4 Peran Penting dan Fungsi Akuntansi dalam Bisnis

2 min read

4 Peran Penting dan Fungsi Akuntansi dalam Bisnis

Khanfarkhan.comSejak kita masih duduk di bangku SMA tentunya kita sudah dikenalkan dengan yang namanya akuntansi. Akan tetapi tahukah anda peran dan fungsi dari akuntansi dalam bisnis. Berikut penjelasanya.

 

 

 

Pengertian Akuntansi

Akuntansi merupakan suatu manajemen keuangan dalam bisnis anda, anda bisa memakai sistem akuntansi untuk keluar masuknya keuangan dalam bisnis anda.

Berikut ini terdapat beberapa peran akuntansi dalam dunia bisnis, simak penjelasan berikut ini agar anda mengetahui bila ingin memakai sistem akuntansi dalam bisnis anda.

1. Menyediakan Informasi dan Jawaban Terkait Keuangan

Yang paling mendasar dalam peran akuntansi ialah  kemampuanya dalam menyediakan informasi beserta jawaban mengenai seluruh kegiatan keuangan bisnis anda.

Apapun transaksi keluar masuknya keuangan dalam bisnis anda maka dicatat dalam sistem akuntansi sehingga dapat menguntungkan anda dan karyawan anda dalam mengukur kondisi perusahaan perusahaan tentunya.

Untuk lebih mudahnya anda dapat memakai softwer akuntansi yang akuran dan tepat misalnya Bee Accounting yang sampai saat ini fiturnya yang banyak sekali. Maka seluruh pencatatan pembukuan menjadi cepat.

 

Baca Juga : 10 Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Suatu Barang

 

2. Alat pengontrol dan pengelola keuangan

Dengan sistem akuntansi anda bisa mengetahui segala data keuangan bisnis anda. Dengan data tersebut, seluruh informasi akan anda dapatkan seperti seberapa besar pendapatan anda selama ini ? apakah keuangan anda lancar ? informasi apa saja yang sudah anda peroleh ? bagaimana kinerja karyawan keuangan anda ? seberapa banyak pendapatan anda ? apakah terjadi penurunan ? apakah justru meningkat ? dari situ sudah jelas bahwa akuntansi menjadi pengontrol dan pengelola keuangan.

 

3. Memudahkan Stakholder Mengambil Keputusan

Dengan adanya analisa dan evaluasi untuk kemajuan bisnis, stakholder atau para pemegang saham akan lebih mudah untuk mengambil keputusan. Hal itu sangatlah membantu karena stakholders tidak dapat mengambil investasi karena tidak terdapat laporan financial lebih akurat yang bisa memberikan semua informasi yang diperlukan stakholder.

 

4. Hubungan Kedua Belah Pihak

Jika kita cermati bahwa akuntansi memiliki hubungan dengan luar perusahaan bukan hanya dalam perusahaan saja.

Akan tetapi bagi para akuntan akuntansi bisa menjadi suatu jembatan untuk melakukan closing dengan vendor atau dari pihak ketiga lain. Menurut data  keuangan, akuntan bisa mengelola mana harga yang belum dan sudah masuk akal.

Selain itu juga para akuntan ini menjadi penghubung antara perusahaan dengan pemerintah untuk membayar pajak dan para auditor

 

Fungsi Akuntansi dalam Bisnis

Akuntansi memberikan informasi untuk para pemaku kepetingan dalam perusahaan lewat proses sebagai berikut :

  1. Mengidentifikasi pemangku kepentingan
  2. Menilai kebutuhan pemangku kepentingan
  3. Merancang sistem informasi akuntansi untuk memenuhi keperluan pemangku kepentingan
  4. Mencatat data ekonomi mengenai aktivitas dan peristiwa perusahaan
  5. Menyiapkan laporan akuntansi untuk para pemangku kepentingan.

Terdapat contoh tentang laporan akuntansi yang merangkun profitabilitas produk baru akan membantu manajemen the coca-cola company untuk memutuskan apakah produk itu akn selalu dijual. Dan juga analisis pasar modal memakai laporan akuntansi untuk memutuskan apakah mereka butuh merekomondasikan untuk membeli saham coca-cola.

Bank memakai laporan akuntansi untuk memutuskan pemberian fasilitas kredit dalam membeli peralatan dan bahan baku untuk coca-cola. Pemerintah kantor pajak memakai laporan akuntansi ini sebagai dasar untuk menetapkan pajak bagi coca-cola.

 

Bentuk Utama Akuntansi

Setiap data yang terkumpul dalam pencatatan keuangan hanya bermakna bila sudah dipakai. Untuk memakai data secara baik, seorang manajer keuangan akan memecah fungsi akuntansi menjadi dua bentuk utama yakni akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan.

Bagi kedua bentuk ini mengandalkan arus data keuangan yang sama sedangkan perbedaan utama mereka dalam fokus dan orientasi

Demikianlah tadi penjelasan mengenai 4 Peran Penting dan Fungsi Akuntansi dalam Bisnis semoga dengan apa yang sudah saya jelaskan diatas. terimakasih atas kunjunganya

 

Artikel Terkait Lainya :

  1. Hubungan Pemasaran dengan Pasar dalam Suatu Perusahaan
  2. 3 Jenis  Jenis Strategi Pemasaran Beserta Contoh dan Konsep
  3. 8 Cara Membuat Merek terbaik Sepanjang Masa
  4. 8 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran serta Permintaan Barang dan Jasa

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *