Cara Membuat Dan Posting Buku Besar Akuntansi Perusahaan Jasa

2 min read

Buku Besar Akuntansi 4 Kolom – Ada banyak sekali pertanyaan yang sering muncul dari seseorang yang baru belahar akuntansi mengenai cara membuat buku besar? Atau bagaimana cara memposting jurnal kedalam buku besar.

Apabila sekarang ini anda merasa kebingungan untuk  untuk membuat buku besar maka anda bisa penjelasan dibawah ini karena dalam pembahasan kali ini saya akan membahas mengenai langkah-langkah dalam membuat buku besar akuntansi dengan mudah dan secara benar.

Kunjungi Juga: Pengertian Fungsi dan Contoh Buku Besar bentuk T , Skontro serta Stafell

 

Pada dasarnya untuk buat buku besar atau istilahnya memposting kedalam buku besar adalah sesuatu yang terbilang mudah jika anda memahami dasar-dasarnya. Kenapa saya bilang mudah?

Sebab kita hanya perlu memindahkan saja saldo total dari tiap-tiap akun yang berada didalam jurnal kedalam buku besar. Dalam pembuatan buku besar di perusahaan jasa dilakukan secara berkala, maka apabila anda telah mencatat semua transaksi keuangan ke dalam jurnal umum maka anda bisa saja langsung memposting ke dalam buku besar.

 

Kunjungi Juga: Pegertian, Manfaat serta Contoh Buku Besar Pembantu Utang dan Piutang

 

Dengan begitu tanggal yang didalam jurnal umum akan tetap sama dengan tanggal yang ada didalam buku besar.

Pembuatan buku besar perusahaan jasa sendiri tidak lah sama dengan pembuatan buku besar yang ada didalam perusahaan dagang yang dilakukan pada akhir periode saja sebab proses posting jurnal khusus ke buku besar dilakukan secara periodik.

Maka langsung saja kita kepembahasan intinya, untuk anda yang mau tahu gimana sih cara membuat buku besar perusahaan jasa.

 

Cara Membuat Buku Besar 4 Kolom Perusahaan Jasa

Mekanisme yang dilakukan dalam membuat buku besar didalam perusahaan jasa ada 5, apa saja itu? Simak penjelasanya dibawah ini:

  1. Pertama mengisi tanggal proses posting buku besar dilakukan, tanggalnya harus sama dengan tanggal pada saat pencatatan yang dibuat dijurnal umum.
  2. Kedua anda bisa mengisi kolom keterangan, isilah kolom keterangan dengan nama akun-akun yang mempengaruhi buku besar akun tersebut. Apabila terdapat saldo awal untuk buku besar tersebut maka isikan dengan keterangan “saldo awal”
  3. Yang ketiga dengan mengisi kolom Referensi, isilah pada kolom reff ini dengan jenis atau nama jurnal yang diposting serta nomor halamnya, contohnya jurnal umum halaman 1, dapat disingkat menjadi JU 01
  4. Lalu keempat mengisi kolom debit dan juga kredit, isilah kolom kredit dan juga kolom debit berdasarkan dengan posisi akun tersebut dalam jurnal umum, contoh akun kas dalam jurnal umum letaknya di debit maka dalam buku besar letaknya juga tetap di debit.
  5. Terakhir mengisi kolom Saldo, isilah jumlah dari penambahan atau pengurangan sampai akhirnya nanti akan didapat saldo akhir buku besat akun tersebut.

 

Kunjungi Juga: Cara Membuat Neraca Saldo Perusahaan dari Buku Besar

 

Belajar Memposting Jurnal Umum ke Buku Besar Perusahaan Jasa

Sesudah anda membaca penjelasan diatas dan sudah paham baik prosedur pembuatan buku besar 4 kolom atau buku besat saldo rangkap diatas, maka supaya anda bisa lebih paham anda bias simak contoh kasus berikut ini dan supaya anda bisa berlatih untuk mengerjakanya.

Pada Tanggal 20 Januari 2018 “Toko Jaya” yang adalah usaha jahit pakaian wanita dan pria membeli sebuah peralatan jahit dengan Harga Rp 3.000.000. No Bukti Trasaksi yang tertera dalam bukti transaksi yakni BKK01

Sesuai dengan transaksi yang ada diatas maka jurnal umum yang bisa dibuat “Toko Jaya” ialah sebagai berikut:

Cara Membuat Dan Posting Buku Besar Akuntansi Perusahaan Jasa [Lengkap]
Buku Besar

Coba anda cermati dari jurnal umum yang ada diatas! Kolom Referensi (Ref) Jurnal Umum tersebut tidak terisi, mau kenapa? Alasanya ialah karena Jurnal Umum tersebut belumlah di posting ke buku besar.

 

Langkah-Langkah Posting Jurnal Umum Ke  Buku Besar

Pada jurnal umum yang sudah dibuat oleh “Toko Jaya” diatas bisa anda lihat kalau terdapat 2 nama akun yakni akun kas dan juga akun peralatan, Maka buku besar yang akan kita buat ada 2 yakni  buku besar kas dan juga buku besar peralatan.

Dibawah ini anda bisa perhatikan proses posting jurnal umum ke buku besar dengan yang di tunjukan dengan tanda panah :

Cara Membuat Dan Posting Buku Besar Akuntansi Perusahaan Jasa [Lengkap]

Didalam buku besar ini kita haruslah menyertakan ko akun yang terdapat pada posisi kanan pojok atas buku besar yang bersangkutan, nantinya kode akun ini dituliskan juga didalam kolom ref jurnal umum, sebagai bukti kalau jurnal umum tersebut telah diposting kedalam buku besar. Pada transaksi yang ada diatas maka kode yang dituliskan yakni kode 111 untuk akun kas sedangkan 121 untuk akun peralatan.

 

Demikianlah tadi penjelasan mengenai Cara Membuat Dan Posting Buku Besar Akuntansi Perusahaan Jasa semoga dengan apa yang sudah saya sampaikan diatas bisa membantu anda. Terimakasih banyak atas kunjunganya dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainya.

 

Kunjungi Juga: 

  1. 22 Contoh Transaksi dan Jawaban Jurnal Umum Perusahaan Jasa
  2. Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Contoh Jurnal Umum
  3. [Lengkap] Contoh-Contoh Transaksi Buku Besar Pembantu Utang Perusahaan Dagang
  4. 10 Contoh Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Dan Jawabanya

Please rate this