Jenis-Jenis Anggaran dan Tujuanya Menurut Para Ahli

Artikel ini Telah Ditinjau Oleh: Farkhan Ramadhan, S.E.

Anggaran – Dalam sebuah perusahaan dalam melakukan kegiatan pasti membutuhkan sebuah anggaran, dimana anggaran tersebut harus di susun secara benar dan jelas agar tidak terjadi kesalahan dalam menyusun anggaran.

Pada dasarnya terdapat 14 jenis anggaran dalam sebuah perusahaan, dimana disetiap jenis angggaran tersebut memiliki tujuanya masing-masing. Agar lebih jelas sebaiknya simak penjelasan berikut ini :

Pengertian Anggaran Menurut Para Ahli

Tahukah kamu ?

Anggaran ialah sebuah rencana disusun dengan sistematis, untuk setiap kegiatanya dinyatakan dalam unit satuan moneter dan berlaku untuk jangka waktu periode tertentu, sedangkan perusahaan yang dinyatakan dalam unit kesatuan moneter berlaku untuk jangka periode tertentu yang akan datang.

Jenis-Jenis Anggaran

Berikut saya akan menjelaskan jenis-jenis angaran beserta penjelasanya dengan singkat sebagai berikut:

  • Anggaran Penjualan

√ Jenis-Jenis Anggaran dan Tujuanya Menurut Para Ahli
Anggaran Penjualan

Anggaran penjualan memuat suatu rencana penjualan selama periode/waktu anggaran, yang dinyatakan dalam satuan uang dan juga kualitas penjualan. Anggaran ini disusun berdasarkan proyeksi penjualan yang dibuat oleh perusahaan.

Anggaran ini sebagai kunci dalam proses penyusunan anggaran, karena anggaran tersebut merupakan dasar dari penyususnan jenis anggaran lain, yaitu : anggaran kas, anggaran Biaya Nonproduksi, serta anggaran rugi-laba. Pahami juga kegunaan dalam penyusunan anggaran kas.

  • Anggaran Produksi

Anggaran berisi mengenai rencana-rencana unit produksi selama anggaran. Dari produksi ini ditentukan berdasarkan rencana penjualan maupun persediaan yang diharapkan.

Dasar dari anggaran produksi ini dari penyusunan anggaran biaya produksi, diantaranya yaitu anggaran : biaya overhead pabrik, biaya bahan baku dan juga biaya tenaga kerja langsung. Anggaran ini dipakai sebagai dasar penyusunan anggaran persediaan ataupun sebaliknya.

  • Anggaran biaya bahan baku

√ Jenis-Jenis Anggaran dan Tujuanya Menurut Para Ahli
Anggaran Biaya Bahan Baku

Anggaran ini menjelaskan taksiran bahan baku yang dibutuhkan dalam proses produksi, yang dinyatakan dalam satuan uang dan kuantitas bahan baku. Kemudian dari anggaran ini akan diketahui pembelian bahan baku yang dianggarkan, yang selanjutnya dipakai sebagai dasar anggaran kas- rugi-laba.

  • Anggaran biaya tenaga kerja langsung

Anggaran ini menjelaskan taksiran biaya tenaga kerja langsung selama waktu anggaran, yang lemudian digunakan sebagai dasae dalam penyusunan anggaran kas dan rugi-laba.

Biasanya untuk menyusun perhitungan biaya tenaga kerja langsung  ini dikenal dua macam dasar perhitungan, diantaranya upah per uit produk, serta upah per jam.

  • Anggaran Overhead Pabrik

Anggaran ini menjelaskan tentang biaya overhead pabrik selama periode anggaran yang dipakai dalam penyusunan angggaran kas dan rugi-laba.

  • Anggaran Persediaan

Anggaran ini menjelaskan persediaan perusahaan dalam satu periode tertentu. Anggaran persediaan merupakan anggaran yang merencanakan secara terperinci dan jelas berapa nilai persediaan ada periode yang akan datang.

Namun, pada perusahaan manufaktur persediaan yang terdiri dari tiga jenis yaitu persediaan material persediaan barang dagang setengan jadi, dan juga persediaan barang jadi.

  • Anggaran Biaya Produksi

Anggaran ini terdiri dari Anggaran biaya pemasaran dan juga anggaran biaya administrasi serta umum yang masing-masing memuat mengenai taksiran biaya pemasaran, biaya administrasi dan juga umum. Anggaran ini juga dipakai sebagai dasar penyusunan anggaran kas dan  rugi-laba.

  • Anggaran Program

Adalah anggaran operasi yang disusun berdasarkan berbagai program utama perusahaan yang berupa jenis ataupun keluarga produk (misalkan program penelitian dan juga pengembangan). Anggaran program ini pada umumnya dipakai untuk menganalisis keselarasan diantara berbagai program perusahaan.

  • Anggaran Pertanggung Jawaban

Adalah anggaran operasi yang disusun berdasarkan pusat pertanggung jawaban yang terdapat di dalam perusahaan. Program pertanggung jawaban ini digunakan sebagai alat pengendalian setiap manajer dan juga sebagai pusat pertanggung jawaban yang dipimpinnya.

  • Anggaran Pengeluaran Modal

Dalam anggaran pengeluaran modal berisi tentang rencana perubahan aktiva tetap perusahaan selama periode (waktu) anggaran. Berdasarkan dari proyeksi penjualan anggaran ini akan disusun, dan digunakan sebagai dasar dalam penyusunan anggaran: kas, biaya overhead pabrik, dan biaya nonproduksi.

  • Anggaran Kas

√ Jenis-Jenis Anggaran dan Tujuanya Menurut Para Ahli
Anngaran Kas

Anggaran kas berisikan taksiran sumber selain itu juga sebagai penggunaan kas selama periode (waktu) anggaran.

 

Anggaran ini disusun dari anggaran operasi dan pengeluaran modal, dan juga dipakai sebagai dasar penyusunan anggaran Neraca. Bagi sebuah perusahaan penyusunan anggaran kas sangatlah penting sekali, artinya bagi penjagaan likuiditas perusahaan itu. Baca juga Bentuk dan Faktor yang mempengaruhi Anggaran Kas

  • Anggaran Rugi-Laba

Anggaran ini berisi mengenai taksiran rugi maupun laba perusahaan selam periode (waktu) anggaran. Anggaran rugi-laba ini disusun dari anggaran operasi, danjuga dipakai sebagai dasar penyusunan anggaran neraca.

  • Anggaran Neraca

Anggaran ialah suatu anggaran yang didalamnya terdapat rencana posisi keuangan (aktiva, utang, dan modal) perusahaan pada awal dan akhir periode anggaran.

Disusunya anggaran neraca ini dari anggaran kas dan anggaran rugi-laba, dan anggaran ini digunakan untuk dasar penyusunan anggaran perubahan posisi keuangan.

  • Anggaran Perubahan Posisi Keuangan

Anggaran ini isinyat mengenai rencana perubahan utang, aktiva, modal perusahaan selama periode (waktu) anggaran. Anggaran ini disusun dari anggaran neraca.

Tujuan Anggaran

Ada salah satu alasan kenapa sebuah perusahaan baik itu milik pemerintah maupun non pemerintah membuat sebuah perencaraan anggran dan beberapa tujuanya sebagai berikut ini:

  • Menginformasikan sasaran, harapan dan juga target manajemen kepada para pihak yang terkait kepada perusahaan dan alasanya supaya anggaran lembih mudah dimengerti serta dilaksanakan.
  • Dengan adanya anggaran akan bisa menyampaikan harapan, sasaran dan target jangkan panjang secara jelas dan formal. Sehingga kemungkinan terjadinya kerugian bisa teratasi oleh pihak manajemen.
  • Setiap individu atau kelompok akan dikendalikan dengan anggaran serta di jadikan alat koreksi dalam pengambilan keputusan.
  • Agar sumber daya yang masih ada bisa dimaksimalkan yakni dengan cara mengkondisikan metode pelaksanaan secara benar.
  • Memberikan planing jangka panjang atau jangka pendek mengenai kegiatan perusahaan secara detail demi mengurangi ketidakpastian dan juga memberikan petunjuk yang tepat kepada semua pihak yang terkait dalam pencapaian tujuan perusahaan.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai Jenis dan Tujuan Anggaran semoga dengan penjelasan saya di atas dapat membantu anda dan terimakasih atas kunjunganya.

Leave a Comment