Pengertian, Fungsi, Contoh Soal dan Format Laporan Laba Rugi Perusahaan

3 min read

Pengertian, Fungsi, Contoh dan Format Laporan Laba Rugi – Definisi laporan laba rugi adalah laporan untuk mengukur keberhasilan operasional perusahaan dagang atau perusahaan jasa selama jangka waktu tertentu.

Umunya para pengusaha memakai laporan ini untuk menentukan profitabilitas dan nilai investasi. Laporan ini juga menyajikan informasi untuk membantu pengusaha untuk memprediksi jumlah arus kas di masa mendatang.

Patinya bagian akuntansi membuat laporan laba rugi  mempunyai tujuan yang pasti, sebab laporan ini akan diserahkan pada pihak terkait yang memerlukan laporan perusahan tersebut.

Berikut ini ialah beberapa tujuanya dibuatnya laporan laba rugi

  1. Menginformasikan jumlah dari perolehan laba atau rugi semua periode
  2. Memberika informasi dari perolehan laba atau rugi seluruh periode
  3. Menjadi referensi evaluasi bagi manajemen perusahaan demi menetapkan langkah-langkah apa saja yang seharusnya dipilih di periode selanjutnya.
  4. Menyediakan informasi apakah langkah yang dijalankan menjadi efesien atau tidak daari besaran beban atau biaya perusahaan.

 

Pengertian, Fungsi, Contoh dan Format Laporan Laba Rugi

[Terlengkap] Pengertian, Fungsi, Contoh dan Format Laporan Laba Rugi Perusahaan

Elemen – Elemen Dalam Laporan Laba Rugi

  1. Pendapatan (Renues), adalah arus kas masuk atau peningkatan aktiva lainya dari suatu perusahaan atau penyelesaian liabilitas selama periode tertentu, karena produksi atau pengiriman barang dan menyelesaikan barang.
  2. Beban (Expenses), adalah sebuah arus keluar atau penggunaan aktiva atau juga timbulnya liabilitas selama periode tertentu karena pengriman atau produksi barang dan menyelesaikan jasa.
  3. Keuntungan (profit), adalah peningkatan dari ekuitas sebab timbulnya transaksi investasi dari pemilik perusahan.
  4. Kerugian (Loss), adalah penurunan ekuitas karena terdapat transaksi perusahaan yang periferal atau secara tidak sengaja diperoleh dari beban atau pendistribusian ke pemilik perusahaan.

 

Baca Juga : Pengertian Laporan Arus Kas Metode Langsung dan Tidak Langsung

 

Pembagian Laba Pada Laporan Laba Rugi

Laba Kotor

Yakni sebuah pengukuran pendapatan langsung perusahaan atas penjualan produknya pada satu periode akuntansi.

Laba kotor sama halnya dengan pendapatan dari penjualan bersih dikurangi dengan HPP (Harga Pokok Penjualan).  Secara  langsung laba kotor mengindikasikan seberapa jauh perusahaan mampu menutupi biaya produknya.

 

Laba Operasi

Yakni selisih antara penjualan dengan semua biaya dan beban operasi. Laba ini bisa fungsikan guna mengukur kemampuan perusahaan seberapa jauh agar menerima pendapatan dari kegiatan utamanya.

 

Laba Sebelum Pajak

Yakni jumlah atas laba sebelum pajak penghasilan yang ditentukan berdasarkan SAK (Standar Akuntansi Kauangan).

Laba sebelum pajak ini tidak berpengaruh terhadap jumlah pajak penghasilan yang sesungguhnya  bagai pemakai laporan keuangan dalam hal pengambilan keputusan.

 

Laba Bersih

Laba Bersih mengindikasikan profitabilitas perusahaan. Laba bersih ialah kelebihan atas penjualan bersih terhadap harga pokok penjualan dipotong dengan beban operasi dan pajak penghasilan.

Hal-hal yang mempengaruhi laba bersih perusahaan antaralain pendapatan, beban pokok penjualan, tarif pajak penghasilan serta beban operasi

 

Laba dari Operasi Berjalan

Yakni laba atas bisnis perusahaan yang sedang berjalan sesudah pajak dan bunga. Laba ini dikenal dengan sebutan laba sebelum pas luar biasa dan operasi dalam penghentian.

 

Bentuk Laporan Laba Rugi

Secara umum terdapat dua laporan laba rugi yang sering dipakai dalam akktivitas pelaporan keuangan perusahaan yakni : single step dan multiple step

1. Sigle Step

Pada bentuk sigle step, seluruh pendapatan dan keuntungan yang termasuk unsur operasi ditempatkan di bagian awal laporan laba-rugi, diikuti dengan semua beban dan kerugian yang termasukkategori operasi.

[Terlengkap] Pengertian, Fungsi, Contoh dan Format Laporan Laba Rugi Perusahaan
Laba Rugi Single Step

Selisih antara total pendapatan + total beban + keuntungan dan kerugian akan menghasilkan Laba Operasi

 

2. Multiple Step

Laporan ini memisahkan transaksi operasi dari transaksi non-operasi, juga membandingkan biaya serta beban dengan pendapatan yang berkaitan.

Dibawah ini bisa dilihat laporan laba rugi Multiple Step

 

[Terlengkap] Pengertian, Fungsi, Contoh dan Format Laporan Laba Rugi Perusahaan
Laba Rugi Multiple Step

Baca Juga : Pengertian dan Bentuk Neraca Saldo Beserta Contohnya

 

Format Laporan Laba Rugi

Pada dasarnya format dari penuliasan bisa dikatakan hampir sama dengan penyusunan laporan lainnya yakni pada header di cantumkan identitas dari perusahaan, jenis laporan keuangan yang disajikan (laporan laba rugi), serta periode tahu laporan.

Yang dimuat pada laporan komponenya ialah total beban, total pendapatan dan laba atau rugi.

[Terlengkap] Pengertian, Fungsi, Contoh dan Format Laporan Laba Rugi Perusahaan
Laporan Laba Rugi – Zahir

Komponen beban dan total pendapatan didapat dari kolom laba//rugi pada neraca saldo (kertas kerja). Komponen laba atau rugi adalah selisih dari total pendapatan dan juga total beban.

Apabila hasilnya tetnyata pendapatan lebih besar dari beban, maka akan diakui sebagai  laba dan juga sebaliknya yakni apabila pendapatan hasil perolehanya lebih kecil dari pada total beban makan diakui sebagai rugi.

 

Apabila kamu  memakai Softwere Akuntansi Jurnal !

Kamu akan mendapatkan kemudahan dalam membuat laporanlaba rugi, namun semua jenis laporan yang perusahaan kamu butuhkan.

 

Fungsi laporan Laba Rugi

Dibawah ini terdapat beberapa fungsi dari laporan labba rugi perusahaan :

  1. Menyajikan informasi kepada pengguna keuangan perusahaan tentang kerugian dan keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan ketika beroperasi dalam periode waktu tertentu (periode sesuai dengan pelaporan)
  2. Membantu perusahaan menganalisis perolehan keuntungan paling banyak didapat dan pengeluaran dari segi apa yang paling besar menghabiskan biaya. Karena laporan laba rugi perusahaan berisi beberapa subtotal Revaues ataupun Ekspenses perusahaan selama menjalankan bisnisnya.
  3. Menampilkan tren perusahaan selama kelompok waktu dengan membandingkan income statement perusahaan dari tahun ke tahun bisa terlihat apakah perusahaan mempunyai tren positif (perusahaan menerima keuntungan) atau sebaliknya tren negatif (perusahaan memperoleh kerugian) selama menjalankan bisnisnya.
  4. Sebagai alat bantu guna keperluan mengukur dan menganalisa perkembangan perusahaan tersebut
  5. Sebagai patokan bagi perusahaan untuk mengembangkan usahanya jika akan menambah keuntungan yang diperoleh
  6. Sebagai alat bantu dalam mengevaluasi kinerja dari perusahaan

Demikanlah penjelasan mengenai Pengertian, Fungsi, Contoh dan Format Laporan Laba Rugi Perusahaan semoga penjelasan di atas dapat membantu. Terimakasih

 

Artikel Lainya :

  1. Cara Lengkap Membuat Neraca Lajur (Video Tutorial) dalam Perusahaan
  2. Contoh dan Tujuan Laporan Perubahan Ekuitas Perusahaan Jasa
  3. Contoh Transaksi Laporan Keuangan Perusahaan Dagang beserta Jurnal

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *