4 Trik Cepat Menentukan Targer Pasar Potensial Suatu Bisnis

4 Trik Cepat Menentukan Targer Pasar Potensial Suatu Bisnis

Khanfarkhan.com – Dalam penentuan sebuah target pasar potensial menjadi hak yang bisa bagi pengusaha yang baru saja merintis bisnisnya. Cukup berbeda dengan bisnis yang sudah berkembang dan berada dalam skala besar.

Sebagai seorang pengusaha untuk lebih teliti dan jeli dalam membidik target pasar sebagai  calon konsumenya. Hal ini dikarenakan oleh ketatnya persaingan pasar dan banyaknya peluang usaha baru yang muncul. Sehingga anda bisa menentukan untuk produk atau jasa yang tepat untuk dipasarkan.

Dengan kualitas yang unggul, harga ataupun pelayanan dari produk atau jasa dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

 

Cara  Menentukan Targer Pasar

Tips berikut ini dapat menentukan target pasar agar tidak terjadi kegagalan dalam menentukan target pasar, berikut  ini adalah penjelasanya :

 

1. Kejelasan Produk atau Jasa yang ditawarkan

Anda harus dapat memastikan jika produk atau jasa yang anda miliki bisa diterima oleh targer pasar.

Perlihatkan aspek keunggulan, manfaat, nilai lebih, kelemahan serta potensi dari produk atau jasa yang ditawarkan, dan juga  keunikan atau inovasi yang hanya dimiliki oleh anda dan tidak dimiliki pihak  kompetitor.

Lalu pastikan poin-poin tadi dapat membuat produk anda diterima dengan baik dan menjadi sebab target konsumen akan membeli atau memakai prosuk dan jasa kita.

Keunggulan dari produk dan jasa anda menjadi sebuah keunggulan menjadi sebuah pembeda dengan produk yang sejenis harus dapat membuat brand atau merek kita muncel di benak target pasar tujuan. Pada saat ini terdapat bidang usaha yang menawarkan produk serupa dengan konsep yang berbeda.

Hal tadi berhubungan juga dengan product knowledge, kenali dulu produk atau jasa sebelum memasarkanya. Ketika mengetahui betul  kegunaan daru suatu produk seperti kita akan mudah untuk menawarkannya kepada target pasar.

 

2. Pilih satu Target Pasar Spesifik

Terdapat banyak sekali usaha yang mengalami kegagalan dan tidak berkembang karena memfokuskan pada satu target pasar yang dibidik, jadi fokuslah pada target pasar tertentu. Pada dasarnya target pasar sangatlah luas, kita akan merasa kesulitan bila berusaha mengejar semua target pasar dengan keinginan, kebutuhan dan selera yang bermacam-macam.

Yang seharusnya dilakukan yakni menentukan satu saja target pasar yang lebih spesifik untuk mengoptimalkan keunggulan produk dan memenangkan persaingan pasar. Misalnya produk  fashion sepatu sport yang akan kita pasarnya membidik kalangan remaja pria dengan status  ekonomi menengah keatas.

Dengan cara mengoptimalkan kualitas produk (motif, bahan dan Model) sesuai dengan selera, kebutuhan dan keinginan mereka. Dengan harga yang sedikit lebih tinggi bukan menjadi  masalah asalkan kualitas dari sepatu tersebut baik.

Bisa saja ada beberapa pengusaha yang mengklaim produknya dapat dipakai oleh kalangan, tetapi ini pastinya terlalu  luas. Seluruh kalangan bisa artinya  mulai dari  anak-anak sampai dewasa, kalangan status ekonomi bawah sampai atas. Belum tentu semua produk anak-anak akan cocok untuk kalangan dewasa, begitu juga sebaliknya.

Incarlah target pasar yang lebih spesifik lagi, hanya fokus pada satu kalangan saja agar dapat megoptimalkan keunggulan produknya dan mampu memuhi keinginan dan keperluan konsumen.

Dari strategi yang sudah dijalankaa pun dapat disesuaikan dengan target pasar spesiifik yang dituju. Ketika memperkanalkan merek dari produk kita, pesan bisnis harus dapat menjangkau mereka. Sebuah pesan yang jelas misalnya karakteristik dari produk yang ditawarkan dan sebuah alasan mengapa konsumen harus memilikinya.

 

3. Kenali Pangsa Pasar

Anda harus bisa memahami terhadap karakter, kesukaan, selera kebutuhan dan keinginan target pasar dilapangan untuk memenangkan persaingan pasar. Sebelum itu anda juga dapat melakukan survey pasar supaya mengenali pangsa pasar yang akan dituju. Dan akan menjadi lebih mudah lagi bila sebelumnnya kita sudah memahami target  pasar yang akan dituju.

Apabila yang menjadi pangsa pasar kita ialah ibu rumah tangga, cukup dengan mengenali semua kebutuhan yang diinginkan oleh ibu rumah tangga. Contohnya, produk yang ditawarkan ialah  alat untuk memasak, jadi harus disesuaikan jenis alat  masak yang seperti apa yang dibutuhkan oleh ibu rumah tangga yang menjadi target pasar.

Hal lain juga yang harus menjadi perhatian yakni dalam penentuan harga dimana harga akan menjadi lebih mudah pada saat kita sudah mengenali pasar tujuan. Dengan menawarkan produk bermanfaat dengan harga terjangkau tanpa mengurangi kualitasnya kepada ibu  rumah tangga. Dapat juga memberikan penawaran dengan sebuah produk kemasan kecil harga yang terjangkau, dari pada kemasan besar tetapi harga sangat mahal.

 

4. Mengutamakan target pasar yang terjangkau

Memilih sebuah target pasar yang lebih mudah untuk dijangkau haruslah  diutamakan, seperti konsumen lokal. Ketika akan melakukan perluasan jangkauan pasar yang secara nasional ataupun internasional. Dengan begitu keuntungan akan dapat lebih besar karenna ongkos transportasi atau distribusi dapat lebih rendah.

Internet memang dapat memudahkan para pengusaha dalam menjangkau sebuah pasar yang luas mungkin dengan melakukan yang terbilang mudah dan murah, tetapi malah sebaliknnya dengan kesabaran sampai dengan pasar lokal dapat dikuasai terlebih dahulu.

Semoga dengan penjelasan diatas dan trik mudahnya dapat dipahami oleh teman-teman dan menambah wawasan . Sukses untuk kita semua

 

Kunjungi Juga :

  1. Hubungan Pemasaran dengan Pasar dalam Suatu Perusahaan
  2. Pengertian, Jenis dan Instrumen Pasar Uang dalam Perekonomian
  3. 5 Peran dan Manfaat Pasar Modal dalam Perekonomian
  4. 10 Jenis Strategi Pemasaran Produk [Lengkap]

Tinggalkan komentar