Pengertian & Macam – Macam Pertumbuhan Penduduk (Contoh dan Rumus)

Pengertian & Macam - Macam Pertumbuhan Penduduk (Contoh dan Rumus)

Pengertian dan Macam-Macam pertumbuhan pendudukArtikel ini membahas mengenai pertumbuhan penduduk.

Menjelaskan secara lengkap dan terperinci mengenai Pengertian, macam-macam pertumbuhan penduduk, serta faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk.

Tak lupa juga disini saya menyertakan contoh beserta rumus perhitunganya agar dapat dipahami dengan mudah dan tidak menyulitkan teman-teman semua tentunya.

 

Yuk langsung saja

Kita bahas mengenai definisi dari pertumbuhan penduduk.

 

Namun tahukah anda ?

Penduduk merupakan sekumpulan orang yang bertempat tinggal atau berdomisili pada sebuah negara selama jangka waktu tertentu dan sudah memenuhi syarat-syarat yang berlaku pada negara tersebut.

 

Pengertian Pertumbuhan Penduduk

Pertumbuhan Penduduk ialah sebuah keadaan perubahan yang terjadi pada sewaktu-waktu serta bisa dihitung sebagai perubahan jumlah individu terhadap seuatu populasi memakai per waktu unit dalam pengukuranya.

Di Indonesia sendiri mempunyai jumlah penduduk yang sangat banyak, untuk setiap tahunya pertumbuhan penduduk indonesia selalu bertambah terus menerus.

Dengan jumlah penduduk indonesia yang selalu bertambah sehingga pemerintah harusnya lebih giat lagi dalam memperbaiki kualitas penduduknya.

 

Yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kualitas penduduk yakni dalam aspek pendidikan

Istilah dari pertumbuhan penduduk sendiri biasanya dikaitkan dengan manusia dan dipakai dalam sebutan demografi nilai pertambahan penduduk.

 

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk

Berikut ini adalah faktor yang mempengaruhi  adanya pertumbuhan pertumbuhaan dalam sebuah daerah antara lain:

1. Faktor Kelahiran (Fertilitas)

Kelahiran sendiri terjadi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pernikahan diusia muda dan tidak melakukan program Keluarga Berencana (KB) yang sudah diterapkan oleh pemerintah dehingga akan meningkatnya angka kelahiran (fertilitas).

Dengan adanya sebuah kelahiran seorang anak maka akan menambah jumlah penduduk didaerah tersebut sehingga menyebabkan pertumbuhan penduduk.

2. Faktor Kematian (Mortalitas)

Kematian sendiri dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor pendorong serta penghambat kematian. Yang menjadi faktor pendorong yakni tingkat kemiskinan yang berlebih, kurang menjaga kesehatan, sarana dan prasarana di daerah tersebut kurang misalnya rumah sakit, puskesmas, klinik , Apotik dan lain-lain yang menimbulkan munculnya wabah penyakit, pola makan yang kurang teratur serta kurangya asupan  gizi.

Sedangkan yang menjadi faktor penghambat kematian ialah makan makanan yang bergizi, menjaga kesehatan, olahraga yang teratur, pola makan teratur, tingkat kemiskinan rendah dan saranan kesehatan yang lengkap.

Kematian individu  akan mengurangi umlah penduduk pada daerah tersebut

3. Faktor Penduduk yang datang (Imigrasi)

Imigrasi bisa dimaksudkan penduduk yang datang ke daerah tersebut dari daerah lain imigrasi ini bisa menyebabkan peningkatan jumlah penduduk pada  daerah tersebut.

4. Faktor Penduduk yang pergi (Emigrasi)

Penduduk yang pergi bisa dikatakan sebagai seorang penduduk yang pindah dari wilayah satu ke wilayah lainya dengan tujuan untuk menetap, bekerja,sekolah atau lain sebagainya.

Akibat penduduk yang pergi dapat  menyebabkan menurunya jumlah penduduk dalam daerah asalnya tersebut.

 

Tentunya penduduk dalam suatu wilayah mempunyai sebuah kebutuhan dan kebutuhan tersebut terbagi menjadi beberapa jenis  untuk lebih lengkapnya anda bisa baca artikel ini Pengertian Kebutuhan Jenis-Jenis dan Contoh Wajib Dipahami

 

Macam-Macam Pertumbuhan Penduduk Serta Rumus

Berikut ini  adalah macam-macam pertumbuhan penduduk serta dengan rumusnya :

1. Pertumbuhan Penduduk Alami

Yakni suatu pertumbuhan penduduk dimana jumlah tersebut diperoleh dari selisih antara jumlah kelahiran dengan jumlah kematian dalam suatu daerah tertentu.

Rumus Pertumbuhan Penduduk Alami adalah :

T = L – M

Keterangan :

 = Jumlah pertumbuhan penduduk pertahun dalam suatu daerah

 = Jumlah kelahiran penduduk per tahun

 = Jumlah kematian penduduk per tahun

 

2. Pertumbuhan Penduduk Migrasi

Migrasi ialah perpindaham penduduk dari wilayah A ke wilayah B dengan tujuan untuk menetap di daerah tersebut.

Istilah migrasi sendiri sering dipakai pada penduduk yang berpindah seca menetap (Permanen) dalam suatu  wilayah ke wilayah lainya.

Sedangkan pertumbuhan penduduk migrasi ialah suatu pertumbuhan penduduk yang jumlahnya diperoleh dari hasil selisih julah penduduk migrasi asuk dan jumlah penduduk migrasi yang keluar pada suatu daerah tertentu.

Rumus Pertumbuhan Penduduk Migrasi adalah :

T = I – E

Keterangan :

 = Jumlah pertumbuhan penduduk pertahun dalam suatu daerah

 = Jumlah penduduk migrasi masuk per tahun

 = Jumlah penduduk migrasi keluar per tahun

 

3. Pertumbuhan Penduduk Total

Yakni suatu oetumbuhan penduduk yang diperoleh dari hasl selisih antara jumlah kematian dengan jumlah kelahiran pertahun ditambah dengan selisih antara jumlah penduduk migrasi yang keluar dan yang masuk dalam suatu wilayah tertentu.

Rumus Pertumbuhan Penduduk Total adalah :

T = (L – M) + (I – E)

Keterangan :

 = Jumlah pertumbuhan penduduk per tahun pada suatu daerah tertentu

 = Jumlah angka kelahiran penduduk per tahun pada daerah tertentu

M = Jumlah angka kematian penduduk per tahun pada daerah tertentu

 = Jumlah penduduk migrasi yang masuk per tahun pada daerah tertentu

E = Jumlah penduduk migrasi yang keluar per tahun pada daerah tertentu

Berhubungan dengan pertumbuhan penduduk negara indoensian dan jumlah dari penduduknya. Indonesia masuk di posisi ke 5 besar dunia sebagai jumlah penduduk terbanyak bila dibandingkan dengan negara tetangga lainya.

 

Itulah tadi penjelasan mengenai Pengertian dan Macam-Macam pertumbuhan penduduk semoga dengan apa yang sudah saya jelaskan diatas dapat membantu anda dam menambah wawasan bagi anda.  Terimakasih banyak atas kunjunganya.

 

Artikel Terkait ;

  1. 10 Manfaat dan Cara Perhitungan Pendapatan Nasional
  2. 5 Model Perencanaan SDM Menurut Andrew E. Sikula

Tinggalkan komentar