Contoh Benda 2 dan 3 Dimensi

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Ketika bepergian ketempat pameran seni rupa kita akan melihat berbagai macam bentuk lukisan, patung, gucci dan lain sebagainya. Selain indah benda-benda tersebut sangat cocok untuk menghiasi rumah anda.

Nah, tahukah anda dari benda-bendan tersebut mana saja yang termasuk contoh benda dua dimensi dan tiga dimensi. Untuk mengetahui lebih jelas apa saja yang termasuk benda 2 dan 3 dimensi.

Berikut penjelasan secara lengkap beserta contoh gambarnya.

Contoh Benda 2 Dimensi

“Benda dua dimensi adalah karya seni rupa yang hanya memiliki dua sisi saja yakni panjang dan lebar, serta tidak terdapat ruang karena tidak memiliki ketebalan”.

Setelah mengetahui pengertianya maka anda akan lebih mudah memahami benda dua dimensi seperti berikut ini.

Poster

Contoh Benda 2 Dimensi Poster

Kita sering menjumpai poster di tempat-tempat umum seperti Mall, Stasiun, Bandara dan bahkan ada di Media masa seperti koran. Jadi poster ini termasuk contoh benda dua dimensi.

Lukisan Dinding (Kaligrafi)

Contoh Benda 2 Dimensi Lukisan Kaligrafi

Umumnya seseorang lebih senang memajang lukisan-lukisan di dinding berbentuk kaligrafi karena rumah terasa lebih nyaman bila dibandingkan dengan memajang patung-patung hewan.

Gambar (di kertas dan kanvas)

Contoh Benda 2 Dimensi Bergambar

Kertas termasuk salah satu media untuk menggambar, selain di kertas juga bisa di kanvas. Gambaran di kertas dan kanvas termasuk kedalam dua dimensi karena tidak memiliki ruang.

Setelah mengetahui beberapa contoh benda 2 dimensi, dipenjelasan berikut ini kita juga akan menjelaskan contoh benda tiga dimensi yang ada di kehidupan sehari-hari.


Contoh Benda 3 Dimensi

“Benda tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki lebar, panjang, ruang dan juga volume”.

Monumen

Contoh Benda 3 Dimensi Monumen

Monumen adalah salah satu benda 3 dimensi yang diakui oleh semua kalangan untuk mengenang suatau peristiwa yang pernah terjadi di daerah tersebut. Salah satu monumen yang tekenal adalah Monas dan Monumen Jogja Kembali.

Patung

Contoh Benda 3 Dimensi Jogja

Patung adalah hasil buatan tangan manusia, patung juga ada yang terbuat dari batu dan kayu. Anda bisa menemui patung-patung di daerah Yokyakarta dan juga Bali.

Gucci

Contoh Benda 3 Dimensi Gucci

Gucci termasuk hasil karya seni rupa 3 dimensi yang terbuat dari tanah liat. Selain memiliki nilai ekonomis yang tinggi gucci juga menjadi salah satu barang antik yang bisa anda pajang di salah satu ruangan rumah anda.

Candi Borobudur

Contoh Benda 3 Dimensi Candi Borobdur

Didalam kehidupan sehari-hari tentu kita akan melihat berbagai bentuk bangunan dan salah satunya adalah candi. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali candi seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Mendut, Candi Sewu Dll.

Gantungan Kunci

Contoh Benda 3 Dimensi Gantungan Kunci

Gantuan kunci didalam kehidupan sehari-sehari biasanya terpasang di kunci motor, kunci mobil dan kunci kamar. Tujuanya tidak lain adalah agar lebih mudah dibawa dan mudah terlihat jika terjatuh.

Topeng

Contoh Benda 3 Dimensi Topeng

Topeng merupakan benda yang digunakan untuk menutupi wajah. Pemakaian topeng terkadang digunakan oleh pencuri agar wajahnya tidak mudah dikenali oleh seseorang.

Mebel (Kursi, Meja dan Lemari)

Contoh Benda 3 Dimensi Mebel

Karena pelengkapan rumah seperti Kursi, Meja da Lemari ini memiliki lebar, panjang dan ketebalan. Maka ini termasuk benda 3 dimensi yang akan selalu anda lihat setiap harinya.

Tempat Tidur (Bantal, Guling dan Kasur)

Contoh Benda 3 Dimensi Tempat Tidur

Bantal, guling dan kasur adalah perlengkapan tidur dan hampir semua orang di dunia ini memilikinya. Tujuanya yakni agar tidur lebih nyenyak dan nyaman.

Jadi dari beberapa contoh benda 2 dimensi dan 3 dimensi diatas, bisa anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan secara tidak sadar benda tersebut yang sering anda gunakan setiap harinya.

Demikianlah tadi 10 contoh benda 2 dan 3 dimensi diatas membantu anda untuk memahaminya.

Leave a Comment