Pengertian, Jenis Dan Tujuan Valuta Asing Beserta Contohnya

3 min read

Khanfarkhan.com – Artikel ini membahas mengenai Pengertian kurs valas dan jenis-jenis transaksi valas dan juga bagaimana motif transaksi valas dan tentunya pada manfaat dari valas ini.

Apakah anda penasaran dengan contoh dan jenis valuta asing beserta para pelaku dari pasar valuta asing? Jika iya, simaklah ulasannya secara lengkap dalam artikel ini.

 

Pengertian Valuta Asing (Valas)

Valuta asing seringkali disebut sebagai valas, dimana arti dari valas ini merupakan pertukaran uang beberapa nilai mata uang berbeda. Valas adalah suatu mekanisme yang mana siapapun dapat mentransfer daya beli di antar negara.

Valas sendiri menyediakan sistem kredit bagi anda yang seringkali bertransaksi dalam perdagangan internasional dan dapat meminimalisir segala resiko kerugian yang mungkin terjadi, resiko kerugian ini bisa berasal dari akibat fluktasi kurs mata uang. Dalam artikel ini anda dapat mengenal jenis pasar valuta asing pelaku pasar valuta asing serta kelebihan dan kekurangan pasar valuta asing.

 

Lihat Juga: Pengertian, Jenis Transaksi, Fungsi dan Instrumen Pasar Uang dalam Perekonomian

 

Fungsi Valuta Asing

Selain pengertian valas yang telah disebutkan sebelumnya, valuta asing juga mempunyai fungsi dan tujuan yang akan dicapai. Berikut ini informasi lengkap mengenai pengertian, fungsi, dan tujuan valuta asing beserta para pelaku pasar dari valuta asing itu sendiri.

Valuta asing atau valas mempunyai fungsi sebagai penyedia kredit, transfer daya beli, dan mengurangi resiko kerugian dari valas. Valas yang berfungsi sebagai penyedia kredit akan membantu anda dalam perdagangan internasional, dimana biasanya pengiriman barang akan memakan waktu lama sehingga pembiayaan pengirimannya juga lama.

Valas juga membantu dalam transfer daya beli, dimana valas ini akan membantu anda untuk mendapatkan mata uang sesuai dengan mata uang negara yang dijadikan media jual beli. Selain itu jika terjadi perubahan kurs ketika melakukan transaksi, valas ini akan membantu untuk mengurangi resiko kerugian dan mempertahankan perkiraan keuntungan yang telah ditentukan.

 

Dengan adanya valas atau valuta asing ialah:

  1. Sebagai alat pembayaran internasional >> Valuta asing ini memiliki fungsi sebagai alat pembayaran pada utang suatu negara ke negara lain.
  2. Sebagai pengendali kurs mata uang >> kurs adalah perbandingan nilai mata uang antara satu dengan lainya. Contohnya menghitung kurs dollar-rupiah 1 dollar amerika sama dengan Rp 14.800 Rupiah di tahun 2018. Kurs mata uang bisa saja menjadi melemah atau menguat sesuai dengan kondisi negara tersebut valuta asing bisa difungsikan sebagai alat untuk pengendalian kurs mata uang negara.
  3. Sebagai alat untuk memudahkan perdagangan internasional >> pasar mata uang sangat mudah dijalankan sebab valuta asing bisa dipakai sebagai alat tukar internasional.
Pengertian, Jenis Dan Tujuan Valuta Asing
Contoh Valuta Asing

 

Lihat Juga: Perlakuan Akuntansi dan Pelaporan Saham

 

Tujuan Valuta Asing

Valuta asing atau valas sendiri mempunyai tujuan yang akan dicapai yaitu mencari keuntungan, pengiriman ke luar negeri, sebagai media transaksi pembayaran, dan mempertahankan daya beli dari para pelakunya. Valas ini akan sangat menguntungkan jika nilai mata uang negara kita semakin bernilai jika ditukarkan dengan nilai mata uang negara lain seperti dollar.

Ada beberapa tujuan dilaksanakanya transaksi valuta asing  atau sering disebut juga valas yaitu:

  1. Untuk mempertahankan daya beli
  2. Untuk mendapatkan keuntungan
  3. Sebagai transaksi untuk pembayaran
  4. Bisa mengirimkan uang ke luar negeri
  5. Untuk pemgaraan hedhing (resiko)

 

Jenis – Jenis Valuta Asing (Valas)

Jenis – jenis valuta asing bisa dikategorikan sesuai jenis dan bentuknya

1. Menurut jenisnya

Valuta asing bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu sebagai berikut:

  • Valuta Asing Fisik

Jenis valuta ini merupakan uang asing dalam artian yang sesungguhnya, yaitu uang asing dalam bentuk kertas dan logam.

  • Valuta Asing Non Fisik

Jenis valas ini merupakan uang asing dimana didalamnya berbentuk uang giral atau surat-surat berharga lain misalnya ialah wesel, cek, traveles dan lain-lain.

2. Menurut bentuknya

Sesuai bentuknnya valas bisa dibedakan menjadi berikut ini:

  • Saldo kredit (saldo kredit bank devisa dalam suatu negara)
  • Ciri ciri penawaran mata uang asing (rupiah, USG, Euro, Dollar, SGD dan lainya)
  • Surar Wesel Luar negeri (surat wesel aktivitas ekspor impor)
  • Hak Penerimaan Pembayaran (dalam bentuk yang tidak sama dalam suatu negara)

 

Lihat Juga: 9 Metode Perhitungan Indeks Harga dan Contohnya [Rumus]

 

Faktor yang Mempengaruhi Kurs Valuta Asing (Valas)

Ada beberapa faktor yang disinyalir sebagai pengaruh kurs valuta asing yakni seperti dibawah ini:

  • Perubahan pada harga dari barang ekspor
  • Perubahan dalam cita rasa masyarakat
  • Timbulnya kenaikan harga umum (inflasi)
  • Perkembangan ekonomi
  • Perubahan dalam tingkat bunga

 

Pelaku Pasar Valas (valuta asing)

Sering muncul pertanyaan tentang pasar valuta asing dan pertanyaan tentang kurs valuta asing. Sebenarnya Pelaku pasar valas sendiri terdiri dari 6 pihak yaitu dealer, perusahaan atau perorangan, spekulan dan arbitrator, bank sentral, pialang, dan pemerintah.

  1. Dealer atau market maker mempunyai fungsi untuk membuat pasar menjadi lebih bergairah, dimana dealer ini akan dikhususkan pada mata uang tertentu yang persediaannya telah ditentukan.
  2. Perusahaan atau perorangan biasanya menggunakan valas sebagai media transaksi perdagangan, dimana valas ini akan membantu untuk memperlancar transaksi bisnis dari perusahaan atau perorangan tersebut.
  3. Spekulan atau arbitrator adalah orang yang akan mengeksploitasi akibat adanya perbedaan kurs antar valuta asing, dimana mereka akan mengambil keuntungan yang besar saat terjadinya fluktuasi besar di pasar valuta asing.
  4. Kemudian peran bank sentral dalam pasar valuta asing adalah menstabilkan nilai tukar dari mata uang negaranya, kegiatan mereka ini sering disebut sebagai kegiatan intervensi.
  5. Lalu pialang merupakan pihak yang menjadi perantara antara dealer dan pihak-pihak bank di dunia, dimana tugasnya adalah mempertemukan permintaan dan penawaran atas mata uang tertentu.
  6. Pihak terakhir yang berperan dalam pasar valuta asing adalah pemerintah, dimana tujuan pemerintah bertransaksi menggunakan valas adalah untuk menerima semua pendapatan luar negeri yang harus ditukar kembali ke mata uang lokal dan untuk membayar hutang-hutang yang ada di luar negeri.

 

Lihat Juga: Cara Lengkap Perhitungan Bunga Deposito Bank

 

Kelebihan dari Pasar Valuta Asing

Berikut ini terdapat beberapa kelebihan dari pasar valuta asing antara lain yakni:

  1. Transaksi bisa dilakukan 24 jam
  2. Untuk biaya transaksi cukup murah
  3. Dari daya beli investor melebihi jumlah modal yang tersedia
  4. Kenaikan ataupun penurunan harga pada mata uang dapat dijadikan sebuah keuntungan jika bisa mengambil kesempatan

 

Kekurangan dari Pasar  Valuta Asing

Berikut ini terdapat beberapa kekurangan dari pasar valuta asing antara lain yakni:

  1. Begitu mudah dilakukan oleh masyarakat menengah kebawah
  2. Resiko kurs pertukaran tidak dapat dipastikan serta susah untuk diprediksi
  3. Asal dari suatu negara dapat dijadikan kesuksesan sebab adanya resiko yang muncul karena adanya campur tangan dari pihak pemerintah pada mata uang yang sedang diperdagankan.
Rumus untuk menghitung kurs jual dan kurs beli
Kurs Beli: Nilai Mata Uang Asing X nilai Rupiah

Kurs Jual: Nilua Rupiah : Nilai mata uang asing

 

 Pengertian, fungsi, dan tujuan valuta asing beserta para pelaku pasarnya tersebut dapat anda jadikan modal pengetahuan apabila anda berminat untuk berkecimbung dalam transaksi valuta asing tersebut. Semoga bermanfaat.

Please rate this