Contoh Serta Penjelasan Circular Flow Diagram 2, 3 dan 4 Sektor

3 min read

Manfaat diagram arus lingkar kegiatan ekonomi – Masing-masing para pelaku kegiatan ekonomi memainkan dua peranan dalam arus lingkaran kegiatan ekonomi, yakni sebagai produsen (Household) atau sebagai Konsumen (Firm).

Apabila dari kedua peranan tadi dikaitkan dengan sebuah pola, maka akan terbentuklah hubungan timbal bail atau sirkulasi flow yang dalam istilah ekonominya disebut sebagai arus lingkaran kegiatan ekonomi.

 

Arus kegiatan ekonomi dapat berlangsung diantara para pelaku ekonomi itu sendiri. Jadi, yang perlu kita ketahui saat ini ialah bagaimana proses itu berlangsung ?

Contoh Serta Penjelasan Circular Flow Diagram 2, 3 dan 4 Sektor
Circular Flow of Economic Activity

Oleh sebab itu pada pembahasan kali ini di jelaskan dalam beberapa modal yakni perekonomian terbuka, perekonomian tertutup dan perekonomian sederhana.

 

 

Pengertian Circular Flow

Circular Flow atau siklus aliras pendapatan merupakan suatu model yang memperlihatkan bagaimana interaksi antar pelaku ekonomi menghasilkan pendapatan yang dipakai sebagai pengeluaran dalam upaya meningkatkan nilai kegunaan (utility) masing-masing para pelaku ekonomi.

Pada model Circular Flow membagi perekonomian menjadi empat sektor yakni:

  1. Sektor Rumah Tangga (Households Sector) yang didalamnya terdiri atas sekumpulan individu yang dianggap sebagai homogen serta identik.
  2. Sektor Perusahaan (Firm Sector) dimaan didalamnya terdiri dari sekumpulan perusahaan yang memproduksi barang serta jasa.
  3. Sektor Pemerintah (Government Sector), yang mempunyai kewenangan politik untuk mengatur kegiatan masyarakat.
  4. Sektor Luasr Negeri (Foreign Sector) yakni sektor perekonomian dunia, yang semua kegiatan perekonomian didalamnya melakukan transaksi ekspor-impor.

Dibawah ini akan saya jelaskan konsep circular flow diagram secara jelas dan lengkap, simak penjelasanya berikut ini:

 

LIhat Juga: 12 Dampak Positif dan Negatif Pembangunan Ekonomi Di Indonesia

 

A. Perekonomian (Circular Flow Diagram) 2 Sektor Sederhana

Perekonomian sederhana merupakan sebuah aliran-aliran yang memperlihatkan perputaran arus uang serta barang diantara dua pelaku kegiatan ekonomi diantaranya ialah rumha tangga produsen (perusahaan) dan rumah tangga keluarga.

Pada diagram perekonomian 2 sektor yang ada dibawah ini akan dijelaskan mengenai aliran pendapatan pada perekonomian yang hanya akan melibatkan dua pelaku kegiatan ekonomi. Coba anda pahami diagram dibawah ini:

Contoh Serta Penjelasan Circular Flow Diagram 2, 3 dan 4 Sektor
Diagram siklus interaksi antar pelaku kegiatan ekonomi 2 sektor

Apabila anda perhatikan pada diagram diatas mencerminkan, kalau sektor rumah tangga akan menjuadl faktor produksi kepada sektor rumah tangga produsen (perusahaan), agar bisa memperoleh pendapatan.

Denga begitu faktor produksi yang diberikan oleh sektor rumah tangga konsumen didalmnya meliputi tanah, tenaga kerja, keahlian atau modalnya kepada perusahaan (garis a).

Pada kasus ini, perusahaan akan memberikan balas jasa atas faktor produksi yang sudah diberikan pihak sektor rumah tanga. Dimana balas jasa tersebut akan berupa:

  • Gaji bagi tenaga kerja
  • Upah
  • Sewa atau bunga untuk modal
  • Sewa untuk tanah
  • Keuntungan bagi keahlian (garis b)

 

LIhat Juga: 5 Model Perencanaan SDM Menurut Andrew E. Sikula

 

Sektor rumah tangga secara otomatis memiliki pendapatan yang dapat dibelanjakan (pendapatan sesudah dikurnagi tabungan dan pajak) dalam sektor perusahaan yang berupa pembelian barang dan juga jasa (garis c bawah), hal tersebut disebabkan karena balas jasa (atas faktor produksi yang telah mereka berikan kepada perusahaan) dimiliki oleh sektor rumah tangga konsumen.

Kemudian, barang dan jasa tersebut akan langsung diserahkan oleh sektor rumah tangga produsen kepadaa sektor rumah tangga konsumen (garis d).

 

 

B. Perekonomian (Circular Flow Diargam) 2 Sektor Tertutup

Perekonomian 3 sektor yang dimaksud disini ialah aliran atau perputaran arus uang dan barang diantara tiga pelaku kegiatan ekonomi yakni pemerintah denga rumah tangga serta perusahaan.

Anda bisa perhatikan diagram berikut ini yang merupakan diagram pada aliran interaksi perekonomian 3 sektor. Silahkan anda perhatikan gambar diagram 3 dibawah ini.

Diagram siklus interaksi antar pelaku kegiatan ekonomi 2 sektor
Diagram siklus interaksi antara pelaku kegiatan ekonomi (circular flow diargam) 3 sektor.

 

Tahukah anda ?

Hal-hal apa saja yang merupakan kebocoran dalam siklus aliran pendapatan? Jawabanya ialah komponen seperti tabungan (S; Saving), Pajak (T: Tax) dan impor (M: Impor) menurut Teori Ekonomi Mikro ialah kebocoran bagi siklus pendapatan sebab jika ditambah menimbulkan penurunan pendapatan nasional.

 

Kemudian komponen apa saja yang dapat meningkatkan pendapatan nasional ?

Ekspor (X: Ekspor), Pengeluaran pemerintah (G: Government) dan Investasi (I: Investasi) adalah suntikan (injections) dalam siklus aliran pendapatan, dan apabila ditambahkan akan meningkatkan pendapatan nasional.

 

LIhat Juga: 5 Peran dan Manfaat Pasar Modal dalam Perekonomian Indonesia

 

C. Perekonomian (Circular Flow Diagram) 4 Sektor Terbuka

Disini dijelaskan bahwa perekonomian 4 sektor merupakan kegiatan perekonomian yang menyebabkan arus barang serta jasa yang berasal dari dalam negeri ke luar negeri (ekspor) bisa juga sebaliknya (impor).

Perhatikan gambar diagram dibawah ini, yang merupakan diagram pada aliran interaksi perekonomian 4 sektor berikut ini:

Diagram siklus interaksi antara pelaku kegiatan ekonomi (circular flow diargam) 3 sektor.
Gambar diagram siklus interaksi antar pelaku kegiatan ekonomi 4 sektor.

Diatas anda bisa perhatikan, dari bagan 1,2,3 yang ada diatas bisa kita lihat letak perbedaan antara interaksi dari pelaku ekonomi dalam perekonomian sederhana (diagram 1), perekonomian tertutup (diagram 2) serta perekonomian terbuka (diagram 3).

Disebuah penjuru dunia tiap-tiap negara saat ini telah melakukan interaksi ekonomi dengan melibatkan sektor luar negeri didalmnya. Perekonomian domestik merupakan sektor rumah tangga perusahaan serta pemerintah.

Jika sebuah negara tidak melakukan interaksi dengan sektor luar negeri. Maka perekonomian tersebut dinamakan sebagai perekonomian tertutup (closed economy). Sedangkan jika perekonomian mengalami interaksi dengan sektor luar negeri, maka ditandai dengan mekanisme impor dan juga ekspor.

 

 

Apa itu ekspor dan Impor?

Ekspor adalah aliran pendapatan dari perekonomian luar negeri ke perekonomian domestik, lalu kalau impor sediri adalah aliran pengeluaran dari perekonomian domestik ke perekoniman luar negeri.

Sekianlah tadi penjelasan mengenai Contoh Serta Penjelasan Circular Flow Diagram 2, 3 dan 4 Sektor semoga dengan apa yang sudah saya sampaikan diatas dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan untuk anda dan diri saya. Terima kasih atas kunjunganya dan jangan lupa untuk kasih bintang ya !!

 

Please rate this