Contoh dan Cara Menyusun Jurnal Pengeluaran Kas

2 min read

Contoh dan Cara Menyusun Jurnal Pengeluaran Kas

Khanfarkhan.comDalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan mengenai jurnal pengeluaran kas karena tentunya setiap perusahaan akan menngeluarkan kas untuk keperluan pembelian barang dagang /jasa secara tunai, membayar utang kemudian membeli perlengkapan, membayar gaji dan biaya lain-lain.

 

Pengertian Jurnal Pengeluaran Kas

Jurnal pengeluaran kas merupakan jurnal yang dipakai untuk mencatat transaksi-transaksi yang berkaitan dengan pengeluaran kas.

Berikut ini ialah contoh analsisi transaksi yang berada di jurnal khusus pengeluaran kas.

1. Pembelian barang dagang tunai, bisa dianalisis menjadi:

  • Debet : pembelian
  • Kreedit : kas

2. Pembayaran utang dagang bisa dilakukan dengan 2 cara berikut ini :

  • Debet : utang usaha
  • Kredit : kas
  • Kredit : potongan pembelian

Untuk transaksi yang tidak biasa maka akan dicatat di kolom tersendiri yakni kedalam akun serba-serbi dan lawanya ialah kas. Contoh transaksinya berikut ini :

1. Pembayaran pembelian perlengkapan, jika dianalisis menjadi :

  • Debet : kolom serba serbi dengan nama akun perlengkapan
  • Kredit : kas

Iniliah contoh format kolom pada jurnal pengeluaran kas :

Contoh dan Cara Menyusun Jurnal Pengeluaran Kas

 

Baca Juga : Contoh Soal beserta Pengertian Jurnal Penjualan dan Pembelian

 

Contoh Transaksi Jurnal Pengeluaran Kas

Diketahui bahwa dalam bulan Juni 2017 sudah terjadi beberapa transaksi pengeluaran kas dalam PD Semangat dengan data sebagai berikut ini :

Tanggal 8 Juni 2017 telah terjadi pembelian barang dagang kepada toko Andi dengan tunai senilai Rp 1.500.000

Tanggal 10 Juni 2017 telah diterima kembali beberapa barang dagang dengan alasan rusak yang sudah terjual secara tunai pada toko Beni di tanggal 5 Juni 2017 senilai Rp 300.000

Tanggal 16 Juni 2017 melakukan pelunasan utang CV Andri Rp 1.650.000

Tanggal 20 Juni 2017 sudah dilakukan pembelian perlengkapan kantor dengan tunai pada toko Makmur senilai Rp 250.000

Taggal 30 Junil 2017 dilakukan pembayaran gaji karyawam seharga Rp 1.300.000

 

PD Sejahtera

Jurnal Pengeluaran Kas

Periode Juni 2017

Contoh dan Cara Menyusun Jurnal Pengeluaran Kas

 

Analisis Transaksinya 

a. Tanggal 8 Juni 2017 yakni transaksi pembelian barang dagang secara tunai, transaksi ini menimbulkan saldo kas berkurang karena dipakai untuk membeli barang dagangan, dan akun pembelian akan bertambah jadi posisi kas ada di sebelas kredit dengan saldo sesuai yang dikeluarkan yakni Rp 1.500.000 dan pembelian diposisi debet dengan nominal yang sama Rp 1.500.000

b. Transaksi tanggal 10 Juni 2017 ialah transaksi terjadinya retur penjualan atau penerimaan kembali barang dagang yang sudah terjual kepada pelanggan penyebabnya seperti diantaranya ialah kerusakan barang tersebut atau cacat, akibat transaksi ini maka PD Semangat harus mengeluarkan kas dan diberikan kepada Toko Andri sebanyak barang dijual tersebut.

sehingga telah jelas bahwa posisi kas ada diposisi kredit (karena saldonya sudah berkurang) dan bertambahnya transaksi retur penjualan diposisi debet dengan nominal Rp 300.000.

c. Transaksi tanggal 16 Juni 2017 merupakan transaksi pembayaran atau pelunasan hutang, sehingga PD Semangat mengeluarkan uang untuk membayar hutangnya sehingga saldo kas berkurang jadi posisi kas ada dikredit dengan nominal berdasarkan uang yang dikeluarkan.

Karena hutang sudah dibayar hutang tersebut menjadi berkurang maka posisi hutang berada di debet dengan nominal sesuai yang dibayarkan yakni Rp 1.650.000

d. Tanggal 20 Juni 2017 terjadi pembelian perlengkapan secara tunai, pengaruhnya saldo kas menjadi berkurang karena untuk membayar pembelian perlengkapan maka dicatat pada posisi kredit sebanyak yang yang dikeluarkan.

Namun pada perlengkapan mengalami penambahan karena sudah dilakukan pembelian, maka posisi perlengkapan berada di debet dengan nominal berdasarkan nilai perlengkapan tersebut.

e. Tanggal 30 Juni 2017 merupakan transaksi pembayaran beban. Seluruh transaksi pembayaran beban adalah transaksi yang akan mengurangi saldo kas seperti transaksi pembayaran beban gaji, disebabkan pembayaran gaji sehingga akun kas dicatat di posisi kredit dan beba gaji di posisi debet sebanyak nilai uang yang dikeluarkan untuk membayar, pada data PD Semangat ialah Rp 1.300.000

Demikianlah tadi penjelasan mengenai Contoh dan Cara Menyusun Jurnal Pengeluaran Kas semoga dengan apa yang sudah saya jelaskan diatas bisa membantu anda. Terimakasih

Artikel Lainya :

  1. 13 Contoh Soal Jurnal Umum dengan Metode Periodik dan Perpetual
  2. 15 Contoh Transaksi dan Jawaban Jurnal Umum Perusahaan Jasa
  3. 9 Contoh Akun yang Memerlukan Jurnal Penyesuaian [Penjelasan]
  4. Inilah 12 Contoh Bukti Transaksi Perusahaan

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *