Hubungan Akidah, Syariah, dan Akhlak

1 min read

Khanfarkhan.com – Jika diibaratkan sebuah bangunan, akidah (iman) merupakan pondasi agar dapat tegaknya bangunana tersebut, tanpa ada fondasi bangunan tidak akan berdiri tegak.

Iman membutuhkan pengalaman berupa ketaatan dalam menjalankan ketentuan dalam menjalankan ketentuan-ketentuan allah (menjalankan apa yang diperintahkan dan meninggalkan apa yang dilarang) yakni syariah yang digambarkan dengan tiang penyannga.Akan menjadi sempurna apabila diiringi dengan akhlak dan perilaku mulia.

 

Hubungan Akidah, Syariah, dan Akhlak

Dilain sisi, bangunan keagamaan ini tidak dapat tegak tanpa tiang-tiang penyangga, yakni syariah. Artinya, iman itu menuntut pengamalan sehingga akan membuahkan ahlak yang baik pula. Hal ini dijelaskan secara tegas dalam firman allah dalam Qs 2:208..

                “Wahai orang-orang yang beriman, masuklah kedalam islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkas setan. Sungguh ia musuh yang nyata bagimu.”

Kesesuaian dan keselarasan antara akidah, syariah, dan akhlak yang saling terkait, antara lain dapat kita cermati dari hadis Nabi berikut ini.

  1. “Tidak beriman orang yang tertidur dalam keadaan kenyang sementara tetangganya tidak bisa tidur karena lapar.”(HR Bukhara & AL Hakim”
  2. “Tidak ada pezina yang di saat berzina dalam keadaan beriman, tidak ada pencuri yang disaat mencuri dalam keadaan berimana. Bgitu pula tidak ada peminum khamar disaat meminum dalam keadaan beriman.” (HR Bukhari Muslim)

Dalam pengembanga ilmu apa pun di dunia ini termasuk akuntansi syariah, hendaknya dimula darii niat yang iklas untuk mengharap ridha Allah SWT, untul kemudian dilanjutkan menggunakan olah pikir yang didasari dan dijiwai oleh nilai akidah,syariah, dan akhlak islami untuk kebajikan manusia di dunia dan akhirat.

 

Demikianlah tadi  penjelasan mengenai Hubungan Akidah, Syariah, dan Akhlak semoga dengan penjelasan saya di atas dapat membantu anda terimakasih.

 

Kunjungi Juga :

  1. Pengertian Amortisasi dan Contoh Soal beserta Jurnalnya
  2. Contoh dan Tujuan Laporan Perubahan Ekuitas Perusahaan Jasa
  3. Inilah 12 Contoh Bukti Transaksi Perusahaan
  4. Pengertian, Ciri Ciri serta Kelebihan dan Kekurangan Ekonomi Kapitalis

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *