Pengertian dan Fungsi Bukti Transaksi Serta 5  Manfaatnya

1 min read

Pengertian dan Fungsi Bukti Transaksi Serta 5  Manfaatnya

Pengertian Bukti Transaksi – Teman-teman mungkin sudah tidak asing lagi mengenal kata transaksi, karena pastinya dalam kehidupan sehari-harinya sering melakukan transaksi.

Transaksi ini bisa dalam bentuk menjual barang atau membeli barang, nah biasanya jika kita berbelanja di sebuah toko biasanya kita akan diberikan sebuah kertas, yang menjadi sebuah bukti transaksi bahwa kita sudah berbelanja di toko tersebut.

Didalam tulisan artikel kali ini saya  akan menjelaskan kepada teman-teman definisi dari bukti transaksi dan apa manfaat dari adanya bukti transaksi.

 

 

Pengertian Bukti Transaksi

Pada saat munculnya transaksi maka akan dilakukan yang namanya pencatatan, pencatatan ini  dilakukan memakai media baik kertas ataupun elektronik dan dapat juga dengan memakai dokumen transaksi.

Bukti transaksi  merupakan sebuah dokumen asli yang menjadi  alat untuk merekam semua transaksi yang terjadi. Dengan adanya bukti transaksi bisa menjadi sebuah bukti yang autentik terjadinya sebuah transaksi. Bukti transaksi tersebut antara lain yakni faktur, nota, kwitansi dan cek

Sehingga bila disederhanakan bukti transaksi yakni suatu dokumen, yang berfungsi untuk sumber pencatatan dan penyusunan laporan keuangan, bisa yang dibuat sendiri ataupun yang berasal dari pihak luar perusahaan.

 

Manfaat dan Fungsi Bukti Transaksi

Pada dasarnya bukti transaksi ini bisa dibedakan sesuai dengan kejadinanya, dimana transaksi yang terjadi dalam perusahaan terdiri dari :

1. Transaksi Intern, yakni sebuah transaksi yang hanya terjadi di dalam perusahaan

2. Transaksi ekstern, yakni sebuah transaksi yang terjadi dengan pihak luar perusahaan.

Dari kedua kejadian diatas secara tidak langsung akan merubah posisi harta, kewajiban dan juga modal dalam perusahaan. Tentunya perubahan tersebut akan mempengaruhi keseimbangan dalam persamaan dasar akuntansi.

 

Tujuan Bukti Transaksi

Tujuan dengan dibuatnya bukti transaksi yakni supaya lebih mempermudah dalam pencatatan setiap transaaksi yang terjadi. Sebuah bukti transaksi yang sudah dipakai untuk mencatat transaksi merupakan dokumen dasar bagi  pencatatan laporan keuangan akuntansi.

Akhirnya setiap dokumen mempunyai fungsi yang sangat penting dalam kegiatan akuntansi. Secara umum bukti taransaksi ini di setiap proses kegiatan akuntansi memiliki fungsi dan manfaat yakni sebagai berikut :

  1. Bukti transaksi bisa mengetahui pihak yang bertanggung jawab atas terjadinya transaksi,
  2. Bukti transaksi menjadi media yang didalamnya berisikan seluruh data informasi keuangan,
  3. Bukti transaksi sebagai dasar untuk pencatatan akuntansi,
  4. Bukti transaksi bisa mengurangi kemungkinan kesalahan dengan cara menyatakan transaksi dengan bentuk tulisan,
  5. Bukti transakssi bisa menghindari duplikasi ketika pengumpulan data

Demikianlah artikel ini mengenai Pengertian dan Fungsi Bukti Transaksi Serta 5  Manfaatnya. lihat juga Inilah 12 Contoh Bukti Transaksi Perusahaan semoga akan bermanfaat bagi anda. terimakasih

 

Kunjungi Juga :

  1. Perbedaan serta Contoh Saham Preferen dan Saham  Biasa
  2. Pengertian dan Metode Depresiasi serta Cara Menghitungnya
  3. Inilah 12 Contoh Bukti Transaksi Perusahaan
  4. Pengertian, Jenis Bilyet Giro dan Cek serta Karakteristiknya

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *