Pengertian, Fungsi dan Tujuan Sistem Informasi Akuntansi

Pengertian, Fungsi dan Tujuan Sistem Informasi Akuntansi

khanfarkhan.com – Sistem Infornasi Akuntansi sebenarnya masih berkaitan dengan  perkembangan tehnologi informasi. Sistem akuntasi ialah metode dan prosedur untuk mencatat  dan melaporkan informasi keuangan yang disediakan bagi perusahaan atau organisasi bisnis.

Diterapkanya sistem akuntansi dalam perusahaan besar sangatlah kompleks. Manfaat utama dari sistem buatan tangan manusia yaitu untuk menyederhanakan cara kerja yang membutuhkan ketelitian besar sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan.

 

 

Pengertian Sistem Informasi Menurut para ahli

  • Menurut Hanif Al-Fatta (2009 : 9)

Sistem informasi merupakan suatu kumpulan data yang terorganisasi beserta tata cara penggunaanya yang mencakup lebih jauh dari pada sekedar penyajian.

  • Menurut Erwan Arbie (2002 : 35)

Sistem informasi merupakan sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelola transaksi harian , membantu dan mendukung kegiatan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

 

Komponen Sistem Informasi

Sistem informasi dapat dikategorikan dalam empat bagian yaitu;

  • Sistem Informasi Manajemen

Adalah perencanaan sistem bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia untuk memecahkan  masalah-masalah yang ada.

  • Sistem Pemrosesan Transaksi

Adalah sebuah sistem yang menjalankan dan mencatat transaksi setiap hari guna diperlukan untuk menjalankan bisnis yang merupakan bagian dari sistem informasi tersebut.

  • Sistem Informasi Eksekutif

Adalah jenis manajemen informasi agar memudahkan dalam pembuatan keputusan yang dibutuhkan eksekutif senior terhadap informasi  terkait tujuan organisasi.

  • Sistem Pendukung Keputusan

Adalah sebuah sistem komputer yang mengelola data yang ada menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah semi-terstruktur yang tepat.

Fungsi Utama Sistem Informasi Akuntansi

  • Menerima data transaksi pada dokumen-dokumen sumber.
  • Mencatat dan membuat bukti transaksi kedalam jurnal sesuai keadaan yang sebenarnya. Agar pihak manajemen dan pihak eksternal perusahaan dapat meninjau kembali hal-hal yang terjadi.
  • Meningkatkan proses perencanaan yang efektif.
  • Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pemeliharaan sistem.
  • Mencegah dan memahami dampak ekonomis dari sistem informasi dan tehnologi terbaru.
  • Terjaminya ketrampilan dan kualitas dalam memanfaatkan informasi yang ada.

 

Tujuan Sistem Informasi Akuntansi

  • Membantu fungsi manajemen suatu organisasi/perusahaan, sebab pertanggung jawaban pihak manajemen untuk menginformasikan penggunaan sumber daya yang ada dalam mencapai tujuan dalam organisasi tersebut.
  • Membantu manajemen dalam pengambilan keputusan, sebab sistem informasi memberikan informasi yang diperlukan oleh pihak manajemen agar dapat bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan.
  • Membantu kegiatan operasi perusahaan rutin perhari. Dengan adanya sistem informasi pekerjaan akan lebih efektif dan efesien.

 

Bagan Subsistem Input dan Output

Pengertian, Fungsi dan Tujuan Sistem Informasi Akuntansi

Dari Pengertian, Fungsi dan Tujuan Sistem Informasi Akuntansi di atas, saya menyimpulkan bahwa sistem informasi akuntasi selalu berkaitan dalam kegiatan keuagan maupun non keuangan sehingga akan menjadi informasi yang memenuhi kebutuhan pemakainya.

 

 

Artikel Lainya :

  1. Perlakuan Akuntansi dan Pelaporan Saham
  2. Pengertian, Tujuan dan Negara Penganut Sistem Ekonomi Komando (Sosialis)
  3. Pengertian, Jenis dan Sistem Kliring dalam Akuntansi
  4. 10 Point Penjelasan Standar Auditing PSA.01 (SA Seksi 150)

Tinggalkan komentar