5 Dokumen Penting Terkait Stock Opname [Terlengkap]

1 min read

5 Dokumen Penting Stock Opname [Terlengkap]

Khanfarkhan.com – Tentunnya anda sudah mengerti mengenai apa itu stok opname setelah membaca artikel sebelumnya, maka dari itu kali ini saya akan menjelaskan tentang lima dokumen penting dari stok opname.

 

Dokumen Stock Opname

Untuk dokumen stock opname yang dimaksud disini adalah dokumen yang diperlukan ketika perusahaan melakukan stock  opname, berikut dokumen :

 

1. Kartu barang / kartu persediaan

Dokumen ini sangat membantu dalam memberikan informasi spesifik terkait pergerakan suatu barang sejenis.

Dokumen ini sangatlah dibutuhkan ketika karyawan akan melihat aktivitas suatu barang dengan mudah karena khusus  menyediakan informasi tentang suatu baranf tertentu.

 

5 Dokumen Penting Stock Opname [Terlengkap]

 

Lihat Juga : [Lengkap] 3 Sistem Pemungutan Pajak Yang Berlaku di Indonesia

 

2. Bukti barang masuk

Bukti ini merupakan catatan yang berisi informasi mengenai supplyer asal barang datang, harga awal dan kategori lainya yang dimiliki suatu barang dan dapat dipakai dengan mencocokan data pembukuan dengan barang yang ada di dalam gudang

5 Dokumen Penting Stock Opname [Terlengkap]

 

3. Bukti barang keluar

Bukti catatan barang keluar ialah sebuah catatan yang berisikan informasi mengenai tanggal, jumlah harga dan kemana barang persediaan tersebut berpindah tangan alias dijual.

5 Dokumen Penting Stock Opname [Terlengkap]

 

Lihat Juga : 5 Peran dan Manfaat Pasar Modal dalam Perekonomian

 

4. Bukti keluar masuk barang

Di zaman yang rata-rata sudah menguasai tehnologi dimana sudah banyak tersedia berbagai macam aplikasi (softwere) computer untuk menunjang kemudahan dalam pencatatan, penyimpanan dan perhitungan transaksi akuntansi pada perusahaan.

5 Dokumen Penting Stock Opname [Terlengkap]

Diatas ialah gambar yang menunjukan dokumen yang menggambarkan dan menyajikan informasi lengkap mengenai keluar masuknya barang pada suatu periode.

Bukti keluar masuk barang dapat dipakai ketika ingin melihat data pencatatan barang yang masuk atau keluar secara lengkap jika diperbandingkan dengan kedua dokumen yang sebelumnya.

 

5. Kartu Count Tag

Dokumen yang digunakan ketika  terjadi pelaksanaan tock opname. Kartu ini akan menyediakan informasi mengenai nama barang, tipe barang, lokasi barang dan lokasi kosong untuk jumlah jenis kemasan satuan  tanda tangan prang gudang non gudang dan auditor pada pelaksanaanya.

5 Dokumen Penting Stock Opname [Terlengkap]

Biasanya kartu count tag ini dibuat dua rangkap yaitu yang asli diberikan kepada team admin dan yang copy di tempelkan di barang yang sudah dihitung

 

Demikianlah tadu penjelasan Mengenai 5 Dokumen Penting Stock Opname semoga dengan apa yang sudah saya jelaskan diatas akan membantu anda. terimakasih

 

Artikel Lainya :

  1. Pengertian, Tujuan dan Periode Stock Opname
  2. Pengertian dan 3 Pendekatan Teori Analisis Stakholder Beserta Contoh
  3. 2 Metode Pencatatan Persediaan Barang Dagang [Perpetual dan Periodik]
  4. 3 Jenis & Jenis Strategi Pemasaran Beserta Contoh dan Konsep

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *