Pengertian Surat dan  6 Fungsi Surat yang Wajib Diketahui

Pengertian Surat dan Fungsi Surat – Disini saya menjelaskan secara lengkap dan terpecaya mengenai surat. Di zaman sekarang ini sebuah surat sangatlah berperan pada kehidupan manusia.

 

Pengertian Surat

Defini surat  ialah sebagai alat komunikasi yang mempergunakan bahas tulisan di atas lembaran kertas yang sangat erat kaitanya dengan kehidupan manusia.

Pada zaman dahulu surat bentuknya sangatlah sederhana. Penulisan, bahan dan cara mengirimkanya pun begitu sederhana. Dan saat ini karena kemajuan zaman cara lama mulai ditinggalkan.

Pengertian Surat dan  6 Fungsi Surat yang Wajib Diketahui
Fungsi Surat

Sekarang ini bentuk dari surat kini terhubung dengan adanya alat canggih yang dikenal dengan nama komputer/laptop.Meskipun sudah berkembangya zaman karena adanya alat canggih, namun ciri khas dari surat sebagai alat komunikasi bila dibandingkan dengan alat komunikasi lainya tetaplah ada.

Yaitu surat tetap menjadi alat komunikasi yang menggunakan bahas tulisan dan kertas sebagai media tulisnya.

Penulisan surat di era modern ini sebagian besar beralih memakai komputer karena dianggap pemakaianya lebih praktis, lebih cepat dan mempunyai kelebihan ketika menyimpan arsip secara otomatis.

Mungkin saja masih ada sebagian kecil saja orang yang masih memakai mesin ketik biasa dan tulisan tangan, tergantung dari kebutuhan dan tujuan dari surat itu.

 

Fungsi Surat

Masih banyak orang yang belum memahami mengenai apa sesungguhnya fungsi surat itu. Berikut ini ada beberapa  fungsi surat antara  lain :

1. Fungsi Surat Sebagai Alat Komunikasi

Dengan adanya surat seseorang bisa saling berbicara, saling berbagi pesan dan juga saling tukar informasi.

Pengertian Surat dan  6 Fungsi Surat yang Wajib Diketahui
Surat Sebagai Alat Komunikasi

Walaupun jaraknya berjauhan dengan surat orang bisa saling memberi kabar. Dengan memakai surat orang bisa berbicara sepuasnya dengan tulisan sehingga bisa menyampaikan pesan lebih banyak dengan ongkos yang murah.

 

Kamu juga bisa baca mengenai surat undangan yang resmi dan tidak resmi  dalam artikel ini disediakan beberapa contoh suratnya

 

2. Fungsi Surat Sebagai Wakil atau Duta

Surat bisa mewakili orang lain atau diri sendiri dan menjadi tenaga suruhan untuk menandatangani sesorang yang posisinya di tempat yang tidak dekat dengan percakapan panjang lebar sampai selesai.

Dengan begitu kamu bisa menyelesaikan sebuah masalah tanpa harus datang sendiri.

Dengan adanya surat kamu bisa menahan biaya karena berkomunikasi lewat telepon jarak jauh atau interlokal apalagi sampai harus datang sendiri.

 

3. Fungsi Surat Sebagai Bahan Bukti

Dalam artian luas surat mencakup dunia bisnis, menjadi bahan bukti, surat bisa berupa kwitansi, tanda terima, surat jalan pengirimman barang resi atau juga bukti pengiriman uang, faktur serta surat perjanjian dan berbagai surat bisnis lainya banyak sekali yang berperan sebagai suatu bukti.

Dari semuan itu merupakan sebagai bukti hitam di atas putih.

 

Baca Juga : 12 Contoh dan Format Surat Pengunduran Diri (Resign) terbaik 2018

 

4. Fungsi Surat Sebagai Alat Memperpendek Jarak, Penghemat Tenaga dan Waktu

Begitu pentingya arsip surat untuk disimpan meskipun dalam waktu relatif singkat, sehingga jika tiba-tiba dibutuhkan bisa dibaca ulang sebagai pedoman untuk menentukan sebuah keputusan lebih lanjut.

 

5. Fungsi Surat Sebagai Alat ingat (pengingat)

Kumpulan dari surat-surat yang dianggap berharga perlulah kamu simpan. Karena bisa saja saat kamu butuhkan untuk dibaca kamu sudah tidak ingat dari isi surat tersebut.

 

6. Fungsi Surat Sebagai Bukti Sejarah dan Kegiatan

Surat bisa berfungsi sebagai sejarah perjalanan dan perjuangan suatu bangsa.

Menjadi bukti kegiatan, bagi sebuah organisasi perusahaan atau badan usaha.

 

Demikanlah tadi penjelasan mengenai Pengertian Surat dan  6 Fungsi Surat yang Wajib Diketahui semoga dengan penjelasan di atas dapat membantu. Terimakasih atas kunjunganya

Tinggalkan komentar