5 Model Perencanaan SDM Menurut Andrew E. Sikula

1 min read

Kembali dengan Khanfarkhan.com pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai suatu model perencaraan Sumber Daya Manusia (SDM) yang jelaskan menurut Andrew E. Sikula .

Menurut Andrew E. Sikula menjelaskan bahwasanya perencanaan SDM merupakan proses yang menentukan kebutuhan SDM yang artinya , bahwa mempertemukan kebutuhan itu dengan kebutuhan organisasi suoaya perlaksaanya terintergraasi dengan rencana organisaisi.

Menurut Andrew E. Sikula di menyatakan bahwa model pereencanaan SDM mencakup 5 komponen yang terhubung satu sama lain yakni :

 

5 Model Perencanaan SDM

5 Model Perencanaan SDM Menurut Andrew E. Sikula

 

1. HR Objektives

Perencanaan SDm sendiri memiliki tujuan sebagai bagian dari unsur-unsur yang mendukung strategi organisaisi bila dilihat dari sisi pengelolaan SDM.

Oleh sebab itu strategi yang dikembangkan dalam bidang SDM sangatlah mutlak harus sama dengan strategi organisasi

 

2. Organisasi Planning

Dalam jangka waktu kedepan, sebuah orgaisasi tentunya mempunyai rencana kerja yang akan dijalankan.

Pada saat menjalankan program itu, harus dipastikan apakah berdampak pada adanya kebutuhan SDM.

Jika progaram kerja tersebut, makan pemenuhan kebutuhan SDM menjadi sesuatu yang pasti direncanakan.

 

Baca Juga : 10 Jenis Strategi Pemasaran Produk [Lengkap]

 

3. HR Auditing

Sesuai perencanaan kebutuhan SDM, selanjutnya yang harus dilakukan ialah mengaudit kondisi SDM waktu  sekarang.

Dalam suatu konteks perencanaan Audit SDM berfungsi demi memastikan apakah secara jumlah SDM yang sudah ada bisa  mencakupi berdasarkan kebutuhan dan secara kompetensi mempunyai kemampuan dalam melakukan sebuah pekerjaan

 

4. HR Forecating

Supaya kebutuhan SDM dimasa akan datang dapat diketahui, maka perlu dilakukan forecasting/ atau biasa disebut peramalan kebutuhan SDM. Hal tersebut sangatlah dibutuhkan supaya penngelolaan SDM mempunyai gambaran berapa SDM yang diperlukan dalam kurun waktu terteentu kedepan (biasanya 1 – 5 tahun).

Tidak hanya itu saja, dengan bisanya kebutuhan SDM diramalkan, pihak manajemen bisa mengalokasikan anggaran untuk biaya pegawai, yang meliputi seperti biaya rekrutmen, gaji dan tunjangan-tunjangan lalu perlengkapan dan fasilitas kerja.

 

5. Action Plan HR Program

Suatu perencanaan SDM tentunya diakhiri dengan perbuatan action plan atau rencana tindakan. Action plan ini bisa berisikan perencanaan program-program.

Diaman program tersebut memiliki sifat siap untuk dijalankan seperti mutasi pegawai, diklat, rencana rekrutmen dan penganggaran.

Menurut Andrew Sikula bahwa Model Perencanaan SDM sifatnya sirkuler.

Sesudah action plan, masukan-masukan yang diterima bisa dijadikan bawah evaluasi untuk merumuskan kembali HR objektif supaya menjadi lebih efesien dan efektif dalam mendukung rencana kerja organisasi.

 

Itulah tadi penjelasan mengenai 5 Model Perencanaan SDM Menurut Andrew E. Sikula semoga dengan penjelasan saya di atas bisa membantu anda dan menambah wawasan bagi anda. Terimakasih

 

Artikel Lainya :

  1. Cara Menentukan Invers Matriks beserta Rumus [Lengkap]
  2. Hubungan Pemasaran dengan Pasar dalam Suatu Perusahaan
  3. 7 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Suatu Barang Produksi
  4. 4 Macam Aspek Manfaat Perdagangan Internasional antar Negara

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *