8 Cara Membuat Merek terbaik Sepanjang Masa

2 min read

Khanfarkhan.com – Tentunya anda sudah mengetahui apa itu merek, karena perlengkapan anda sehari-hari seperti baju, celana, sepatu memiliki merek. Akan tetapi sebuah merek dengan kualitas baik akan menjadi daya tarik tersendiri.

Untuk sebuah perusahaan dagang, tentunya juga memilik merek akan tetapi jenis merek  apa yang menjadi peminat masyarakat banyak, berikut ini akan saya jelaskan bagaimana cara membuat merek terbaik.

 

Pengertian Merek

Merek ialah sebuah atribut-atribut produk atau kombinasi  seperti symbol, lambing, desain, warna, gerak dengan harapan mampu meemberikan identitas  dan diferensi terhadap produk pesaing.

Sebuah merek pada dasarnya adalah sebuah janji penjual yang diharapkan menyampaikan ciri-ciri ,manfaat dan jasa tertentu kepada para pemebil secara konsisten.

Apabila merek mampu memberikan jaminan kualitas yaitu jaminan tambahan sehingga bias dikatakan merek tersebut baik. Beerapa tujuan dengan digunakanya sebuah merek yakni :

  1. Mendapatkan daya tarik produk dengan alat promosi
  2. Agar mampu mengendalikan pasar
  3. Dengan memberikan sebuah jaminan kualitas, keyakinan, serta prestise tertentu kepada konsumen untuk membina citra.
  4. Dalam diferensiasi dan membedakan suatu produk perusahaan dengan perusahaan sainganya adanya suatu identitas sangat diperlukan dan memiliki manfaat bai

Didalam sebuah pemasaran adanya merek sangat berperan penting. Produk dan merek memiliki perbedaan yang cukup besar menurut (Aaker, 1996). Sesuatu yang dihasilkan pabrik bias dikatakan sebuah produk, namun sesuatu yang bias dibeli oleh konsumen dikatakan merek.

Keungulan dari sebuah merek ialah selalu memiliki keunikan yang cukup sulit untuk ditiru dibandingkan dengan produk yang sangat  mudah untuk ditiru. Dan yang sering terjadi adalah persaingan persepsi antar perusahaan bukanya pertarungan produk.

 

Fungsi Kegunaan Merek

Fungsi dari pemakaian merek yakni :

  1. Suatu alat promosi dengan hanya menyebut mereknya dalam mempromosikan hasil produksinya
  2. Suatu jaminan dari barang yang memiliki mutu
  3. Menunjukan barang tersebut berasal
  4. Dalam membedakan hasil produksi yang telah dihasilkan dari seseorang atau beberapa secara bersamaan atau suatu badan hokum dengan produksi orang lain yaitu tanda pengenal.

 

Baca Juga : 10 Jenis Strategi Pemasaran Produk [Lengkap]

8 Cara Membuat Merek terbaik Sepanjang Masa

Cara membuat Merek Anda terkenal di dalam Bisnis Online

Memiliki merek yang dikenal luas oleh banyak orang sangat diharapkan oleh setiap pengusaha. Bisa kita ambil dari sebuah kisah life cycle yang selalu mengisi merek-merek besar dalm lembar buku pelajaran yang dibahas oleh pelajar,akademisi dan para praktis bisnis yang ada diseluruh dunia.

Selanjutnya ada 8 cara yang dapat membuat merek anda menjadi terkenal dan popular dalam bisnis online seperti yang dijelaskan Mashable :

1. Bangunlah kredibilitas merek anda dengan menawarkan solusi dan berdiri diatas masalah dengan cara yang inovatif dan efektif sehingga dapat mengatasi kebutuhan konsumen.

Anda dapat menayangkan sebuah video sebagai testimoni untuk meyakinkan orang mengenai keunggulan produk yang anda miliki bahwasanya merek anda berkualitas.

 

2. Buatlah seolah-olah penonton masuk ke balik layar

 pada saat menayangkan produk didunia online, anda juga bisa mempertimbangkan untuk menayangkan kisah orang-orang yang sudah membuat sukses perusahaan anda.

Dengan memberikan tayangan-tayangan yang nyata dan kendit selama bekerja dalam perusahaan sehingga bisa menjadi daya Tarik tersendiri untuk konsumen.

 

3. Bertindak sebagai “orang dalam” pada industry yang anda digeluti

Sebenarnya  merek terafiliasi erat dengan karaakter anda, anda dapat  membuat bahwa anda sebagai orang yang terkemuka dan jurusan anda.

Dan sebagai contoh anda bisa memfasilitasi karyawan untuk membuat blog mengenai isu-isu yang ada hubunganya dengan industry anda. Seluruh hasil riset, artikel-artikel ataupun asset visual bisa anda tayangkan.

 

4. Memakai cara unik  dalam menceritakan jati diri merek anda

Menyatakan kesalahan tidak selalu berakhir buruk. Belajarlah dari pendiri facebook Mark Zuckerberg yang tidak malu dalam memceritakan bagaimana situasi buatanya mendunia pada saat itu dimulai dari kemarahan terhadap pacarnya  sendiri.

Adanya sebuah ikatan emosiaonal dengan merek  anda dari konsumen karena terjadinya bebrapa hal personal.

 

5. Membuat solusi yang interaktif

Hal yang mampu meningkatkan keterlibatan konsumen dalam merek anda dengan pendekatan yang unik dan interaktif. Ada beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan dengan membuat aplikasi, video sharing, video game, survey dan quiz.

 

6. Musyawarahkan masa depan dari merek anda

Dalam hal ini  anda tidak harus menyerahkan segalanya kepada konsumen, cukup dengan mengajak konsumen agar ikut bergabung daalam membantu  dan mengarahkan merek anda.

 

7. Hormatilah para pahlawan anda dan komunitas anda

Sepertin halnya  sebuah bisnis sama dengan kehidupan pribadi yang memiliki orang-orang yang mendukung perjalanya.

 

8. Bicarakan topik yang dekat dengan hati anda

Carilah  sesuatu yang menginspirasi untuk menjadi positioning TOMS bisa dikatakan sebagai  contohnya untuk hal ini, sebuah misi filantropi  untuk mendorong kinerja dari karyawan yang memiliki pemahaman yang sama namun juga mengajak konsumen

Demikianlah tadi penjelasan mengenai 8 Cara Membuat Merek terbaik Sepanjang Masa semoga penjelasan diatas bermanfaat bagi anda dan bisa membantu anda untuk kedepanya. terimakasih

Kunjungi Juga :

  1. 4 Trik Cepat Menentukan Targer Pasar Potensial Suatu Bisnis
  2. 5 Peran dan Manfaat Pasar Modal dalam Perekonomian
  3. 3 Jenis  Jenis Strategi Pemasaran Beserta Contoh dan Konsep
  4. Hubungan Pemasaran dengan Pasar dalam Suatu Perusahaan

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *