Pengertian, Fungsi, Unsur dan Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

1 min read

 Pengertian, Fungsi, Unsur dan Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

Khanfarkhan.com – secara umum persamaan dasar akuntansi ialah hubungan antara harta, hutang dan modal yang dimiliki perusahaan. Nah, Apa sih fungsi dan unsur – unsur dari persamaan dasar akuntansi ini serta rumus apa saja yang harus di pahami.

Persamaan dasar akuntansi digunakan sebagai dasar pencatatan dalam sebuah system akutansi, artinya setiap terjadi transaksi harus dicatat seimbang dalam dua aspek yaitu sisi kiri (aktiva) dan (pasiva).

Pada saat merubah transaksi aktiva harus diimbangi pada kewajiban. Sehingga persamaan dasar akuntansi ialah keseimbangan antara  sisi yang kanan dengan sisi yang kiri. Perubahan yang timbul dari transaksi keuangan maka keseimbanganya akan selalu dipertahankan.

 

 

Fungsi Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan dasar akuntansi sendiri memiliki fungsi yaitu untuk mengetahui perubahan kekayaan setiap terjadi transaksi dalam perusahaan. Selain itu juga untuk mengetahui berapa yang sudah digunakan dan dibelanjakan dalam satu periode akuntansi.

 

Unsur-unsur persamaan dasar akuntansi

Beberapa unsur-unsur  yang merupakan dasar system akuntansi diantaranya yaitu :

1. Aktiva /Aset

Aktiva atau asset merupakan sumber yang dimiliki/dikuasai perusahaan akibat suatu peristiwa transaksi masa lalu dan harapanya dimasa depan perusahaan akan memperoleh manfaat ekonomi dari sumber tersebut.

 

2. Kewajiban/hutang/liabilitas

Kewajiban adalah salah satu bentuk tanggung jawab perusahaan akibat peristiwa transaksi dimasa lalu dimana seharusnya  diselesaikan dengan sumber daya perusahaan.

 

3. Modal / Ekuitas

Modal atau  ekuitas merupakan sebuah sisa kepentigan dalam aktiva perusahaan setelah dikurangi dengan kewajiban

 

4. Pendapatan

Pendapatan sendiri merupakan arus masuk atau peningkatan aktiva atau penurunan kewajiban yang terjadi akibat penjualan atau pembuatan barang dan jasa atau aktivitas lain yang menjadi kegiatan utama perusahaan.

 

5. Beban

Beban ialah arus keluar atau pengunaan atas aktiva atau peningkatan kewajiban yang timbul akibat aktivitas penjualan atau pembuatan dan jasa atau aktivitas lain yang menjadi kegiatan utama perusahaan.

 

6. Prive

Prive merupakan sebuah pengambilan kas perusahaan oleh pemilik demi kepentinan pribadinya.

 

Prinsip prinsip dan rumus persamaan dasar akuntansi

1. Keseimbangan harta dengan modal

Yanf pertama ialah dengan mengetahui kekayaan perusahaan unntuk sumber pembagian kegiatan usaha biasa disebut dengan harta.

Sumber pembelanjaan itu sendiri berasal dari pemilik yang biasa disebut dengan modal, sehingga perolehanya sama

HARTA (ASSETS) = MODAL (EQUITY)

 

2. Keseimbangaan harta dengan utang ditambah modal

Sumber modal ini terbagi menjadi dua yaitu modal yang berasal dari kreditur yang disebut utang dan modal dari pemilik sendiri yang disebut modal itu  sendiri, jadi diperoleh persamaan :

HARTA (ASEETS) = UTANG + MODAL (EQUITY)

Dalam operasi dimungkinkan adanya transaksi pendapatan dan beban. Pendapatan mempunyai arti kenaikan harta yang diperoleh melaui hasil penjualan barang atau jasa.

Sedangkan beban merupakan penurunan sejumlah harta  akibat pengorbanan agar memperoleh pendapatan. Beban memiliki sifat untuk mengurangi modal sedangkan untuk pendapatan memiliki sifat untuk menambah modal. Diperoleh lah persamaan dasar akuntansi

HARTA = UTANG + MODAL +PENDAPATAN + BEBAN

 

Sekian penjelasan mengenai Pengertian, Fungsi, Unsur dan Rumus Persamaan Dasar Akuntansi semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih

 

Kunjungi Juga :

  1. 10 Manfaat dan Cara Perhitungan Pendapatan Nasional
  2. Pengertian Jenis dan Contoh Soal Piutang Wesel dalam Akuntansi
  3. Pengertian, Perbedaan Biaya FOB Shipping Point dan Biaya FOB Destitation
  4. 14 Contoh Kwitansi Kosong Pembayaran dan Ketentuanya

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *