Bentuk Perubahan Sosial dan Contohnya

Dengan terus berkembangya teknologi dan zaman maka manusia akan mengalami perubahan. Perubahan bisa terjadi secara benar atau justru perubahan yang salah.

Didalam kehidupan bermasyarakatpun perubahan sosial ini akan selalu hadir, dan perubahan sosial ini sendiri memiliki bentuknya sendiri. Dari mana munculnya perubahan sosial, tentu ada beberapa faktor penyebab terjadinya perubahan sosial.

Berikut ini anda bisa memahami bentuk-bentuk dari perubahan sosial berserta dengan contohnya.

[toc]

Bentuk Perubahan Sosial dan Contohnya

Pengertian bentuk perubahan sosial sendiri yakni wujud nyata dari pergerakan manusia yang terus berkembang secara dinamis dengan mengikuti perkembangan zaman.

Tentunya ada dampak positif dan negatif akibat perubahan sosial. Selain itu bentuk perubahan sosial sendiri terbagi menjadi beberapa macam seperti penjelasan berikut ini:

Bentuk Perubahan Sosial Menurut Pandangan Masyarakat

Bentuk perubahan sosial menurut pandangan masyarakat ini terbagi lalgi menjadi dua diantaranya sebagai berikut :

1. Perubahan yang diinginkan

Perubahan yang di inginkan adalah suatu perubahan yang sudah direncakanakan sejak awal dan direncanakan secara baik dari seseorang yang menginginkan perubahan tersebut.

Ketika akan melakukan perubahan, masyarakat akan cenderung membuat sebuah perencanaan agar perubahan tersebut sesuai dengan apa yang di harapkan. Ini yang disebut sebagai perubahan yang diinginkan

Contoh Perubahan Sosial yang diinginkan :

Contoh Perubahan Sosial yang diinginkan
Contoh Perubahan Sosial yang dialami Pertani

Pada gambar diatas bisa anda lihat dimana seorang petani yang sedang membajak sawah. Inilah yang dinamankan perubahan sosial, dimana saat itu petani masih memakai kerbau untuk membajak sawah.

Tapi karena pemikiran manusia terus berkembang, sehingga petani sudah mulai beralih menggunakan traktor karena lebih mudah dan cepat. Baca juga, tipe tindakan sosial menurut Max Weber.

2. Perubahan yang tidak diinginkan

Perubahan yang tidak diinginkan kan ini bisa saja muncul karena faktor alam atau dari. Tentu bukan perubahan yang sudah direncakan sejak awal melainkan datang secara tiba-tiba dan memiliki dampak di dalam masyarakat.

Contoh Perubahan yang tidak diinginkan :

Contoh Perubahan yang tidak diinginkan
Meluapnya Lumpur Lapindo

Bila dilihat pada digambar diatas yakni meluapnya lumpur lapindo di sejumlah daerah yang menenggelamkan ratusan rumah. Akibat permasalahan ini masyarakat harus di pindahkan ke tempat laen.

Karena tempat tersebut sudah tertimbun oleh lumpur dan tidak bisa ditinggali lagi. Inilah bentuk perubahan yang tidak diinginkan.

Bentuk Perubahan Sosial sesuai Arah Perkembangan

Adapun bentuk perubahan sosial sesuai arah perkembangan terbagi menjadi dua, seperti berikut ini.

1. Bentuk Perubahan Progress

Perubahan progres ialah bentuk perubahan yang memiliki dampak positif untuk kemajuan suatu masyarakat. Dengan perkembangan zaman maka masyarakat bisa menjadi lebih maju dan berkembang lebih baik.

Contoh Perubahan Progress :

Contoh Perubahan Progres
Pembangunan Jebatan sebagai akses penyebrangan

Membuat program pembangunan jembatan di desa-desa terpencil, agar masyarakat bisa memiliki akses menuju perkotaan dengan aman dan mudah.

Karena saat ini banyak sekali desa-desa yang sulit diakses karena jalan bahkan tidak ada tempat penyebrangan yang layak.

2. Bentuk Perubahan Regress

Bentuk perubahaan regress ialah sebuah perubahan yang justru bisa merugikan masyarakat banyak, dimana perubahan ini menuju ke arah kemunduran.

Ada banyak sekali permasalahan yang akan merugikan kehidupan masyarakat akibat perubahan regsess ini.

Contoh Perubahan Regress :

Contoh Perubahan Regess
Demo Mahasiswa di Kantor DPRD

Salah satu ialah demo yang diiringi dengan bentrokan antara masa dan aparat. Dari demo tersebut banyak korban yang terluka-luka bahkan ada yang sampai meninggal dunia.

Bahkan setiap tahunya ada korban yang berjatuhan akibat aksi demo beserta kekerasan tersebut. Namun yang disayangkan korban meninggal karena ulah aparat yang seharunya menjaga justru bertindak lebih. Termasuk demo yang terjadi di tahun 2019 ini.

Untuk info selengkapnya, cek dampak negatif perubahan sosial dan contoh kasusnya.

Bentuk Perubahan Sosial Berdasarkan Waktu

Adapaun bentuk perubahan berdasarkan waktu seperti dibawah ini.

1. Perubahan Sosial secara Lambat

Perubahan sosial lambat atau disebut sebagai evolusi harus melalui beberapa fase kehidupan. Evolusi sendiri adalah sbeuah perubahan namun jangka waktunya lama.

Contoh Perubahan Sosial Lambat :

Contoh Perubahan Sosial Lambat
Penyebaran Islam di Indonesia

Dahulu masyarakat indonesia masih menganut kepecayaan dari nenek moyang tidak mengenal agama. Setelah pedagang arab datang ke indonesia sekitar abad ke-7 M masyarakat indonesia mulai mengenal islam.

Sehingga saat itu masyarakat sudah mulai meninggalkan kepercayaan terhadap nenek moyang, dan melaksanakan ajaran islam seperti sholat dan berpuasa.

2. Perubahan Sosial secara Cepat

Sedangkan perubahan sosial secara cepat atau revolusi adalah sebuah perubahan yang terjadi secara cepat, singkat serta mampu mengubah kebiasaan dasar dalam masyarakat.

Perubahan secara cepat ini bisa terjadi karena sudah adanya perencanaan diawal, sehingga tujuanya bisa tercapai dengan baik.

Contoh Perubahan Sosial Cepat :

Contoh Perubahan Sosial Cepat
Dampak Negatif Revolusi Industri di Inggris

Terjadinya Revolusi Industri yang pertama kalinya di Eropa, dimana saat ini pabrik yang masih menggunakan alat-alat tradisional untuk proses produksi diganti oleh mesin-mesing canggih.

Sehingga pekerjaan akan menjadi lebih efesien dan mampu menghasilakan barang produksi dengan baik.

Bentuk Perubahan Sosial Berdasarkan Akibatnya

Ada dua bentuk perubahan sosial berdasarkan akibatnya, diantaranya ialah:

1. Perubahan Sosial Besar

Terjadinya perubahan sosial yang besar mampu mempengaruhi setiap kegiatan yang ada di masyarakat. Selain itu juga perubahan besar ini membawa pengaruh kedalam struktur sosial di masyarakat.

Contoh Perubahan Besar :

Contoh Perubahan Besar

Adanya pergeseran yang besar dari masyarakat industri ke masyarakat informasi. Sebelum masuk ke era industri masyarakat lebih dulu menjadi memasuki era agrasis.

Karena adanya perubahan tersebut masyarakat saat ini memasuki era informasi.

2. Perubahan Sosial Kecil

Perubahan ini hanya mempengaruhi sebagai elemen masyarakat saja tidak sampai mengubah susunan yang ada sebelumnya. Dampak yang ditimbulkan dari perubahan ini sangat kecil terhadap kehidupan sosial.

Contoh Perubahan Sosial Kecil :

Contoh yang bisa kita dilihat disini adalah kendaraan setiap perusahaan selalu mengeluarkan jenis kendaraan dengan kelengkapan yang terbaik. Namun faktanya tidak semua masyarakat tertarik akan perubahan tersebut.

Bentuk Perubahan Sosial Berdasarkan Perubahanya

Apabila dilihat berdasarkan perubahanya, bentuk perubahan sosial terbagi atas perubahan strukturan dan perubahan proses.

1. Perubahan Sosial Struktural

Bentuk dari perubahan struktural ini agar menghasilkan suatu perubahan mendasar dan tidak mudah untuk diubah-ubah oleh siapapun.

Contoh Perubahan Struktural :

Contoh Perubahan Struktural
Pelantikan Anggota DPRD

Pergantian DPRD setiap 5 tahun sekali, agar DPRD yang baru bisa menciptakan program-program dalam mensejahterakan masyarakatnya dalam segi ekonomi.

2. Perubahan Proses

Ungkapan lain dari perubahan proses yaitu perubahan yang tidak mendasar. Perubahan mendasar ini sendiri adalah perubahan yang terjadi namun tidak mengubah sifat dasarnya.

Maksudnya disini adalah hanya memperjelas atas perubahan sebelumnya yang sudah ada lebih dahulu.

Contoh Perubahan Proses :

Contoh Perubahan Proses
Seleksi CPNS

Contoh yang bisa kita lihat pada sistem penerimaan PNS yang diubah terkait kekurangan yang ada pada sistem sebelumnya. Tujuanya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah tadi beberapa bentuk-bentuk perubahan sosial beserta dengan contohnya. Semoga pada pembahasan kali ini bisa menambah wawasan untuk kita semuanya.

Selamat Membaca !!!

Please rate this

Leave a Comment