Pengertian, Contoh Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja dan BOP

Khanfarkhan.com – Suatu perusahaan yang bergerak dibidang Industri Manufaktur tentunya akan mengeluarkan biaya-biaya yang memang harus dikeluarkan. demi kelancaran perusahaanya.

Setiap biaya yang dikeluarkan tentunya berdasarkan kebutuhan yang diperlukan saat itu juga. Biaya yang dikeluarkanpun harus dikelola secara baik agar tidak ada pembengkakan biaya.

Di dalam kajian ekonomi biaya ini terbagi menjadi tiga macam yaitu biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead.

Ketiga biaya tersebut akan muncul sebagai dasar pembiayaan didalam industri manufaktur. Selain itu pemahaman mengenai biaya-biaya juga sangat diperlukan oleh perusahaan. Biaya-biaya yang dikeluarkan selama satu bulan biasanya akan diakumulasikan untuk dihitung bersamaan dengan pemasukan.

Hasil akhir penghitungan berupa nominal laba rugi yang diperoleh perusahaan. Dalam menghitung biaya dan pemasukan, perusahaan harus cermat dan teliti agar hasil perhitungannya akurat.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya kamu bisa membaca pengertian dan contoh biaya bahan baku, biaya tenaga kerja serta biaya overhead dibawah ini.

Baca juga 4 metode pecatatan persediaan.

1. Pengertian Biaya-Biaya

Pengertian Serta Contoh Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja dan BOP
Biaya Produksi

Pengertian Biaya Bahan Baku : Biaya bahan baku adalah biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh bahan baku hingga siap digunakan, termasuk biaya-biaya angkut hingga operasional.

Pengertian Biaya Tenaga Kerja : Biaya tenaga kerja yaitu biaya yang dikeluarkan untuk membayar setiap orang yang mengolah bahan baku.

Biaya overhead pabrik adalah biaya-biaya tidak terduga yang bisa terjadi pada sebuah perusahaan. Biaya tersebut digunakan untuk operasional pabrik.

Biaya overhead pabrik tidak termasuk ke dalam biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung. Overhead cost biasanya dianggarkan secara khusus ke dalam anggaran bulanan.

2. Contoh Biaya Bahan Baku

Contoh biaya yang pertama yaitu biaya bahan baku yaitu biaya angkut tembakau untuk diolah di pabrik. Termasuk ke dalam biaya bahan baku meliputi nominal untuk membeli tembakau, biaya muat barang, hingga biaya bongkar barang di tempat tujuan.

Pengertian Serta Contoh Biaya Bahan Baku, Biaya Tenaga Kerja dan BOP

Pemberitahuan: “Perkiraan persediaan bahan baku hanyalah untuk menampung ayat jurnal penyesuaian di akhir periode. Dan umumnya Jurnal Penyesuaian disusun untuk nilai persediaan yang terdapat di awal dan juga di akhir periode.

Kemudian disisi lain, jurnal penyesuaian untuk persediaan (awal dan juga akhir) kemudian dilakukan terhadap rekening Ikhtisar Beban Pokok Produksi

Pada tahun 2018, PT. Samsu Matahari membeli bahan baku seharga Rp 1.440.000,00 dengan kredit. Ayat Jurnalnya ialah sebagai berikut:

TangaalNo BuktiKeteranganRefDebetKredit
Agust 2018Pembelian bhn bku5001.440.000 
        Hutang Dagng211 1.440.000

Simak juga apa yang penjelasan mengenai contoh siklus hidup produk dan tahapanya yang perlu Anda pahami juga.

3. Contoh Biaya Tenaga Kerja

Dalam akuntansi, biaya tenaga kerja dibagi menjadi dua yaitu biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung. Biaya tenaga kerja langsung secara garis besar dikategorikan sebagai orang yang langsung mengolah bahan baku atau langsung terlibat dalam proses produksi.

Contohnya seperti penjahit di pabrik garment, pelinting rokok di pabrik rokok, dan sebagainya.

Sedangkan biaya tenaga kerja tidak langsung yaitu  biaya yang dikeluarkan untuk membayar setiap orang yang bekerja, namun tidak terlibat langsung dengan proses produksi. Dalam sebuah perusahaan tidak semua orang terlibat dalam proses produksi.

Ada staf-staf lain yang membantu jalannya perusahaan. Contohnya yaitu pembayaran untuk staf keamanan, staf administrasi, dan staf-staf lain yang tidak terlibat dalam kegiatan produksi.

TangaalNo BuktiKeteranganRefDebetKredit
Agus 2018Biaya tng krja langsg500173.000.000 
       Bank111 150.000.000
        Hutang Dagang213 23.000.000

4. Biaya Overhead Pabrik

Biaya overhead adalah biaya tak terduga yang tidak termasuk dalam biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja. Contoh biaya overhead pabrik yaitu biaya pemeliharaan meisn-mesin ketika rusak, biaya penyusutan mesin, dan biaya-biaya peralatan kerja.

Overhead pabrik biasanya akan dianggarkan oleh perusahaan diluar biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja.

Pada Tahun 208, Biaya Overhead pabrik PT.Samsu Matahari yang dibebankan dalam produksi sebesar Rp 450.000 ayat jurnal yang harus dibuat ialah seperti dibawah ini.

TangaalNo BuktiKeteranganRefDebetKredit
Agust 2018Biaya bhn pembntu502150.000 
  Biaya tng kerja tdk lgsung503140.000 
  Biaya gaji pabrik50440.000 
  Biy. listrik, air & telp. Pabrik50537.000 
  Biaya perlengkapan pabrik50615.000 
  Biaya pemeliharaan dan perbaikan pabrik50750.000 
  Biaya asuransi pabrik58813.000 
  Biy. overhead pbrk lain-lain5995.000 
            Hutang dagang211 450.000

Pemberitahuan: “Untuk jumlah yang telah termasuk ayat jurnal penyesuaian. pembayaran hutang dicatat dalam buku pengeluaran kas. Sedangkan untuk biaya penyusutan, ayat jurnal penyesuaian ialah seperti dibawah ini:

TangaalNo BuktiKeteranganRefDebetKredit
(A)
Agust 2018Biaya penyusutan pabrik50975.000 
          Akum. penystn mesin134 75.000
  (B)   
  Biaya penyusutan pabrik5099.500 
  Biy. penystn. penjualan6129.500 
  Biy. Pnystn adm&umum6259.500 
         Akum. Penystn. kend.135 16.000
         Akum. Penystn. perltn.138 5.000

Biasanya pada neraca lajur perusahaan manufaktur ada rekening yang sebelumnya belum dibahas yakni aktiva tak berwujud. Aktiva tak berwujud sendiri merupakan aktiva tetap yang tidak mempunyai bentuk fisik. Contohnya hak paten serta Googwil.

Aktiva tetap merupakan nama lain dari Aktiva tak berwujud, dan sama-sama harus disusutkan. Penyusutan aktiva tetap bernama Amostisasi. Dan amortisasi aktiva tak berwujud ini dimasukkan kedalam biaya pabrik (manufacturing cost), biaya penjualan serta biaya adm dan umum.

Ayat jurnalnya ialah seperti dibawah ini.

TanggalNo BuktiKeteranganRefDebetKredit
Agust 2018Biaya amortisasi pabrik51012.500 
  Biaya amortisasi bag. penjualan6166.250 
  Biy. Amorts. bag. adm. & umum6266.250 
       Aktiva tak berwujud140 25.000

Biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik yang diajarkan di sekolah atau perguruan tinggi dibahas lebih rinci dan mendalam. Pengertian serta contoh diatas hanya penjelasan secara garis besar mengenai biaya-biaya yang dikenal dalam ilmu akuntansi dan ekonomi.

Farkhan Ramadhan, S.E.

Seorang Blogger, Lulusan IIB Darmajaya Lampung Fakultas Ekonomi dan Bisnis asli tinggal di Lampung, dan ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi pengalaman lewat tulisan. Keja sama bisnis Farkhanramadhan8@gmail.com

Tinggalkan komentar