Pegertian, Manfaat serta Contoh Buku Besar Pembantu Utang dan Piutang

2 min read

Pegertian, Manfaat serta Contoh Buku Besar Pembantu Utang dan Piutang

Khanfarkhan.com – tahukah anda apa itu buku besar pembantu ?

Fungsi dari buku besar pembantu itu sendiri untuk merinci semua transaksi yang berpengaruh terhadap perubahan akun perkeriaan piutang maupun utang yang terjadi secara rutin dan juga berulang-ulang.

Pada dasarnya buku besar pembantu ini terbagi menjadi tiga yakni buku besar pembantu piutang dan buku besar pembantu utang

 

Pengertian Bukuk Besar Pembantu

Buku  besar pembantu merupakan buku besar yanng secara khusus di pakai dalam mencatat akun-akun tertentu dan juga perubahan-perubahanya secara terperinci.

Artinya buku besar pembantu ini sebagai perluasan dari buku besar umum. Sehingga seluruh catatan yang berada di dalam buku besar pembantu ini adalah rincian dari salah satu buku besar umum yakni rincian hutang dan juga piutang.

 

Manfaat Buku Besar  Pembantu

Dari penyusunan buku besar pembantu ada manfaat yang mucul diantaranya yakni :

  1. Dalam penyusuna laporan keuangan menjadi lebih mudah, alasanya buku besar pembantu bisa mengurangi kekeliruan dalam pencatatan buku besar umum.
  2. Terujinya dalam pembukuan buku besar umum bisa teruji melalui membandingkan saldo dari buku besar umum dengan total saldo yang berada dalam buku besar pembantu.
  3. Memungkinkan diadakan pembagian tugas dalam pengerjaan akuntansi
  4. Dari jumlah masing-masing elemen menjadi lebih mudah diketahui seperti utang dan piutang dari pihak yang terkait.

 

 

Macam-Macam Buku Besar Pembantu

Secara umum buku besar pembantu ini terbagi menjadi tiga jenis yakni buku besar pembantu piutang, buku besar pembantu utang dan juga buku besar pembantu persediaan.

1. Buku Besar Pembantu Utang

Buku Besar Pembantu Utang (Account Payable Subsidiary), yakni buku besar yang mempunyai fungsi sebagai wadah untuk mencatat seluruh perubahan utang kepada pihak kreditor secara individual atau khusus.

 

2. Buku Besar Pembantu Piutang

Buku Besar Pembantu Piutang (Account Receivable Susidiary Ledger), bersamaan dengan buku besar pembantu utang, kemudian buku besar pembantu piutang adalah tempat khusus untuk mencatat perubahan dari piutang (tagihan), kepada pihak perusahaan (debitor) secara individual (perusahaan tertentu saja)

 

3. Buku Besar Persediaan.

 

Sumber Pencatatan Buku Besar Pembantu

Bukti-bukti transaksi yang menimbulkan suatu perubahan, perubahan terhadap piutang dan juga piutang perusahaan yakni sumber pencatatan dalam buku besar.

Contohnya yakni : Faktur pembelian, faktur penjualan, bukti penerimaan dan pengeluaran kas, serta nota kredit dan nota debit.

Bukti transaksi yang mengakibatkan perubahan utang dan juga piutang perusahaan sampai ke tahap buku besar pembantu piutang dan buku besar pembantu utang melalui prosedur sebagai berikut:

  1. Dicatat dalam buku jurnal supaya dibukukan ke dalam buku besar, bisa setiap pos jurnal secara kolektif atau secara individual
  2. Sesudah diposting ke dalam buku besar, yang dilakuan selanjutnya yakni dimasukan ke dalam buku besar pembantu lalu pada setiap akhir periode pasti akan dibuatkan daftar saldo.

Dari masing-masing jenis buku pembantu tersebut yakni daftar saldo utang dari buku besar perusahaan pembantu utang dan daftar  saldo piutang dari buku besar pembantu utang.

 

Contoh Daftar  Saldo Buku Besar Pembantu

HARD ADVERTISING
DAFTAR SALDO PIUTANG
Tanggal 31 Juli 2018

Nomor

NAMA DEBITOR

SALDO

1

PD JAYA SENTOSA RP.1.300.000,00

2

PD JAYA BAKRIE

3

PD JAYA ABADI RP. 5.000.000,00

4

PD JAYA RP. 2.300.000,00

5

PD JAYA MAKMUR RP. 1.800.000,00
JUMLAH RP. 10.400,000,00

Jumlah daftar saldo dari piutang ataupun utang seharusnya sama saja dengan akun utang dan piutang tang berada di dalam buku besar umum.

Dan jika ternyata ada perbedaan jumlah maka ada kesalahan dalam pencatatan. Pakailah jurnal koreksi untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

 

Demikianlah tadi penjelasan mengenai Pegertian, Manfaat serta Contoh Buku Besar Pembantu Utang dan Piutang  semoga dengan penjelasan saya di atas dapat membantu anda, terimakasih

 

Artikel Terkait :

  1. Pengertian dan Contoh Buku Besar bentuk T , Skontro serta Stafell
  2. Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Contoh Jurnal Umum
  3. Contoh Soal beserta Pengertian Jurnal Penjualan dan Pembelian
  4. Contoh Soal Jurnal Penutup Perusahaan Jasa

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *