Pengertian dan Jenis-Jenis Inkaso Beserta Prosedur dan Mekanisme

2 min read

Pengertian dan Jenis-Jenis Inkaso Beserta Prosedur dan Mekanisme

Pengertian dan Jenis-Jenis Inkaso – Mungkin apabila anda bekerja di sebuah bank yang ada di indonesia anda pernah mendengar kata Inkaso. Tapi mungkin masih banyak masyarakat yang belum memahami apa arti dari inkaso.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan coba untuk menjelaskan dan memberikan pemahaman kepada anda mengenai pengertian dari inkaso, jenis-jenis dari inkaso dan beberapa prosedur dalam melasanakan inkaso.

Baiklah langsung saja simak penjelasan dibawah ini agar teman-teman tidak menjadi penasaran.

 

 

Pengertian Inkaso

Inkaso merupakan salah satu bentuk dari jasa bank yang dipakai untuk melaksanakan amanat dari pihak ke tiga berupa penagihan sejumlah uang.

Inkaso juga diartikan sebagai kegiatan jasa bank untuk melaksanakan amanat dari pihak ke tiga yakni penagihan sejumlah uang terhadap perorangan atau suatu badan tertentu di kota lain yang sudah ditentukan oleh sang pemberi amanat.

 

Apa itu transaksi inkaso ?

Transaksi inkaso yakni berupa sebuah penagihan cek/GB dari pihak bank yang terletak diwilayah kliring atau kota tertentu kepada bank pernebit yang posisinya di kota wilayah kliring yang tidak sama. Dari hubunganya dengan inkaso, kita akan memahi dengan istilah :

1. Bank Pemrakarsa

Definisi dari bank pemrakarsa ini yakni bank yang mempunyai fungsi untuk menerima warkat yang diberikan pihak ketiga untuk ditagihkan dan kemudian hasilnya untuk pihak ketiga tersebut.

2. Bank Pelaksanan

Definisi dari bank pelaksanan yakni melaksanakan penagihan kepada pihak nasabah (pihak ketiga) sesuai amanat dari cabang/bank pemrakarsa dan hasilnya untuk keuntungan pihak ketiga nasabah bank pemrakarsa.

Media sangat dibutuhkan dalam proses inkasao media tersebut berupa warkat-warkat yang diinkasokan seperti cek bilyet giro, pos biasa atau faximile dan teleks.

Dengan memakai media tersebut akan mengeluarkan biaya, dimana dari biaya ini akan dibebankan kepada pihak ketiga yang menyerahkan amanat inkaso. Dalam hal lain juga, bank pemarkasa akan menerima pendapatan yang berupa komisi inkaso.

 

Baca Juga :

  1. Pengertian, Perbedaan Biaya FOB Shipping Point dan Biaya FOB Destitation
  2. Pengertian dan Contoh Soal LIFO, FIFO, AVERAGE dan HPP dengan 2 Pencatatan

 

Warkat Inkaso

Warkat yang sudah diterbitkan oleh pihak bank tidak semuanya dapat dimasukan dalam kediatan inkaso. Terdapat 2 kelompok warkat yang bisa diinkasokan yakni:

1. Inkaso dengan warkat tanpa sebuah lampiran yakni warkat inkaso yang dipakai ketika akan melakukan inkaso dengan tidak melampirkan dokumen apapun. Contohnya: Cheque dan bilyet giro

2. Inkaso dengan warkat dengan sebuah lampiran yakni warkat yang dimana inkasonya wajib untuk dilampirkan dokumen-dokumen pendukung. Contohnya: ialah faktur, kwitansi dan polis asuransi

 

Jenis – Jenis Inkaso

Apabila dilihat dari lalu lintas dananya, inkaso dapat dibedakan menjadi dua yakni sebagai berikut:

1. Inkaso keluar

Pengertian Jenis Inkaso keluar merupakan inkaso yang atas intruksi dari pihak nasabah untuk dapat melaksanakan penagihan terhadap pihak ketiga bisa di  cabang sendiri ataupun bank yang letaknya diluar kota.

Jenis inkaso ini di bayarkan atau di kreditkan ke rekening si pemberi amanat dalam bank pemarkasa sesudah inkaso selesai ditagih.

2. Inkaso masuk

Pengertian Jenis inkaso masuk yakni sebuah tagihan masuk dari beban rekening (warkat yang diterbitkan) nasabah sendiri yang dimana untuk hasilnya akan dikirimkan ke cabang pemrakarsa untuk keuntungan pihak ketiga.

Proses dalam pelaksanaan inkaso masuk dan inkaso keluar yang tergambar dalam bagan dibawah ini:

Pengertian dan Jenis-Jenis Inkaso Beserta Prosedur dan Mekanisme

Ketika kegiatan inkaso dalam hal pihak tertarik sebagian nasabah bank lain dapat terlihat  dalam sebuah bagan berikut ini:

Pengertian dan Jenis-Jenis Inkaso Beserta Prosedur dan Mekanisme

 

Prosedur dan Mekanisme Inkaso

1. Mekanisme yang dilakukan oleh teller kepada penyetor

Pengertian dan Jenis-Jenis Inkaso Beserta Prosedur dan Mekanisme

 

2. Mekanisme atau prosedur inkaso

Pengertian dan Jenis-Jenis Inkaso Beserta Prosedur dan Mekanisme

Demikianlah tadi penjelasan mengenai Pengertian dan Jenis-Jenis Inkaso Beserta Prosedur dan Mekanisme semoga dengan apa yang sudah saya jelaskan diatas dapat  dipahami.

 

Kunjungi Juga :

  1. Pengertian, Manfaat, Kekurangan dan Kelebihan Joint Venture
  2. 4 Jenis Jenis Anjak Piutang (Factoring) beserta Contoh Perusahaan [Lengkap]
  3. Pegertian Rekening Koran (Giro) Fungsi, Jenis dan Manfaat
  4. Pengertian Serta Contoh Variabel Independen, Dependen, Moderator dan Interving

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *