8 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran dan Permintaan Barang Atau Jasa

 

Faktor yang Mempengaruhi Penawaran serta Permintaan – Apabila kita sebagai seorang konsumen, pada saat membeli barang dan jasa tentunya kita mengharapkan barang dan jasa tersebut bermutu dengan harga yang murah.

Akan tetapi justru hal tersebut akan berbeda dengan keinginan produsen, alasanya karena produsen pasti berusaha untuk menjual barang  dengan harga yang tinggi dan juga menerima keuntungan yang sesuai.

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Permintaan atau Demand merupakan jumlah jasa atau barang yang diharapkan konsumen dalam bermacam harga dan juga faktor lainya diasumsikan tetap (cateris paribus).

Selain dari itu terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi tingkat permintaan masyarakat mengenai jasa dan barang. Faktor lainya yakni selera, ekspestasi, pendapatan konsumen, harga barang lain dan ukuran pasar.

1. Tingkat Penpadatan Konsumen

tingkat pendapatan konsumen ini adalah faktor yang diperkirakan menjadi  penentu permintaan konsumen atas jasa dan barang yang akan dibelinya.

Maka, seorang konsumen dengan pendapatan yang meningkat akan cenderung membeli barang lebih  banyak, berbeda dengan konsumen yang pendapatanya menurun yang akan mengurangi jasa dan barang yang diminta.

 

Tahukah Kamu ?

Pada saat terjadi perubahan pendapatan konsumen terdapat permintaan barang khusus yang tidak berlaku. Yang saya  maksud  yakni apabila pendaptan naik, konsumen tetap mengurangi permintaan terhadap barang tersebut. Barang itu ialah barang Inferior

Contohnya seperti barang imitasi, konsumen akan mengurangi permintaan barang ini dengan alasan bisanya barang tersebut cepat rusak karena kualitas yang rendah

2. Harga Barang lain yang Berhubungan

Seiring meningkatnya harga barang substitusi menyebabkan permintaan barang tertentu menjadi meningkat. Dilain sisi bila harga barang substitusi ini menurun makan permintaanya juga ikut menurun. (Baca Juga Barang substitusi dan Komplementer)

Contohnya ialah kursi dengan tikar, jika harga kursi naik maka permintaan tikar ikut meningkat juga karena faktor harga yang lebih murah dibandingkan kursi.

Baca Juga :

  1. Pengertian Elastisitas Penawaran dan Permintaan beserta Contoh Perhitungan
  2. 10 Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Suatu Barang

3. Jumlah Penduduk

Tingkat permintaan jasa dann barang pada wilayah yang padat jumlah penduduknya akan lebih besar dibandingkan wilayah yang memiliki jumlah penduduk sedikit.

4. Selera Konsumen

Jika Konsumen lebih tertarik kepada jenis laptop dengan merek berkualitas maka permintaan laptop tersebut  akan meningkat dan lebih banyak jika diperbandingkan dengan merek lainya.

8 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran serta Permintaan Barang dan Jasa

Perbedaan kebutuhan dapat mempengaruhi permintaan, seperti permintaan laptop

 

5. Harapan atau Ekspestasi Masyarakat

Seperti, permintaan dalam hal ini meningkatkan harga BBM, masyarakat pada umumnya pasti akan menigkatkan permintaan BBM tersebut, hingga sampai ada yang menimbun dengan alasan ekspestasi kedepan bahwa ada kemungkinan harga BBM akan meningkat lagi.

 

Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Penawaran atau dikenal juga supply ialah sebagai jasa atau barang yang ditawarkan oleh pihak produsen di berbagai tingkat harga dan faktor lainya yang prediksikan tetap (ceteris paribus).

Selain barang itu sendiri faktor lain yang dapat mempengaruhi penawaran ialah harga output, ekspestasi produsen dan tehnologi

1. Biaya Produksi

Untuk menghasilkan barang lebih rendah dibandingkan harga pasar  perusahaan yang menggeluarkan biaya produksi akan menerima keuntungan melalui menawarkan jasa dan barang dengan jumlah yang lebih banyak.

Dalam hal lain apabila produksi relatif lebih tinggi dibandingkan harga pasar, tentu perusahaan akan memproduksi jumlah yang lebih rendah. Bila disimpulkan bahwasanya produksi menjadi kunci utama dalam mempengaruhi tingkat penawaran

2. Tehnologi

Hampir selalu bermakna bahwa jumlah input (faktor produksi) yang dibutuhkan lebih sedikit karena kemajuan tehnologi. Produsen dapat meningkatkan laba yang diterima karena rendahnya biaya input.

Bila disimpulkan ialah bahwa tehnologi bisa menekan biaya produksi sehingga akan mampu meningkatkan penawaran.

8 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran serta Permintaan Barang dan Jasa

Aktivitas pada perusahaan yang memakai mesin otomatis bisa meningkatkan produksi.

 

3. Ekspestasi/Harapan Produsen

Seperti seorang nelayan yang akan memperkirakan harga ikan akan turun pada akhir tahun, sehingga nelayan akan mengurangi mencari ikan maka akan mengurangi penawaran.

Penawaran tersebut terhadap faktor yang akan menentukan penawaran akan mempengaruhi kurva permintaan.

 

Demikianlah penjelasan mengenai 8 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran serta Permintaan Barang dan Jasa semoga dengan penjelasan saya di atas akan membantu anda. 🙂 Jangan lupa like anda share ya

Artikel Lainya :

  1. 4 Trik Cepat Menentukan Targer Pasar Potensial Suatu Bisnis
  2. 8 Cara Membuat Merek terbaik Sepanjang Masa
  3. Hubungan Pemasaran dengan Pasar dalam Suatu Perusahaan
  4. Pengertian Barang Bebas, Ekonomi dan Illith Beserta Contoh [Lengkap]

Please rate this

Tinggalkan komentar