Unsur – Unsur dan Fungsi Pajak Menurut Para Ahli

 Unsur - Unsur dan Fungsi Pajak Menurut Para Ahli

Khanfarkhan.com – Dalam pelaksanaanya pajak memiliki fungsi dan juga menyertakan pembangunan nasional untuk kesejahteraan  seluruh masyarakat suatu negara.

Pajak dibayarkan oleh seseorang atau badan yang menjadi wajib pajak. Berdasarkan kebijakan terbaru pemerintah mengenai pajak yakni dengan berlakunya Tax Amnesty (pengampunan pajak). Pajak sediri terdapat beberapa jenis dan unsur-unsur nya berikut penjelasanya.

 

Pengertian Pajak Menurut Para Ahli

Pajak ialah sebuah sumber dana pemerintah untuk melakukan pembangunan, baik di dalam pemerintah pusat ataupun tingkat daerah yang sudah diatur undang-undang.

Pendapatan pajak dihasilkan dari pungutan wajib yang harus dibayarkan oleh rakyat untuk negara dengan tujuan supaya mengelola pemerintah dan masyarakat umum. Rakyat secara langsung sudah merasakan manfaat dari pajak, karena memang pajak dipergunakan demi kepentingan umum bukanya untuk kepentingan pribadi kecuali yang korupsi he..he.he

Pajak sendiri berasal dari bahasa  latin “rate” yakni iuran rakyat kepada negara yang sesuai dengan undang-undang, yang bisa dipaksakan dan rakyat tidak menerima balas jasa secara langsung.

Menurut Charles E. Mc lure pajak merupakan sebuah kewajiban retribusi dimana wajib pajak yang dibebankan (orang pribadi/badan) kepada negara untuk membiayai semua pengeluaran dalam pembangunan negara secara publik.

 

Fungsi Pajak

Salah satu bentuk manfaat dengan adanya pajak ialah sebagai sumber pendapatan negara dalam rangka membiayai semua pengeluaran proses pembangunan negara secara menyeluruh.

Pemerintah  melakukan pemungutan pajak kepada masyarakat secara umum memiliki 4 fungsi yakni fungsi mengatur (regulasi), fungsi anggaran (budgeter), fungsi pemerataan dan fungsi stabilitasi. Berikut penjelasanya terkait 4 fungsi tersebut :

A. Fungsi Mengatur (Fungsi Regulasi), salah satu fungsi pajak yakni sebagai pengatur kebijakan negara dalam bidang social ekonomi, berikut beberapa dari fungsi regulasi :

  1. Dengan adanya pajak dapat menghambat kenaikan inflasi
  2. Dengan adanya pajak akan mendorong kegiatan ekspor dan impor
  3. Dengan adanya pajak akan memberikan perlindungan terhadap barang retribusi dalam negri c]seperti pajak pertambahan nilai (PPn)
  4. Dengan adanya pajak akan mudah untuk mengatur dan menarik investasi yang bisa membantu perekonomian negara semakin produktif.
  5. Fungsi Anggaran (Fungsi Budgeter)

Bagi keuangan negara pajak menjadi salah satu sumber terbesarnya, disini pajak diperuntukan membbiayai pengeluaran dalam semua pembangunan baik ekonomi, kesehatan, pendidikan secara nasional.

 

B. Fungsi Stabilisasi

Fungsi pajak untuk menstabilkan keadaan atau kondisi semua perekonomian negara, seperti ketika mengatasi inflasi, bisa saja pemerintah menetapkan tarif pajak yang tinggi yang akhirnya berdampak terhadap menyusutnya peredaran uang.

Contoh : pada saat mengatasi deflasi yakni pemerintah bisa merendahkan tarif pajak sehingga peredaran uang akan bertambah.

 

C. Fungsi Pemerataan (Pajak Distribusi)

Fungsi lain dari pajak bisa menyesuaikan atau menyertakan pendapatan dan juga kesejahteraan setiap warga negara.

Di negara indonesia ada sebuah lebaga yang bernama Direktorat Jenderal Pajak, lembaga ini memiliki tugas untuk mengelola perpajakan negara dibawah Kementrian Republik Indonesia.

Direktorat Jenderal Pajak ini juag bertugas untuk memberikan pembinaan, penyuluhan dan pengawasan terhadap masyarakat dengan sebaik mungkin.

Indonesia menerapkan prinsip sistem perpajakan yakni self assessment yakni dengan kesadaran masyarakat sendiri demi memenuhi kewajiban tersebut dengan cara menghitung dan membayarkan sendiri  beban  pajak yang ditanggung.

 

Unsur – Unsur Pajak

Setelah tadi membaca penjelasan diatas bila dilihat dalam segi ekonomi pajak ialah suatu pengalihan dana dari sektir swasta ke sektor pemerintah atau  secara yuridis pajak ialah iuran yang sifatnya dipaksakan. Berikut unsur-unsur dari pajak diantaranya ialah :

  1. Subjek pajak merupakan badan atau orang yang diberikan beban pajak yang sudah diatur dalam undang-undang.
  2. Wajib Pajak, merupakan badan atau orang berdasarkan undang-undang mempunyai suatu kewajiban seperti mencari nomor pokok  wajib pajak  (NPWP) di  Direktorat Jenderal Pajak atau Dirjen Pajak untuk menghitung besarnya pajak dan menyetorkan sejumlah dana pajak ke kas
  3. Tarif pajak yakni pengenaan terhadap besarnya punguntan pajak yang wajib dibayarkan subjek pajak atas objek pajak yang menjadi tanggunganya. Pada umumnya untuk tarif pajak dinyatakan dengan persentase (%)

Demikianlah tadi penjelasan mengenai  Unsur Unsur dan Fungsi Pajak Menurut Para Ahli semoga dengan penjelasan diatas akan membantu anda dan bisa menambah wawasan anda. Terimakasih

 

Artikel Lainya :

  1. 3 Contoh Soal, Tarif dan Perhitungan PPh Pasal 23
  2. 7 Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Indonesia
  3. Syarat Wajib dan Tata Cara dalam Pemungutan Pajak
  4. Sistem Pemungutan Pajak di Indonesia [Lengkap]

Please rate this

Tinggalkan komentar