Pengertian dan Cara Membuat Jurnal Penerimaan Kas Perusahaan

2 min read

Pengertian dan Cara Membuat Jurnal Penerimaan Kas Perusahaan
Jurnal

Cara Membuat Jurnal Penerimaan Kas – Pada pembahasan sebelumnya saya sudah pernah menjelaskan mengenai jurnal khusus secara lengkap. Untuk bisa memahami jurnal penerimaan kas ini terlebih dahulu anda harus sudah memahami apa itu jurnal khusus yang fungsinya untuk apa.

Apabila anda sudah merasa paham tentang jurnal khusus, maka anda sudah bisa langsung menyimak penjelasan berikut ini mengenai jurnal penerimaan kas dan cara membuatnya.

 

Pengertian Jurnal Penerimaan Kas

Jurnal Penerimaan kas merupakan sebuah jurnal yang memiliki fungsi untuk mencatat seluruh transaksi keuangan yang terjadi dan bisa menambah saldo kas perusahaan. Misalnya seperti transaksi penjualan tunai, transaksi pelunasan piutang, transaksi pendapatan lain-lain yang masuk dalam kolom serba-serbi dan juga transaksi pengembalian barang yang sudah dibeli karena tidak cocok atau rusak secara tunai (retur pembelian). Sehingga akan dicatat pada jurnal penerimaan kas seperti dibawah ini.

  1. Pada saat terjadi transaksi penjualan barang dagang secara tunai maka otomatis akan mempengaruhi saldo kas (debet) dan penambahan saldo penjualan pada (kredit).
  2. Pada saat terjadi transaksi pelunasan piutang maka akan mempengaruhi saldo kas pada kolom (debet) dan terjadi pengurangan saldo piutang dagang pada kolom (kredit). Jika ada potongan penjualan maka akan dicatat dengan mendebet akun kas dan potongan penjualan.
  3. Pada saat muncul pengembalian barang dagangan yang sudah dibeli secara tunai maka akan terjadi penambahan kas dan terjadi pengurangan barang dagang yang sudah dibeli tadi dengan alasan adanya retur (pengembalian barang), pencatatan yang dilakukan ialah metode akun kas dan juga mengekredit akun retur pembelian senilai dengan barang yang dikembalikan tadi.

 

Baca Juga : 5  [Macam-Macam] dan Contoh Jurnal Khusus Perusahaan Dagang

 

Pengertian dan Cara Membuat Jurnal Penerimaan Kas Perusahaan
Jurnal Penerimaan Kas

 

Contoh dan Cara Membuat Jurnal Penerimaan Kas

UD Subur Jaya mempunyai transaksi yang berhubungan dengan penerimaan kas sebagai berikut:

Tanggal Transaksi Transaksi
April 2018 5 Telah menerima pelunasan piutang dagang dari Toko Ayu sebesar Rp 2.500.000
  10 Telah berhasil terjual barang dagangan secara tunai kepada Toko Dwi sebesar Rp 2.300.000
  13 Dilakukan pembelian barang dagang dari toko puji secara tunai sebesar Rp 7.500.000
  20 Sudah dikembalikan beberapa barang yang dibeli dari Toko Puji sebab adanya kecacatan barang sebesar Rp 2.400.000

 

Pengertian dan Cara Membuat Jurnal Penerimaan Kas Perusahaan
Jurnal Penerimaan Kas

 

Baca Juga : Contoh Soal dan Jawaban Jurnal Penerimaan Kas Perusahaan

 

Analisis Transaksi UD Subur Jaya

  1. Transaksi yang terhadi pada tanggal 5 april merupakan transaksi yang di dapat atas pelunasan piutang dari pelanggan yakni toko Ayu, maka saldo kas menjai bertambah dan saldo piutang menjadi berkurang sejumlah angka yang sama yakni Rp 2.500.000, dicatat pada kas di kolom debet senilai Rp 2.500.000 dan pada kolom piutang dagang pada kolom seharga Rp 2.500.0000.
  2. Transaksi yang terjadi selama tanggal 10 April merupakan transaksi dari penjualan barang dagang secara tunai kepada toko Dwi, maka saldo kas akan bertambah dan saldo penjualan juga ikut bertambah dengan jumlah yang sama yakni Rp 2.300.000, maka akan dicatat dalam jurnal penerimaan kas yakni kas pada kolo, debet senilai Rp 2.300.000 dan juga penjualan di kolom kredit sebesar Rp 2.300.000.
  3. Transaksi yang terjadi pada tanggal 13 april merupakan transaksi pembelian barang dagang secara tunai dari toko Puji senilai Rp 7.500.000. transaksi ini tidaklah dicatat pada jurnal penyesuaian sebab transaksi ini menimbulkan saldo kas menjadi berkurang (untuk membeli barang dagangan) dan lebih pasnya dicatat pada jurnal pengeluaran kas.
  4. Transaksi yang terjadi pada tanggal 20 april ialah transaksi pengembalian barang dagang yang sudah dibeli tunai dari Toko Puji sebab kondisi barang yang cacat. Transaksi ini disebut dengan retur pembelian, sebesar Rp 2.400.000 dari total pembelian senilai Rp 7.500.000. dan transaksi retur pemebelian menyebabkan UD Subur Jaya memperoleh uang kas pada kolom debet kas sebesar 2.400.000 dengan begitu dicatat dalam jurnal penerimaan kas pada posis debet kas senilai Rp 2.400.000 dan pada posisi kredit kolom serba-serbi dengan keterangan (nama akun) retur pembelian sebesar Rp 2.400.00

 

Sekianlah tadi penjelasan mengenai Pengertian dan Cara Membuat Jurnal Penerimaan Kas Perusahaan  semoga dengan apa yang sudah saya jelaskan di atas tadi bisa dipahami oleh anda. Saya juga mengucapkan terimaskasih atas kunjunganya dan jangan lupa untuk kunjungi artikel lainya di Khanfarkhan.com.

Mohon Kasih Bintang ya !!

 

Artikel Lainya:

  1. [Terlengkap] Pengertian, Jenis dan Manfaat Jurnal Khusus dalam Akuntansi
  2. Pengertian, Jenis-Jenis Pendapatan dan Pengeluaran Menurut Para Ahli
  3. 10 Contoh Penjualan & Pembelian (Retur, Potongan, Tunai, Kredit) Perusahaan Dagang
  4. Contoh dan Cara Menyusun Jurnal Pengeluaran Kas

Please rate this