Pengertian, Dampak, Tujuan dan Perencanaan Pembangunan Ekonomi

6 min read

Perencanaan Pembangunan EkonomiTentunya kita semua sudah pernah mendengar  mengenai perencanaan pembangunan ekonomi. Perencanan pemmbangunan ekonomi ini biasanya bisa di temukan di daerah  atau kota2 yang ada  di dunia.

Sebab dalam suatu wilayah atau kota setiap tahunya membuat sebuah perencanaan pembangunan ekonomi.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas secara jelas dan lengkap mengenai pengertian pembangunan ekonomi, dampak, faktor tujuan beserta sifat dari pembangunan ekonomi serta perencanaan pembangunan ekonomi

 

 

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Secara umum kalau pembangunan ekonomi merupakan suatu proses yang menimbulkan pendapatan perkapita penduduk suatu masyarakat terus meningkat dalam jangka  panjang dan dengan perubahan ciri-ciri penting suatu masyarakat, yakni perubahan baik itu dalam hal teknologi, pola pikir masyarakat ataupun kelembagaan.

Sudah dijelaskan juga kalau proses sebuah kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan cara memperhitungkann adanya suatu pertambahan sebuah penndudukk  dan dengan terjadiinya perubahan fundamental dalam struktur ekonomi dalam sebuah negara dan naiknya suatu pendapatan untuk masyarakat dalam sebuah negara.

Pengertian, Dampak, Tujuan dan Perencanaan Pembangunan Ekonomi

 

Lihat Juga: Pengertian & Macam –  Macam Pertumbuhan Penduduk (Contoh dan Rumus)

 

Menurut Adam Smith

Pengertian pembangunan ekonomi merupakan suatu proses campuran antara  pertumbuhan penduduk dan kemajuan teknologi.

Menurut Prof. Meier

Sedangkan pembangunan ekonomi menurut P rof. Meier ialah suatu proses kenaikan pendapatan riil  perkapita dalam suatu jangka waktu yang cukup  panjang.

Menurut Wikipedia

Pembangunan ekonomi menurut Wikipedia ialah sebuah proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan cara memperhitungkan adanya pertambahan penduduk yang dibarengi dengan pertumbuhan fundamentall dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendappatan bagi penduduk sebuah negara tertentu.

 

Pembangunnan Ekonomi bergantung dari pertumbuhan ekonomi (economic growth) yang dimana pembangunan ekonomi dapat mendorong terus bertumbbuhnya ekonomi dan sebaliknya pula, ekonomi dapat memperlancar dalam proses pembangunan ekonomi.

Pembangunan ekonomi dapat dikatakan juga sebagai pembangunan negara  ditinjau dari sudut ruang atau wilayahnya dan dalam konteks ini istilah yang paling cocok dipakai ialah pembangunan wilayah. Oleh sebab itu pembangunan ekonomi ini berisi mengenai startegi pembangunan daerah yang diartikan sebagai sebuah langkah guna melengkapi startegi makro dan sektoral dari pembangunan ekonomi tersebut. Dimana definisi dari pembangun dalam hal ini banyak sekali dipakai  oleh si pembuat kebijakan sebagai usahaya demi membangunan stabillitas  perekonomian negara.

 

Lihat Juga: 5 Peran dan Manfaat Pasar Modal dalam Perekonomian Indonesia

 

Jadi apa sih yang membedakan antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi ?

Kalau pertumbuhan ekonomi itu keberhasilanya lebih bersifat kuantitatif, yakni adanya kenaikan dalam standar pendapatan dan tingkat output produksi yang dihasilkan, akan tetapi kalau pembangunan ekonomi lebih bersifat kualitaatif, bukan hanya dari pertambahan produksi namun juga daari perubahan-perubahan dalam struktur produksi dan alokasi  input dari berbagai sektro perekonomian contohnya, pengetahuan, lembaga, teknik dan sosial.

 

Unsur-Unsur Pembangunan Ekonomi

  1. Pembangunan sebagai sebuah proses, makdusnya kalau pemnamgumam adalah suatu harapan yang sewajarnya dijalani oleh setiap masyarakat atau bangsa.
  2. Pembangunan sebagai perubahan sosial. Disini masyarakat sebagai pelaku utama dalam perubahan sosial dimana secara langsung atau tidak langsung perubahan sosial tersebut akan berdampak pada kelancaran pebangunan atau bahkan menghambat pembangunan.
  3. Pembangunan sebagai suatu usaha demi meningkatkan pendapatan perkapita sebagai suatu usaha, pembangunan ialah tindakan aktif yang seharunya dilakukan oleh suatu negara dalam rangka meningkatkan pendapatan perkapita.
  4. Peningkatan pendapatan perkapita seharunya berlangsung dalam jangka panjang. Suatu perekonomian bisa dinyatakan dalam keadaan berkembang jika pendapatan perkapita dalam jangka panjang tetap terus meningkat. Artinya dari hal tersebut kalau pendapatan perkapita harus mengalami kenaikan terus menerus.

 

Dampak Positif & Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

A. Dampak positif pembangunan ekonomi

  1. Lewat pembangunan ekonomi, seluruh perlaksanaan kegiatan perekonomian akan terus berjalan lancar dan mampu mempercepat proses pertumbuhan ekonomi.
  2. Dengan adanya pembangunan di sektor ekonomi diharapkan mampu terciptanya lapangan pekerjaan yang diperlukan oleh masyarakat, dengan begitu akan mengurangi pengangguran.
  3. Terciptannya lapangan pekerjaan dari pembangunan ekonomi secara langsung memperbaiki tingkat pendapatan nasional
  4. Lewat pembangunan diharapkan terjadi perubahan struktur perekonomian dari struktur ekonomi agraris menjadi struktur ekonomi industri, dengan begitu kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh negara akan menjadi terus beragam dan juga dinamis.
  5. Pembangunan ekonomi menuntut adanya peningkatan kualitas SDM sehingga dimungkinkan ilmu pengetahuan dan teknologi akan terus semakin berkembang pesat. Dengan begitu akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat

 

Lihat Juga: Pengertian Tujuan dan 8 Sumber Keuangan Negara [Contoh]

 

B. Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi

  1. Dengan adanya pembangunan yang tidak terencana secara baik maka akan menimbulkan sebuah kerusakan pada lingkungan hidup.
  2. Industriliasi menyebabkan berkurangnya lahan pertanian.
  3. Musnahnya habitat alam baik itu alam hayati atau hewani
  4. Terjadinya pencemaran air, udara, serta tanah dari ketidakdisiplinanya manusia.

 

Faktor Pembangunan Ekonomi

Terdapat beberapa hal yang bisa mempengaruhi suatu pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, namun pada hakikatnya hal tersebut dikelompokkan menjadi dua, seperti faktor ekonomi dan nonekonomi.

Apasaja hal-hal yang mampu mempenngaruhi pembangunan dan juga pertumbuhan ekonomi antara lain ialah SDM, SDA, Kewirausahaan dan keahlian.

 

Pengertian Sumber Daya Manusia (SDM) yakni  sebuah kekayaan alam seperti tanah, hasil hutan, kesuburan hutan, keadaan iklim/cuaca suatu negara, yang utama dalam hal penyediaan bahan baku produksi.

Kewirausahaan serta keahlian dibutuhkan sebagai pengolahan bahan mentah dari alam menjadi suatu yang memiliki nilai yang tinggi (dikenal juga sebagai proses produksi). Sumber daya manusia (SDA) juga mampu menentukan keberhasilan pembangunan nasional melalui jumlah dan kulitas produk.

 

Lihat Juga: Penyebab, Macam-Macam dan Cara Mengatasi Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi

 

Tujuan Pembangunan Ekonomi

  1. Agar dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya yang meliputi pangan, sandang, papan, kesehatan, serta perlindungan keamanan pemerintah.
  2. Dapat memperluas distribusi berbagai barang kebutuhan pokok
  3. Dapat memperluas kesempatan kerja
  4. Dapat meningkatkan pendapatan masyarakat
  5. Meningkatkan pendapatan masyarakat
  6. Meningkatkan pemahaman serta tingkah laku dari masyarakat dalam menjunjung nilai-nilai luhur (agama, sosial serta kultural)
  7. Memperluas pillihan-pilihan ekonomi dan sosial untuk setiap individu dan juga bangsa secara keseluruhan atau negara lain namun terhadap setiap kekuatan yang berpotensi merendahkan nilai-nilai kemanusiaan.

 

Sifat Pembangunan Ekonomi

Pada dasarnya pembangunan ekonomi ini mempunyai sifat-sifat yang penting dalam pembangunan ekonomi antaralain yakni:

  • Pembangunan Ekonomi merupakan suatu proses

Artinya pembangunan ekonomi itu berlangsung secara terus menerus bukan merupakan sebuah kegiatan yang bersifat mendadak atau sementara

Dimana pembangunan ini dilakukan lewat sebuah perencanaan serta tahapan-tahapan yang matang dan terperinci, setiap tahapanya akan menargetkan sasaran pembangunan yang sudah ditetapkan. Contoh ketika masa orde baru ada namanya REPELITA  (Renccana Pembangunan Lima Tahun).

  • Upaya dalam meningkatkan pendapatan per kapita

Meningkatnya income perkapita artinya secara umum meningkatkan pula kesejahteraan masyarakat. Dimana pembangunan ekonomi akan dilakukan jika terdapat kenaikan pendapatan perkapita penduduk.

Pendapatan perkapita sendiri dipakai untuk mengukur tingkat kesejahteraan suatu negara.

  • Peningkatan pendapatan per kapita berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama

Dengan income yang terus naik diharapkan bisa terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, dengan begitu kesejahteraan masyarakat akan terus meningkat dan akan siap pada saat terjadi penurunan pendapatan.

Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti,  perubahan nilai tukar mata uang (Kurs) pendapatan perkapita dapat mengalami penurunan. Apabila terjadi penurunan tingkat pendapatan per kapita maka penurunanya ini tidak begitu besar.

  • Kenaikan pendapatan per kapita diikuti dengan terjadinya perubahan teknologi serta kelembagaan

Artinya hal tersebut menunjukan kalau pembangunan tidak cukup diukur hanya dari pendapatan per kapita saja, namun kenaikan itu haruslah dilakukan bersamaan dengan terjadinya perubahan teknologi. Teknologi sendirii mempunyai peran yang begitu penting guna meningkatkan kapasitas produksi.

 

Lihat Juga: 10 Prinsip-Prinsip Dasar Ekonomi Dan Contoh Penerapanya

 

Perencanaan Pembangunan Ekonomi

Di negara indonesia perencanaan pembangunan nasionalnya dikoordiasi oleh Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional). Namun, tentu saja bukan hanya negara indonesia saja yang mempunyai perencanaan pembangunan ekonomi akan tetapi seluruh negara yang ada didunia  tentunya mempunyainya.

Jadi agar dapat mengukur keberhasilan perencanaan pembangunan ekonomi ada beberapa indikator keberhasilan yang dapat dipakai oleh banyak negara, antara lain yakni:

  1. Struktur Ekonomi

Squad, perkembangan ekonomi mampu diukur dari perubahan sektor yang menyumbang kontribusi terbesar dalam pendapatan nasional. Misalnya pergeseran sektor pertanian menjadi sektor industri.

  1. Pendapatan Per kapita

Sangat erat sekali kaitanya pertumbuhan ekonomi dengan pendapatan per kapita. Apabila pendapatan perkapita terus naik, pasti ditimbulkan oleh perekonomian yang stabil. Maksudnya, kesejahteraan measyarakat akan terjadmin, Squad.

  1. Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

Yang terakhir ini ialah pembangunan manusia (IPM) yang menjelaskan mengenai bagaimana penduduk bisa mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya.

Squad ini dibentuk oleh 3 dimensi dasar yaitu umur panjang, hidup sehat, pengetahuan dan standar hidup layak yang bisa dilihat sesuai dengan pendapatan perkapita, angka harapan hidup, dan juga durasi lamanya sekolah.

 

Squad untuk bisa dibilang berhasil dalam perencanaan pembangunan ekonomi haruslah memenuhi indikator-indikator tersebut. Akan tetapi, berhasil tidaknya suatu perusahaan perencanaan pembangunan ekonomi ini ternyata sudah mempengaruhi banyak sekali faktor  yaitu:

1. Barang-barang modal

Pengertian, Dampak, Tujuan dan Perencanaan Pembangunan Ekonomi
Barang-barang modal 

 

Dari barang-barang modal ini meliputi berbagai jenis barang yang dipakai guna memproduksi output (barang dan jasa). Contohnya saja, mesin-mesin pabrik, peralatan pertukangan dan masih banyak lagi.

Dengan semakin banyak jumlah barang modal, barang dan jasa yang didapat pun akan terus semakin bertambah. Maka dengan terus meningkatnya hasil produksi barang dan jasa memperlihatkan kalau perekonomian mengalami pertumbuhan.

 

2. Teknologi

Pengertian, Dampak, Tujuan dan Perencanaan Pembangunan Ekonomi
Teknologi

Pada dasarnya kemajuan di berbagai negara terutama yang disebabkan oleh kemajuan teknologi.

Dan kemajuan teknologi sendiri menyebabkan beberapa dampak positif di dalam pertumbuhan ekonomi yang menimbulkan ekonomi terus bertumbuh semakin cepat.

 

3. Tenaga Kerja

Pengertian, Dampak, Tujuan dan Perencanaan Pembangunan Ekonomi
Tenaga Kerja

Di negara-negara yang masih berkembang tenaga kerja ini masih dijadikan sebagai faktor produksi yang dominan. Dengan penduduk yang banyak akan memperbesar jumlah tenaga kerja. Dan penambahan tenaga kerja ini mengharuskan sebuah negara untuk menambah jumlah produksi dan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi.

 

4. Sumber Daya Alam

Pengertian, Dampak, Tujuan dan Perencanaan Pembangunan Ekonomi
Sumber Daya Alam

Sumber daya alam yang melimpah dapat mempermudah usaha untuk membangun perekonomian suatu negara. Sumber daya alam yang sudah ada dimanfaatkan secara optimal akan membantu dalam proses pertumbuhan ekonomi.

 

5. Kewirausahaan

Pengertian, Dampak, Tujuan dan Perencanaan Pembangunan Ekonomi
Kewirausahaan

Kewirausahaan ialah sebuah kemampuan untuk berani mengambil sebuah resiko dalam melakukan sebuah usaha guna mendapatkan keuntungan. Seorang wirausahawan akan investasi yang menimbulkan semakin luasnya kesempatan kerja meningkatkan output nasional, dan pada akhirnya akan meningkatkan penerimaan negara berupa pajak, squad

 

Demikianlah tadi penjelasan mengenai Pengertian, Dampak, Tujuan dan Perencanaan Pembangunan Ekonomi semoga dengan penjelasan diatas akan membantu anda dan bisa menambah wawasan untuk anda tentunya. Terimakasih banyak atas kunjunganya dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel lain dibawah ini.

 

Kunjungi Juga:

  1. Cara Mengatasi Inflasi dengan Kebijakan yang Benar
  2. 5 Model Perencanaan SDM Menurut Andrew E. Sikula
  3. 10 Manfaat dan Cara Perhitungan Pendapatan Nasional
  4. [Lengkap] Pengertian, Manfaat dan Contoh Soal Pendapatan Perkapita

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *