda, selain rasanya yang enak harganya pun sangat bersahabat. Umumnya harga 1 porsi takoyaki kisaran Rp 10.000 – Rp 15.000.

Mereka biasanya berjualan di pinggir jalan dengan bermodal gerobak yang bisa di bawa kemana-mana. Isi dari takoyaki sendiri beraneka ragam mulai dari udang, cumi, gurita dan lainnya.

Sehari pedagang takoyaki mampu menjual lebih dari 30 porsi jika sedang ramai. Bila kita hitung Rp 10.000 dikalikan dengan 30 porsi maka keuntungan kotor sehari mereka yakni Rp 300.000. Apakah Anda mulai tertarik dengan bisnis yang satu ini?

5. Franchise Kebab

Bisnis Franchise Kebab
Kebab Turky

Dulu untuk bisa merasakan sensasi makanan khas turki kita harus pergi ke negara tersebut, tapi sekarang kebab sudah banyak di jual di Indonesia. Kebab juga salah satu usaha waralaba dengan modal kecil tetapi omsetnya menjanjikan.

Ada beberapa jenis kebab yang dijual di masyarakat seperti kebab Arab, kebab Kairo, kebab Turki dan masih banyak lainya. Dan salah satu kebab yang populer saat ini ialah Jazirah Kebab.

Disini tersedia 2 sistem Franchise:

  • Franchise (Dikelola sendiri)
  • Franchise Syar’iah (Dikelola pusat).

Ada beberapa keuntungan dari sistem franchise syar’iah, diantaranya yaitu:

  1. Pihak usat mengelola sepenuhnya.
  2. Pihak pusat yang mencarikan lokasi usaha.
  3. Pihak pusat yang menyediakan SDM nya.
  4. Sharing profit 50:50 dari nett profit.
  5. Laporan keuangan yang disajikan transparan.
  6. Kelangsungan usaha lebih terjamin.

6. Franchise Bakso

Siapa sih yang tidak mengenal makanan satu ini, dan saya yakin bakso termasuk salah satu jajanan favorite Anda. Banyak sekali aneka ragam jenis bakso yang di jual di masyarakat. Seperti bakso urat, bakso Sony, bakso agung, bakso rusuk jos dan masih banyak lagi.

Bakso adalah makanan yang sampai saat ini masih menjadi peluang bisnis dengan omset yang menjanjikan per bulannya. Saat ini Anda bisa memilih franchise bakso sesuai kemampuan Anda.

Mulai dari modal Rp 3.500.000, Modal Rp 10.000.000 sampai yang tertinggi kisaran Rp 150.000.000.

7. Franchise Burger

Bisnis Franchise Burger
Burger

Burger adalah makanan yang sudah dikenal sangat familiar oleh masyarakat indonesia. Rasanya yang enak dengan beberapa isi didalamnya seperti daging, timun dan sayur. Sangat cocok untuk mengurasi rasa lapar di perut.

Saat ini burger banyak di jumpai di pinggir-pinggir jalan, dengan bermodal gerobak. Tapi karena harganya yang bersahabat dan rasanya pun tidak jauh dengan burger yang dijual di McDonald’s. Burger lokal ini justru lebih banyak peminatnya.

Untuk memulai bisnis burger Anda hanya perlu mengeluarkan uang kisaran Rp 4.000.000 sampai 6.000.000.

8. Franchise Tahu Bulat

Sempat merasakan panasnya popularitas tahu bulat hingga saat ini. Tahu yang bentuk menjadi bulat lalu di goreng serta di taburi berbagai rasa, sangat cocok di lidah masyarakat indonesia.

Cara penjualannya yang terbilang unik, mengundang minat masyarakat untung mencicipinya. Awalnya usaha tahu bulan ini dijual keliling menggunakan mobil. Tapi sekarang Anda sudah bisa menjumpai orang berjualan tahu bulat pinggir jalan menjelang sore.

Uang yang perlu Anda keluarkan untuk usaha waralaba ini mulai dari Rp 3.000.000 – RP 4.500.000.

9. Franchise Siomay

Siomay adalah jajanan pasar ala masyarakat indonesia. Siomay yang dijual biasanya ada yang di goreng dan juga di rebus. Siomay yang dijual dengan tambahan tahu, pare, koll dan masih banyak lainnya.

Harga per porsinya yang terjangkau, usaha waralaba satu ini masih menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Jika Anda ingin memulai bisnis siomay Anda hanya perlu mengeluarkan modal Rp 1.000.000 tanpa gerobak.

10. Franchise Donat Bakar

Bisnis Dokar atau yang bisa dikenal dengan Dokar mulai berkembang di awal tahun 2008. Pemilik bisnis ini sendiri bernama Iwan Chrismanto, sampai saat ini cabangnya sudah tersebar di seluruh wilayah indonesia.

Donat bakar ini memiliki varias rasa yang beraneka ragam, sehingga tidak membuat kita merasa bosan untuk menikmati jajanan satu ini. Apabila Anda ingin memiliki usaha franschise dokar modal yang perlu Anda keluarkan sebesar Rp 7.000.000 – Rp 9.000.000.

11. Franchise Jamur Crispy

Bisnis Franchise Jamur Crispy
Jamur Crispy

Di negara tropis seperti Indonesia sangat mendukung pertumbuhan jamur. Baik jamur yang tumbuh secara alami maupun jamur yang di budidayakan. Ada beberapa jenis jamur yang di budidayakan seperti jamur merang, jamur kancing, jamur tiram dan lain-lain.

Tapi tahukah Anda jamur bisa di olah menjadi jamur crispy, dan ini menciptakan peluang bisnis baru di Indonesia. Dengan bahan dasar jamur dan tepung makanan ini menjadi makanan yang banyak diminati saat ini.

Untuk harga per bungkusnya jamur crispy di jual kisaran Rp 5.000. Jika Anda ingin mencoba usaha waralaba satu ini maka Anda perlu mengeluarkan biaya Rp 2.500.000. Dengan taksiran keuntungan per bulannya bisa mencapai Rp 1.300.000.

12. Franchise Jasuke

Pernahkah Anda mencicipi jajanan satu ini? Jasuke atau yang lebih dikenal dengan jagung susu keju banyak sekali di jual di pinggir-pinggir jalan. Mungkin diantara teman-teman sudah pernah mencoba kelezatan jajanan satu ini.

Jasuke dijual kisaran harga Rp 3.500 – Rp 5.000, tapi harga ini tidak selalu sama dengan daerah lain. Bisa saja justru lebih mahal dari harga normalnya saat ini. Dengan ukurannya yang sedang per bungkusnya maka makanan ini cocok menjadi jajanan anak-anak.

Biasanya jasuke dijual di areal sekolah maupun kampus, dan tidak sedikit dari mahasiswa yang berjualan Jasuke. Bisnis ini sampai saat ini masih berpeluang besar mendatangkan keuntungan bagi Anda.

Modal yang perlu Anda keluarkan kisaran Rp 2.000.000 – Rp 2.500.000 jika ingin mencoba berjualan jasuke. Pihak perusahaan juga akan memberikan Anda fasilitas berupa booth.

Demikianlah tadi beberapa daftar usaha franchise modal kecil terbukti menguntungkan. Semoga beberapa daftar kuliner makanan yang kami sebutkan diatas, bisa menjadi inspirasi untuk teman-teman semua.

Farkhan Ramadhan, S.E.

Seorang Blogger, Lulusan IIB Darmajaya Lampung Fakultas Ekonomi dan Bisnis asli tinggal di Lampung, dan ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi pengalaman lewat tulisan. Keja sama bisnis Farkhanramadhan8@gmail.com

Tinggalkan komentar