[Terlengkap] Pengertian dan Contoh Barang Ekonomis, Barang Bebas Serta Barang Illith

3 min read

Contoh Barang Ekonoomis, Bebas, illith – Manusia membutuhkan alat pemuas kebutuhan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, yang berupa jasa atau barang. Dalam kebutuhan tersebut ada beberapa barang yang dijadikan sebagai alat pemuas kebutuhan tersebut.

Berdasarkan cara memperolehnya barang terbagi menjadi barang bebas, barang ekonomi dan barang illth. Mungkin ada teman-teman belum mengetahui definisi dari barang bebas, barang ekonomi dan juga barang illth.

Barang atau  Jasa merupakan segala sesuatu yang bisa memenuhi kebutuhan serta sebagai alat pemuas kebutuhan manusia. Artinya barang merupakan dimana setiap benda berwujud yang memiliki manfaat untuk setiap manusia. Sedangkan jasa merupakan benda yang tidak  mempunyai wujud dan juga berfungdi sebagai alat pemuas kebutuhan setiap manusia.

 

Demi memperjelas semua pengertian kita tentang alat pemuas kebutuhan manusia, dibawah ini ada macam-macam barang yang berdasarkan sifat, fungsi, wujud, cara pengguna serta cara pengerjaanya.

Dibawah ini akan saya sejelaskan barang menurut sifatnya simak penjelasanya dibawah ini.

 

Pengertian Barang Bebas

Barang bebas adalah barang yang jumlahnya terbatas dipakai sebagai pemuas kebutuhan manusia, sehingga jika ingin memperolehnya tidak dibutuhkan biaya  atau pengorbanan. Barang ini merupakan pemberian alam dan tersedia dalam jumlah yang lebih

  • Contoh Barang Bebas

Contoh-contoh dari barang bebas yang didapat dari alam yakni, oksigen, air laut, sinar matahari, pasir di padang pasir, dan es di daerah kutub.

Ada waktunya ketika barang bebas menjadi barang ekonomi, seperti ketika seseorang tinggal di daerah pegunungan yang sumber airnya melimpah, bersih dan jernih, air tersebut merupakan barang bebas.

Namun untuk orang-orang yang tinggal di perkotaan, untuk mendapatkan air bersih cukup sulit sehingga biasanya didapat dari perusahaan air minum, sehingga dalam hal ini air tersebut telah berubah status menjadi barang ekonomi.

 

Baca Juga :Pengertian dan Jenis-Jenis Inkaso Beserta Prosedur dan Mekanisme

 

Pengertian Barang Ekonomi

Barang ekonomi adalah barang yang jumlahnya terbatas dan tidak sebanding dengan yang di butuhkan masyarakat dimana sebagai pemuas kebutuhan manusia. Dibutuhkan pengorbanan untuk mendapatkanya karena memang barang ini sangat terbatas.

Dan biasanya pengorbanan yang dilakukan bisa berbentuk uang.

 

  • Contoh Barang Ekonomi

Berikut ini adalah contoh barang ekoomi:

1. Baju baru

Alasan baju baru masuk dalam contoh barang ekonomi. Karena, dari cara kita membeli baju tersebut di toko, tidak bisa mendapatkanya begitu saja. Dimana yang menjadi pengorbanan ialah kesediaan kita untuk membelinya

Pengertian Barang Bebas, Ekonomi dan Illith Beserta Contoh [Lengkap]
Baju baru

2. Rumah

Alasan rumah juga menjadi barang ekonomi, karena untuk memperolehnya rumah tersebut kita beli ataupun dibangun sendiri sehingga membutuhkan biaya.

Pengertian Barang Bebas, Ekonomi dan Illith Beserta Contoh [Lengkap]
Rumah

3. Makanan dan Minuman

Kemudian untuk makanan dan munuman juga, karena untuk dua  benda ini bisa didapat dengan mengeluarkan biaya terlebih dahulu.

 

Pengertian Barang Bebas, Ekonomi dan Illith Beserta Contoh [Lengkap]
Makanan dan Minuman

4. Emas

Emas termasuk contoh barang ekonomi. Karena untun memperoleh emas ini, kita harus menggali tanah hingga akhirnya mendirikan perusahaan besar sebagai pengorbanan.

Pengertian Barang Bebas, Ekonomi dan Illith Beserta Contoh [Lengkap]
Emas

5. Sayuran segar

Para petani sayur ini melakukann pengorbanan dengan meluangkan waktu, pikiran dan tenaganya untuk bertani sehingga  mendapatkan sayuran segar yang sering kita konsumsi sehari-hari.

Pengertian Barang Bebas, Ekonomi dan Illith Beserta Contoh [Lengkap]
Sayuran segar

6. Kendaraan

Kendaraan diadapat dengan mengeluarkan biaya, dengan membelinya seperti membeli motor, mobil diperlukan suatu pegorbanan berupa pikiran, keahlian otomotif dan waktu.

Pengertian Barang Bebas, Ekonomi dan Illith Beserta Contoh [Lengkap]
Kendaraan

7. Perabotan Rumah tangga

Banyak sekali pengorbanan yang dilakukan oleh pengrajin berupa keahliah, biaya dan waktu membuatnya untuk menghasilkan barang misalnya lemari.

Pengertian Barang Bebas, Ekonomi dan Illith Beserta Contoh [Lengkap]
Perabotan Rumah tangga

Baca Juga :Pengertian dan Contoh Kegiatan Konsumsi, Distribusi dan Produksi

 

Pengertian Barang Illith

Yang dikatan barang Illith ialah barang yang ketika jumlahnya terbatas maka bisa memenuhi kebutuhan manusia, namun pada saat jumlahnya sangat berlebihan dan berlimpah ruah bisa menyebabkan musibah bagi manusia itu sendiri.

Dengan demikian diperlukanua membatasi pemakaianya sesuai dengan kebutuhan manusia saja.

 

  • Contoh barang Illith

Berikut ini adalah beberapa contoh dari barang illith :

1. Air

Jika debit air ini sangat banyak bisa menyebabkan terjadinya banjir sehingga dapat membahayakan dan merugikan bagi manusia itu sendiri

2. Api

Apa bila volume api sudah tidak sewajarnya bahakan sudah sangt  besar yang bisa menyebabkan becana dan terjadinya kebakaran, sehingga untuk pemakaian api itu sendiri harus dibatasi dan sesuai dengan kebutuhan.

 

Barang Bebas Bisa Menjadi Barang Ekonomis

Apabila sebuah benda pemuas kebutuhan dan jika dilihat dari cara memperolehnya dibedakan menjadi 2 yakni benda ekonomis yakni benda pemuas kebutuhan yanng untuk memperolehnya membutuhkan sejumlah pengorbanan tertentu.

Kalau untuk  benda bebas merupakan benda pemuas kebutuhan yang sudah ada di alam dan jumlahnya ada banyak sekali dialam. Namun bagaimana kalau disebuah situasi dan kondisi dimana sebuah benda yang sebelumnya mudah diperoleh menjadi sangat susah untuk memperolehnya harus membutuhkan pengorbanan.

 

Disini sebagai contohnya ialah Air

Di lautan, air merupakan benda bebas. Soalnya banyak sekali tersedia dan tidak ada yang mengkonsumsi air laut. Kemudian kita membawa lalu mengambilnya namun air laut tidak  akan pernah habis.

Dengan begitu tidak akan anda pengorbanan yang kita lakukan.

 

Akan tetapi akan berbeda keadaan, pada saat air laut itu kita bawa ke kota.

Lalu air akan menjadi barang ekonomis soalnya sudah ada pengorbanan yang berupa tenaga untuk membawa air ke kota. Tenaga yakni tidak akan dapat dinilai dengan gratis. Karena kita sudah mengeluarkan pengorbanan, orang lain harus membayar harga pengorbanan tersebut. Kemudian di kota, jumlah air sangatlah terbatas sedangkan yang memerlukan sangatlah tidak terbatas, untuk kita orang wajib membayar pengorbanan tersebut.

 

Termasuk juga jika keadaan air itu ada dalam kemasan. Proses pengelolaan air kemasan memerlukan biaya. dengan begitu orangpun harus membayar hasil pengelolaan air yang sudah dikemas tersebut.

Itulah tadi bagaimana jika sebuah benda yang sebelumnya bersifat bebas mejadi benda sekonomis.

 

Demikianlah Pengertian Barang Bebas, Ekonomi dan Illith Beserta Contoh semoga dengan apa yang sudah dijelaskan di atas bisa menambah wawasan dan membantu  anda. Terimakasih atas kunjunganya.

 

Kunjungi Juga :

  1. 3 Jenis Waralaba Menurut: Kriteria, Asal dan IFA (Lengkap)
  2. Rumus Cara Lengkap Menghitung  SHU dan Contoh Soal
  3. Pengertian, Contoh dan Ciri Ciri dari Pasar Monopolistik
  4. [Lengkap] Tujuan dan Manfaat Segmentasi Pasar Serta Kelemahannya

 

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *