Cara Lengkap Membuat Neraca Lajur (Video Tutorial) dalam Perusahaan

1 min read

 

 Cara Lengkap Membuat Neraca Lajur (Video Tutorial) dalam Perusahaan

Cara Lengkap Membuat Neraca Lajur dalam PerusahaanMenyusun neraca lajur atau kertas kerja ternyata cukup mudah dan sederhana, walupun demikian kita juga harus memperhatikan dengan cermat agar tidak salah.

Artinya tidak salah pada saat memindahkan dan menjumlahkan akun saldo dari masing-masing kolom di neraca lajur. Mari kita simak bahasan tentang bentuk dan contoh neraca  lajur.

 

Pengertian Neraca Lajur

 

Apa itu neraca lajur ?

Neraca lajur atau yang sering disebut dengan kertas kerja adalah sebuah laporan yang terdiri dari beberapa kolom yang berisi informasi data akuntansi yang akan digunakan dalam proses pembuatan laporan keuangan.

Yang perlu di persiapkan sebelum menyusun neraca lajur ialah catatan saldo dan jurnal penyesuaian sehingga bisa diperoleh laporan laba rugi dan neraca.

Sangat penting untuk diingat bahwa neracaa lajur merupakan laporan keuangan, namun neraca lajaur ialah alat bantu untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan.

 

Cara Lengkap Membuat Neraca Lajur (Video Tutorial) Perusahaan

 

Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan neraca yaitu sebagai berikut:

Cara Lengkap Membuat Neraca Lajur dalam Perusahaan

1. Langkah yang pertama yaitu menyiapkan dan membuat format/bentuk neraca lajur seperti table diatas.

Cara Lengkap Membuat Neraca Lajur dalam Perusahaan

2. Selanjutnya pindahkan akun-akun beserta jumlah saldo perkiraan pada kolom neraca saldo.

Penting untuk diingat terkadang sering terjadi kekinian untuk memindahkan data yang ada pada neraca saldo, jadi pindahkan akun dan jumlah saldonya dengan teliti dan cermat dan sesuai dengan yang tercatat pada kolom neraca saldo,

 

3. Akun yang berada dikolom neraca kemudian dijumlahkan pastikan kedua kolom memiliki jumlah yang balance dan seimbang. Hal ini juga bisa menunjukan ketepatan saat memindahkan akun di langkah pertama tadi.

 

4. Masukan informasi akun-akun yang sudah disesuaikan yang terdapat pada jurnal penyesuaian di kolom sebelah neraca saldo, pastikan nama akun yang tidak terdapat pada neraca saldo ditambahkan dibagian bawah dan menyesuaikan dengan kode akunya.

Kemudian jumlahkan saldo jurnal penyesuaian sampai ditemukan angka yang seimbang atau balance.

 

5. Di kolom neraca setelah disesuaikan, yang perlu dilakukan adalah menjumlahkan kolom debet di neraca saldo dengan kkolom debet penyesuaian sesuai dengan jenis akunya, begitupun dengan kolom kredit neraca di jumlahnya dengan kolom kredit di penyesuaian.

 

6. Periksa ulang kembali dan jumlahkan hasil penjumlahan neraca setelah penyesuaian tersebut

 

7. Dalam laporan laba rugi yang dilakukan adalah dengan memindahkan saldo akun nominal.

Saldo nominal merupakan akun tersendiri dari pendapataan dan beban. Sedangkan yang disebut dengan ril ialah akun perkiraan selain pendapatan dan beban

 

8. Seluruh saldo yang ada di debet maupun kredit pada kolom laba rugi agar langsung dijumlahkan. Hasilnya adalah selisih antara pendapatan dan beban.

Jika jumlah kolom kredit lebih besar itu artinya laba/keuntungan perusahaan dan jika sebaliknya atau jumlah debat lebih besar artinya kerugian perusahaan.

 

9. Langkah selanjutnya jumlahkan dan cek masing-masing kolom debet dan kredit dan periksa jumlah seimbang.

 

10. Lakukan hal yang sama dengan langkah sebelumnya dengan menjumlahkan masing-masing kolom pada jenis neraca.dengan memasukan akun dan jumlah saldo masing-masing akun kecuali pendapatan beban dan akumulasi penyusutan.

 

Tutorial Membuat Neraca lajur

Untuk lebih lengkapnya kamu bisa tonton turorialnya dibawah ini :

 

 

Demikianlah penjelasan mengenai Cara Lengkap Membuat Neraca Lajur dalam Perusahaan semoga dapat bermanfaat bagi  anda sekian dan terima kasih.

 

Artikel Terkait :

  1. Pengertian dan Fungsi Bukti Transaksi Serta 5  Manfaatnya
  2. Pengertian dan Contoh Bentuk Buku Besar Perusahaan
  3. Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Contoh Jurnal Umum
  4. Pengertian, Jenis dan Manfaat Jurnal Khusus dalam Akuntansi

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *