20 Cabang dan Macam-Macam Ilmu  Ekonomi Menurut Pendapat Ahli

3 min read

20 Cabang dan Macam-Macam Ilmu  Ekonomi Menurut Pendapat Ahli
Pembagian Ilmu Ekonomi

Macam-Macam Ilmu EkonomiTahukah anda ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang membahas mengenai  perilaku manusia dan berhubungan dengan aktivitas ekonomi dalam memenuhi kebutuhan hidupnya untuk memperoleh kesejahteraan. Contohnya saja seperti produksi, distribusi dan konsumsi.

Jika kita perhatikan seiring perkembangan zaman, dengan kemajuan ilmu ekonomi yang semakin pesat sekali dengan begitu sangat dicari oleh banyak sekali pihak, sebab hal tersebut maka munculah cabang ilmu ekonomi.

Pembagian & Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi

1. Ilmu Ekonomi Teori

Pengertian ilmu ekonomi teori ialah salah satu cabang ilmu  ekonomi yang mempelajari tentang hubungan yang tercipta soalnya terjadinya suatu peristiwa selanjutnya dirumuskan dalam bentuk hukum maupun teori yang dimana akan dipakai ketika menjelaskan peristiwa tersebut dan akan dibuat sebagai patokan ketika memecahkan sebuah permasalahan.

Maka dari itu ilmu ekonomi teori diklasifikasikan dalam dua kelompok yakni ekonomi makro serta ekonomi  mikro.

Pada dasarnya teori ekonomi terbagi atas ekonomi makro serta mikro :

  • Ekonomi Makro yakni khusus memperlajari metode kerja perekonomian secara keseluruhan. Ekonomi makro meneliti fenomena yang luas. Contohnya : tingkat pendapatan nasional. Pengganguran, inflasi, pertumbuhan ekonomi dan tingkat harga.
  • Ekonomi Mikro : yakni mempelajari mengenai perilaku individu dan rumah tangga produksi atau sebuah perusahaan dalam menciptakan keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang sangat terbatas.

5 Teori Perilaku Produsen [Pengertian, Tujuan dan Permasalahan]

2. Ilmu Ekonomi Terapan

Arti dari  ekonomi terapan sendiri adalah ilmu ekonomi yang berhubungan erat sekali dengan ekonomi teori, hal ini ekonomi teori berperan dalam memberikan sebuah teori serta rumusan yang bisa dijadikan sebuah acuan atau patokan, berikutnya ilmu ekonomi terapan dalam menerapkan teori tersebut.

3. Ilmu Ekonomi Deskriptif

Arti ekonomi deskriptif merupakan sebuah ilmu ekonomi yang bisa mengungkapkan serta memvisualkan seluruh unsur yang berhubungan dengan kondisi ekonomi secara nyata disebuah masyarakat. Tentunya ilmu ini berfungsi  untuk seluruh pihak supaya bisa mengerti keadaan ekonomi  saat  ini.

Contohnya : Jumlah angkatan kerja, struktur serikat, asal usul  serta sejarah Lembaga ekonomi.

Pengertian dan 3 Pendekatan Teori Analisis Stakholder Beserta Contoh

4. Ilmu Ekonomi Lingkungan

Definisi dari ilmu ekonomi lingkungan sendiri adalah ilmu ekonomi yang menjelaskan mengenai kejadian lingkungan yang berakibat terhadap kondisi ekonomi sebuah masyarakat. Ada 3 pokok yang wajib dibahas dalam ilmu ekonomi lingkungan ini yakni :

  1. Degradasi lingkungan serta sumber daya alam yang saat ini mulai berkurang dan berakibat pada tingkat kesejahteraan masyarakat yang menjadi turun.
  2. Penyimpanan dan kesalahan yang sumbernya dari kegiatan perekonommian di masyarakat yang mengakibatkan kepada kerusakan lingkungan.
  3. Mencari solusi atas masalah terjadinya kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh kegiatan ekonomi.
20 Cabang dan Macam-Macam Ilmu  Ekonomi Menurut Pendapat Ahli
Bagan Pembagian Ilmu Ekonomi

 

5. ilmu Ekonomi Evolusioner

Arti ekonomi adalah salah satu cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang perubahan yang terjadi dalam perekonomian dari awal sampai saat ini, yang dibahas dalam ilmu ekonomi ialah perkembangan, kemajuan, kemunduran, usaha-usaha alternative.

6. Ilmu Ekonomi Eksperimental

Yakni cabang ilmu ekonomi yang berfokus terhadap penelitian tentang apa yang terjadi dalam dunia perekonomian, dimana hasil dari penelitian inni supaya memberikan informasi terhadap masyarakat untuk bekal dalam beraktivitas ekonomi.

7. Ilmu Ekonomi Kesehatan

20 Cabang dan Macam-Macam Ilmu  Ekonomi Menurut Pendapat Ahli
Ilmu Ekonomi Kesehatan

Definisi dari ilmu kesehatan sendiri dapat dikatakan sebagai salah satu cabang ilmu yang mempunyai peranan dalam menganalisis segala kegiatan dalam kesehatan. Contohnya saja  seperti pembelanjaan untuk kesehatan serta ketenagakerjaan di bidang kesehatan.

Dan tentunya ilmu ini mempunyai sebuah tujuan yakni menggeneralisakan semua informasi tentang biaya dan laba yang sudah diperoleh lewat cara alternative dalam pencapaian tujuan yakni Kesehatan mmasyarakat.

8. Ilmu Ekonomi Matematik (Ekonometrika)

20 Cabang dan Macam-Macam Ilmu  Ekonomi Menurut Pendapat Ahli
Ilmu Ekonomi Matematik

Apa itu ilmu ekonomi matematik ? yakni suatu ilmu yang menjelaskan mengenai gejala yang terjadi dalam kegiatan perekonomian lewat sebuah metode matematik dan statistic. Ilmu ekonomi matematik ini dipakai guna memperkirakan gejala serta masalah yang akan terjadi dimasa akan datang.

9. Ilmu Ekonomi Moneter

20 Cabang dan Macam-Macam Ilmu  Ekonomi Menurut Pendapat Ahli
Ilmu Ekonomi Moneter

Definisi dari ilmu ekonomi moneter ialah salah satu  cabang ilmmu ekonomi dimana menjelaskan mengenai fungsi, sifat serta pengaruh uang terhadap perekonomian di sebuah negara. Dalam ilmu ekonomi moneter juga menganalisa mengenai beberapa aspek, yakni antara lain perbankan, tingkat suku bunga, inflasi dan lain-lain. Apabila kita perhatikan ilmu ekonomi moneter ini memberikan solusi dalam membangun kestabilan perekonnomian masyarakat sebuah negara.

10. Ilmu Ekonomi Publik

Definisi dari ilmu ekonomi public sendiri ialah suatu cabang dari  ilmu ekonomi yang menjelaskan mengenai kebijakan pemerintah dalam suatu perekonomiandi suatu negara, contohnya saja seperti APBD dan APBN. Pada ilmu ini pemerintah dalam memunculkan ksetabilan serta kemakmuran rakyat.

11. Ilmu Ekonomi Industri

Definisi dari Ilmu ekonomi terapan yakni salah satu ilmu ekonomi yang menjelaskan mengenai aspek-aspek yang berkaitan dengan industry baik skala kecil maupun skala besar. Dan tentunya tujuan dari ilmu ekonomi industry ini ialah dengan menganalisa hubungan yang berada diantara struktur pasar dengan kebijakan sebuah perusahaan dalam menentukan keefektifan kerja dalam proses industry.

12. Ilmu Ekonomi Syari’ah

Definisi dari ekonomi Syariah atau biasa dikenal dengan kata ekonomu islam yakni suatu cabang ilmu ekonomi yang menjelaskan mengenai peneraapan nilai-nillai dan aturan islam dalam sebuah kegiatan perekonomian.

13. Ilmu Ekonomi Regional

Definisi dari ilmu ekonomi regional yakni menjelaskan mengenai suatu kegiatan industry ekonomi serta proses perkembanganya  antara suatu wilayah dengan wilayah lainya. Misalnya  saja seperti  demografi

14. Ilmu Ekonomi Internasional

Definisi dari ilmu ekonomi internasional ialah suatu ilmu ekonomi yang mejelaskan mengenai semua kegiatan perekonomian yang mengikutsertakan suatu negara dengan negara lainya. Misalnya saja seperti ekspor dan impor

15. Ilmu Ekonomi Sumber Daya

Secara  umum ilmu ekonomi sumber  daya ini dibagi menjadi 2 yakni :

  • Ilmu sumber daya alam merupakan suatu cabang ilmu ekonomi yang menjelaskan mengenai masalah dan alokasi dari sumber daya alam yang optimal serta memiliki nilai ekonomi.
  • Ilmu sumber daya manusia merupakan suatu cabang ilmu ekonomi yang menjelaskan mengeni hal yang berhubungan dengan factor sumber daya manusia.

Itulah tadi penjelasan mengenai 20 Cabang dan Macam-Macam Ilmu  Ekonomi Menurut Pendapat Ahli semoga denga  penjelasan diatas dapat membantu anda serta bermanfaat. Saya mengucapkan terimakasih banyak atas kunjunganya dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainya dibawah ini ya.

Artikel Lainya :

  1. Pengertian, Manfaat serta Tujuan Ekonomi Syariah [Lengkap]
  2. 5 Peran dan Manfaat Pasar Modal dalam Perekonomian Indonesia
  3. Pengertian, Tujuan dan Ciri Ciri (MEA) Masyarakat Ekonomi ASEAN
  4. Cara Mengatasi Inflasi dengan Kebijakan yang Benar

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *