12 Dampak Positif dan Negatif Pembangunan Ekonomi Di Indonesia

4 min read

 

12 dampak positif dan negatif pembangunan ekonomi di Indonesia sebagian orang telah ikut merasakannya. Terlebih sejak periode 2014 pemerintah gencar melakukan pembangunan.

12 dampak positif dan negatif pembangunan ekonomi di Indonesia bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat. Tujuan dilakukannya pembangunan tidak lain untuk meningkatkan kualitas hidup dan peningkatan ekonomi yang goals nya mencapai masyarakat sejahtera. Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah untuk mencapai tujuan tersebut. Namun dalam pelaksanaannya terkadang menimbulkan beberapa dampak negatif.

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Apa itu pembangunan ekonomi?

Secara umum pembangunan ekonomi ialah sebuah proses yang menimbulkan bertambahnya pendapatan perkapita dan pendapatan total suatu penduduk di masyarakat dengan metetap memperhitungkan semakin bertambahnya penduduk yang disertai dengan adanya perubahan fundamental di dalam struktur ekonomi pada suatu negara dan masyarakatnya, yakni perubahan baik segi teknologi, kelembagaan ataupun pola pikir dari masyarakatnya.

Dengan adanya pembangunan ekonomi mampu mendorong tumbuhnya ekonomi di dalam suatu negara. Sebaliknyapun begitu, pertumbuhan ekonomi akan memperlancar proses pembangunan ekonomi. Itulah mengapa pembangunan ekonomi dalam suatu negara begitu bergantung pada pertumbuhan ekonomi negara tersebut.

 

Lihat Juga: Pengertian, Dampak, Tujuan dan Perencanaan Pembangunan Ekonomi

 

Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi

Perbedaan antara pembangunan ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi dapat kita lihat dari hasilnya, pertumbuhan ekonomi mempunyai hasil yang sifatnya kualitatis yakni bukan hanya pada pertumbuhan produksi, akan tetapi bisa bisa perubahan-perubahan dalam alokasi input serta struktur produksi pada seluruh sektor dalam perekonomian seperti, teknik, sosial, lembaga dan pengetahuan.

Sedangkan kalau pembangunan ekonomi tentunya mempunyai hasil yang sifatnya kuantitatif yakni kenaikan dalam tingkat output produksi yang  hasilnya bersumber dari kenaikan standar pendapatan.

 

A. Dampak Positif Pembangunan Ekonomi Di Indonesia

Ketika pemerintah menetapkan sebuah kebijakan terutama di bidang pembangungan pasti membawa sebuah konsekuensi yang harus ditanggung. Kosekuensi tersebut tidak hanya ditanggung oleh pemerintah sebagai pembuat kebijakan saja, namun juga terkadang rakyat harus ikut mengemban akibat yang ditimbulkan oleh kebijakan tersebut. Berikut dampat positif dan negatif pembangunan ekonomi di Indonesia.

12 Dampak Positif dan Negatif Pembangunan Ekonomi Di Indonesia
Dampak Positif Pembangunan Ekonomi

1. Akses Kemudahan Yang Bisa Dirasakan Semua Orang

Dampak positif dilakukannya pembangunan oleh pemerintah yang bisa kita rasakan saat ini salah satunya yaitu akses kemudahan. Dibangunnya sarana infrastruktur berupa tower-tower telekomunikasi dan jaringan provider membuat semua orang bisa menikmati akses internet dengan bebas. Selain itu, akses internet juga digunakan untuk mempermudah pelayanan yang dilakukan pemerintah kepada masyarakat. Misalnya saat ini pembayaran bisa dilakukan dengan sistem online.

Kemudian dampak positif lain yang ditimbulkan dari pembangunan, saat ini dapat dirasakan bahwa sistem jaminan sosial yang semakin membaik. Pembangunan di segala bidang turut menjamin jaminan sosial yang diberikan kepada masyarakat. Saat ini hampir semua orang dapat merasakan manfaat jaminan sosial baik jaminan kesehatan, pendidikan, hari tua, bahkan kematian. Hal tersebut bisa kut dirasakan oleh setiap orang tanpa memandang pekerjaan orang tersebut.

 

Lihat Juga: Pengertian, Macam-Macam, Tujuan dan Contoh Motif Ekonomi [Lengkap]

 

2. Kualitas Lingkungan Yang Semakin Tertata

Dampak positif dan negatif pembangunan ekonomi di Indonesia yang saat ini bisa dirasakan salah satunya yaitu peningkatan kualitas lingkungan ke arah yang lebih baik. Dibangunnya pemukiman penduduk bagi warga kurang mampu dinilai cukup mengurani kawasan pemukiman kumuh, terutama di daerah kota besar seperti Jakarta. Pemukiman baru yang berbentuk rumah susun dinilai menghemat ruang dan kondisi menjadi lebih tertata.

Lain dengan daerah perkotaan, di pedesaan pun saat ini dampak positif pembangunan sudah dapat dirasakan. Misalnya saat ini desa-desa diluar Pulau Jawa hampir semuanya telah teraliri listrik. Hal tersebut jelas sangat bermanfaat bagi masyarakat desa sana. Selain itu, pembangunan jalan beraspal juga sedang gencar dilakukan untuk mempermudah arus transportasi terutama di daerah-daerah yang lokasinya cukup terpencil dan terisolir.

3. Karena adanya pertumbuhan ekonomi, pelaksanaan kegiatan perekonomian dalam sebuah negara akan semakin lancar dan terus membaik sehingga akan mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat suatu negara. Contohnya seperti, perusahaan semakin banyak, banyaknya infrastruktur, taraf pendidikan semakin tinggi serta semakin meningkatnya teknologi.

4. Pembangunan ekonomi yang semakin maju akan memperluas lapangan pekerjaan yang diperlukan masyarakat maka akan mengurangi jumlah pengangguran dalam negara tersebut.

5. Adanya dampak baik dari pembangunan ekonomi terhadap kegiatan perenkonomian yang dilakukan oleh suatu negara dan akan lebih dinamis serta seragam seperti perubahan perekonomian suatu negara dari ekonomi agraris berubah menjadi ekonomi industri.

6. Semakin bertambahnya lapangan pekerjaan karena adanya pembangunan ekonomi secara langsung dan memilik dampak yang baik pada pendapatan nasional.

7. Didalam lingkungan masyarakat hidup menjadi lebih nyaman dan indah sebab salalu diadakan perbaikan dinegara tersebut.

8. Fasilitas umum dalam kehidupan masyarakat akan bertambah dan terpenuhi sebab selalu ditingkatkan.

 

Lihat Juga: 7 Teori – Teori Pertumbuhan Ekonomi (Klasik, Rostow, Hostoris, Modern)

 

B. Dampak Negatif Pembangunan di Indonesia

Selain dampak positif ternyata di sisi lain kegiatan pembangunan membawa dampak negatif. Salah satu yang saat ini kita rasakan yaitu semakin berkurangnya lahan pertanian produktif. Di tempat tertentu, lahan pertanian banyak yang dijadikan pabrik-pabrik besar, perumahan, dan gedung kantor. Ketika lahan pertanian semakin berkurang, maka secara otomatis ketersediaan pangan pun ikut berkurang. Inilah salah satu penyebab saat ini Indonesia terus melakukan impor bahan pangan.

12 Dampak Positif dan Negatif Pembangunan Ekonomi Di Indonesia
Dampak Positif Pembangunan Ekonomi

1. Ekosistem Menjadi Terganggu

Pembangunan yang gencar dilakukan oleh pemerintah terutama pembangunan yang membuka lahan hutan, otomatis mengakibatkan ekosistem menjadi terganggu. Banyak satwa liar dan tanaman endemik yang mati bahkan saat ini terancam punah. Ditambah dengan kesadaran masyarakat yang kurang memperhatkan lingkungan semakin menambah terganggunya ekosistem.

2. Hasil dari pembangunan ekonomi akan menimbulkan adanya kerusakan lingkungan hidup dalam sebuah masyarakat jika pembangunan ekonomi tersebut tidak terencana secara baik dan benar. Contohnya, dengan bermunculan pabrik-pabrik industri justru menimbulkan pencemaran Air, Udara dan lain-lain.

3. Banyaknya industrialisasi akan menimbulkan kurangnya lahan pertanian di lingkungan masyarakat. Ada banyak lahan-lahan yang dipakai untuk industri sehingga lahan pertanian akan menjadi berkurang.

4. Punahnya kehidupan alam baik habitat hewani dan hayati. Sebab semakin berkurangnya lahan pertanian sehingga habitat hayati seperti tumbuh-tumbuhan dan hewani akan berkurang.

 

10 dampak positif dan negatif pembangunan ekonomi di Indonesia tersebut perlu diperhatikan baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Jangan sampai yang bekerja hanya satu sisi baik hanya pemerintah atau masyarakat saja. Namun keduanya harus bersinergi untuk mencapai Indonesia menjadi yang lebih baik.

Sebenarnya pembangunan ekonomi ini merupakan sebuah tindakan yang baik, ada banyak sekali dampak positifnya dari pada dampak negatifnya. Sebab pembangunan ekonomi ini sangatlah penting sekali dalam suatu negara. Dengan adanya pembangunan ekonomi ini diharapkan dapat terus meningkat sepanjang tahun untuk bisa menjadi negara yang maju. Dan poin pentingya dalam pembangunan ekonomi yang semakin terus lancar dan membaik dari tahun ketahun.

 

Perekonomian dalam suatu negara bisa dinyatakan sudah berkembang jika pendapatan perkapita negara tersebut akan menigkat dari tahun ketahun. Pembangunan ekonomi adalah suatu kegiatan aktif yang wajib dijalankan setiap negara.

Terjadinya pembangunan ekonomi karena adanya beberapa faktor tertentu, akan tetapi pada hakikatny faktor-faktor tersebut dikelompokkan menjadi dua yakni faktor ekonomi dan faktor non ekonomi. Yang salah satu diantaranya faktor ekonomi yang begitu mempengaruhi pembangunan ekonomi yakni sumber daya manusia (SDM).

 

Sumber daya alamnya antaralain, tanah, cuaca, tambang, iklim, hasil laut yang begitu mempengaruhi kegiatan industri dalam suatu negara, terutama sekalai dalam hasl kegiatan produksi industri tersebut namun sementara itu, kewirausahaan dan keahlian dipakai dalam mengelola bahan yang masih mentah dari alam menjadi suatu produk atau barang yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi.

 

Demikianlah tadi penjelasan mengenai 12 Dampak Positif dan Negatif Pembangunan Ekonomi Di Indonesia semoga dengan penjelasan diatas bisa membantu anda dan menambah wawasan untuk anda. Terimakasih atas kunjunganya dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainya:

 

Kunjungi Juga:

  1. [Terlengkap] Pengertian dan Contoh Barang Ekonomis, Barang Bebas Serta Barang Illith
  2. Pengertian, Penyebab, Jenis, dan Dampak Inflasi [Lengkap]
  3. 5 Model Perencanaan SDM Menurut Andrew E. Sikula
  4. 20 Cabang dan Macam-Macam Ilmu  Ekonomi Menurut Pendapat Ahli

 

 

 

Please rate this