7 Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan Pemerintah [Lengkap]

2 min read

 7 Karakteristik Kualitatif Laporan keuangan pemerintah [Lengkap]

Khanfarkhan segala ukuran normative diwujudkan dalam system akuntansi agar dapat memenuhi tujuan disebut dengan karakteristik kualitatif laporan keuangan, Saya akan menjelaskan beberapa karakteristik dari Laporan Keuangan Pemerintah.

Karena alasanya hal ini merupakan suatu persyaratan normative yang dibutuhkan oleh pemerintah dalam penyajian laporan keuangan yang bisa dipenuhi kualitas yang diinginkan.

 

Pengertian Relevan Menurut Ahli

  • Menururt (Ainnon Mohd :2005)

Pengertian relevan ialah memiliki kaitandan hubungan erat dengan pokok masalah yang sedang dihadapi.

 

A. Syarat Laporan Keuangan Relevan

Informasi laporan keuangan dikatakan relevan apabila memenuhi syarat-syarat berikut ini yaitu :

a. Informasi memiliki manfaat umpan balik (feedback value)

Kemungkinan informasi yang disajikan akan dapat membuat pengguna untuk  mengoreksi rencana serta harapan atau ekspektasi dimasa lalu.

b. Informasi memiliki manfaat yang prediktif (predektif value)

Dengan memberikan informasi yang disajikan dapat membantu pengguna dalam memperkirakan keadaan dimasa  mendatang dengan perbandingan hasil masa lalu dan masa kini.

c. Tepat waktu

Jika informasi dapat disajikan tepat waktu maka akan berguna serta mempengaruhi pengembangan keputussan.

d. Lengkap

Ketika informasi disajikan secara lengkap dan jelas kemudian mencakup informasi yang berpengruh dalam pengambila keputusan dengan mempertimbangkan hambatan akan terjadi.

e. Andal

Pada saat informasi disajikan dalam laporan keuangan disebut andal jika informasi tersebut memenuhi syarat yaitu harus bebas dan tak terikan dengan pengertian yang menyesatkan kesalahan materi, menyajikan semua fakta yang ada secara jujur.

Jika penyajian tidak dapat diandalkan maka pemanfaatan informasi tersebut secara potensi dapat dikatakan menyesatkan atau salah.

 

Baca Juga : Pengertian, Fungsi dan Tujuan Rekonsiliasi Bank [Lengkap]

 

Ada beberapa syarat jika informasi dapat dikatan andal antara lain :

  • Disajikan secara jujur

Umumnya setiap informasi laporan keuangan yang disajikan akan menggambarkan kejujuran dalam bertransaksi dan kejadian lainnya.

  • Dapat diverifikasi (verifiability)

Artinya informasi laporan keuangan akan dapat  diuji dan bila pihak  lain ingin melakukan pengujian juga sehingga hasilnya akan tetap menunjukan kesimpulan yang tidak beda jauh dan hampir sama.

  • Netralisasi

Yaitu informasi laporan keuangan akan mengarah pada kebutuhan umumm dan tidak berpihak kepada pihak tertentu.

 

f. Dapat dibandingkan

Apabila dapat dibandingkan informasi  laporan keuangan dapat  lebih bermanfaat dengan laporan keuangan periode sebelumnya atau dibandingkan dengan laporan keuangan entitas lain. Perbandingan ini dilakukan secara internal dan eksternal.

Dengan membandingkan secara internal jika suatu entitas mengimplementasikan kebijaka akuntansi  yang sama setiap tahunya. Perbandingan dilakukan secara  eksternal apabila suatu entitas yang akan dibandingkan mengimplementasikan kebijakan akuntansi yang sama.

g. Dapat dipahami

Ketika pengguna laporan keuangan dapat mengerti atas semua informasi yang disajikan serta dapat menginterprestasinya maka informasi tersebut dikatakan dapat dipahami.

Hal ini akan terlihat dari manfaat informasi yang telah disajikan dalam pengembalian keputusan.

 

B. Masalah Penyajian Laporan Keuangan

Berikut tiga hal penyebab terjadinya masalah dalam penyajian laporan keuangan pemerintah antara lain:

  • Materialitas

Laporan keuangan  pemerintah dapat dikatakan wajar jika laporan keuangan yang disajikan memuat informasi  yang material, sehingga hal ini dapat berakibat pada suatu informasi yang tidak disajikan.

  • Peritmbangan biaya dan manfaat

Pada saat proses evaluasi atas biaya dan manfaat dalam laporan keuangan umumnya membutuhkan proses pertimbangan yang matang.

Biya penyajian dalam hal ini tidak wajib ditanggung oleh pengguna informasi yang hanya menikmati manfaatnya saja Karena manfaat dari  menyajikan informasi ini kemungkinan dirasakan juga oleh pengguna lain.

  • Keseimbangan antar karakteristik kualitatif

Agar dapat mencapai suatu kesinambungan yang benar dan tepat antara setiap  macam normative yang sudah diterapkan dan dipenuhi oleh laporan keuangan pemerintah. Tetapi tetap saja hal ini membutuhkan keseimbangan antar karakteristik kualitatif.

 

Demikian penjelasan mengenai 7 Karakteristik Kualitatif Laporan keuangan pemerintah semoga dengan penjelasan saya diatas dapat menambah wawasan bagi teman-teman. Dan terimaksih atas kunjunganya

 

Kunjungi Juga :

  1. 2 Contoh Metode Pencatatan Kas Kecil Imprest dan Fluktuasi
  2. Fungsi, Manfaat dan 7 Jenis Produk Pasar Modal Bagi Investor
  3. 3 Jenis Waralaba Menurut: Kriteria, Asal dan IFA (Lengkap)
  4. 12 Contoh dan Format Surat Pengunduran Diri (Resign) terbaik 2018

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *