Pengertian dan 10 Contoh Barang Substitusi dan Komplementer

2 min read

Khanfarkhan.com – Beraneka ragam apabila mengetahui  mengenai kebutuhan manunusia demi memenuhi kepuasan dan kelangsungan hidup.

Demi mendapatkan itu semua makan dibutuhkan alat pemuas kebutuhan. Dengan alat pemuas kebutuhan ini dapat berupa barang ataupun jasa. Menurut hubunganya barang di klasifikasikan menjadi barang substitusi dan barang komplementer.

 

Pengertian Barang Substitusi

Barang substitusi adalah barang pemuas alat kebutuhan manusia yang saling menggantikan fungsinya dengan sempurn, maksudnya jika terdapat barang yang satu sehingga bisa digantikan dengan barang lainya.

Artinya, barang substitusi ialah barang yang menjadi alat pemuas kebutuhan yang dalam kegunaanya bisa saling menggantikkan satu sama lain.

 

Contoh Barang Pengganti (Substitusi)

Terdapat 5 contoh barang subsitusi atau barang pengganti ini antara lain sebagai berikut:

1. Beras bisa digantikan dengan singkong dan jagung

Nasi merupakan salah satau makanan pokok bagi orang indonesia dan disertai lauk pauk. Namun untuk kondisi yang mendesak, kita bisa menggantikanya dengan singkong ataupun jagung.

Pengertian dan 10 Contoh Barang Substitusi dan Komplementer

Alasanya untuk kedua jenis makanan ini mempunyai fungsi yang sama dengan beras yakni menjadi sumber energi demi menjalankan aktivitas sehati-hari

 

2. Kursi bisa digantikan dengan tikar

Jika dirumah kita ternyata kursinya rusak ataupun patah, tikar bisa menjadi pengganti untuk kursi yanng rusak. Alasanya tikar mempunyai fungsi yang sama dengan kursi sebagai tempat untuk duduk alternatif tikar ini dikenal sebagai barang substitusi.

Pengertian dan 10 Contoh Barang Substitusi dan Komplementer

3. Bus bisa digantikan oleh mikrolet/angkot

Ketika akan berangkat atau pualang sekolah, lalu kalian ingin memakai bus, tetapi sayangnya pada saat itu ternyata sedang ada demo sehingga tidak ada bus  yang lewat. Karena alasan keadaan yang mendesak kalian bisa memakai jasa angkutan umum lainya yakni mikrolet/angkot.

Pengertian dan 10 Contoh Barang Substitusi dan Komplementer

4. Gelas bisa digantikan dengan cangkir

Pada saat dirumah anda ingin menggunakan gelas untuk minum namun ternyata gelasnya kotor semua, anda bisa menggunakan cangkir sebagai pengganti gelas. Karena memang kedua benda ini mempunyai fungsi yang sama juga.

 

5. Premium dapat digantikan dengan pertalite

Apabila anda ingin memakai  kendaraan motor atau mobil tentunya untuk 2 kendaran ini membutuhkan bahan bakar minyak. Untuk di jaman sekarang ini ketersediaan premium mungkin sudah berkurang untuk disetiap SPBU.

Pengertian dan 10 Contoh Barang Substitusi dan Komplementer

Sehingga jika hal itu terjadi anda bisa menggantikanya dengan memakai pertalite yang tersedia cukup di setiap SPBU, walupun ada perbedaan harga  namun pertalite mempunyai fungsi yang sama dengan premium.hubungan inilah yang dinamakan sebagai barang pengganti (substitusi)

Baca Juga :

  1. Pengertian Barang Bebas, Ekonomi dan Illith Beserta Contoh [Lengkap]
  2. Pengertian dan Contoh Kegiatan Konsumsi, Distribusi dan Produksi

Pengertian Barang Komplementer

Barang komplementer ialah barang yang berperann sebagai alat pemuas kebutuhan manusia yang saling melengkapi fungsinya dengan baik, maksudnya apabila suatu barang dipakai secara sendirian, maka barang itu tidak bisa memenuhi kebutuhan secara maksimal bahkan sampai tidak bisa dipakai sama sekali.

Artinya barang komlementer ialah barang untuk pemuas kebutuhan yang untuk penggunaanya bisa saling melengkapi. Jenis barang ini akan bisa dimanfaatkan jika digunakan bersama dengan barang pemuas kebutuhan lainya.

Contoh Barang Pelengkap (Komplementer)

Terdapat 5 contoh barang komplementer atau barang pengganti ini antara lain sebagai berikut:

1. Gula dan Kopi

Mungkin anda sudah sering  membuat kopi, pastinya untuk membuat  kopi membutuhkan gula. Alasanya jika kita membuat kopi tanpa memakai gula pasti kopi terasa pahit. Dan untuk sebaliknya apabila kita hanya menggunkan gula saja tanpa kopi maka hanya akan menjadi air gula biasa saja.

Pengertian dan 10 Contoh Barang Substitusi dan Komplementer

 

2. Monitor, CPU, Keyboard dan Mouse

Apabila salah satu  dari komponen komputer ini tidak ada, makan fungsi dari komputer ini menjadi terganggu, bahkan sampai tidak dapat digunakan sekalipun.

 

3. Dispenser dan Galon

Dispenser dan galon adalah dua barang yang saling melengkapi. Apabila hanya ada galon, pastinya anda akan merasa kesulitan untuk menuangkan air. Begitupun untuk sebaliknya, apabila hanya  and dispenser saja, percuma jika tidak ada galon yang dituangkan.

 

4. Buku dan Pena

Buku dan pena yang sehari-harinya  anda bawa ke kampus ialah salah datu jenis barang komplementer. Pastinya anda tidak bisa  menulis materi perkuliahan pada hari itu jika kalian tidak memiliki kedua barang tersebut.

Pengertian dan 10 Contoh Barang Substitusi dan Komplementer

5. Kompor dan Gas

Ketika kalian sedang ada didapur untuk memasak pasti anda akan memakai kedua benda ini. Apabila salah satu dari benda ini tidak ada didapur maka anda tidak dapat memasak. Misalnya, jika anda ingin memasak ternyata gasnya habis otomastis kompor tidak akan mau menyala.

Demikianlah tadi penjelasann mengenai Pengertian dan 10 Contoh Barang Substitusi dan Komplementer semoga dengan apa yang sudah saya jelaskan diatas dapat membantu anda dan menambah wawasan anda. Terimakasih atas kunjunganya

 

Kunjungi Juga :

  1. Perlakuan Akuntansi dan Pelaporan Saham
  2. Pengertian, Ciri-Ciri dan Contoh Pasar Persaingan Sempurna [Kelebihan dan Kekurangan]
  3. Pengertian dan Contoh Pasar Oligopi serta [Keunggulan dan Kelemahan]
  4. Pengertian, Contoh dan Ciri Ciri dari Pasar Monopolistik

 

 

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *