4 Macam Aspek Manfaat Perdagangan Internasional antar Negara

4 Macam Aspek Manfaat Perdagangan Internasional antar Negara

Khanfarkhan.com – Perdagangan internasional diantara beberapa negara bukanlah hal yang baru pada era saat ini. Karena memamng dari dulu perdagangan internasional ini sudah terjadi, seperti sutra, teh, rempah-rempah dan masih banyak lagi.

Namun yang akan saya bahas kali ini ialah manfaat yang ditimbulkan dari perdagangan internasional antara negara, untuk lebih jelasnya bisa saja langsung simak penjelasan berikut ini :

 

Manfaat Perdagangan Internasioanal antar Negara

Manfaat yang ditimbulkan dengan adanya perdagangan internasional dapat dilihat dari 4 macam aspek berikut ini :

 

A. Manfaat Umum

Perdagangan internasional secara umum bisa memberikan manfaat sebagai berikut ini :

1. Pemenuhan kebutuhan – bisa memenuhi kebutuhan akan barang-barang yang tidak bisa diproduksi di dalam negri. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi adanya perbedaan hasil produksi setiap negara, di antaranya ialah kondisi geografis, iklim, tingkat penguasaan iptek dan lain sebagainya.

2. Memperoleh keuntungan – meskipun ada beberapa negara yang bisa memproduksi jenis barang yang sama, namun terkadang lebih baik bila negara tersebut mengimpor dari luar negri. Misalnya manfaat PBB untuk menciptakan kerjasama, termasuk juga dalam bidang ekonomi yang menguntungkan.

3. Memperluas pasar perdagangan – terkadang juga para penguasa di tiap negara merasa khwatir untuk memproduksi barang-barang dalam skala yang besar dengan kondisi pasar yang tidak memadai.

Hal ini dapat menimbulkan penurunan harga barang dan bisa menimbulkan kerugian. Dengan manfaat perdagangan internasional para penguasa tidak perlu khwatir lagi untuk memproduksi barang secara maksimal, alasanya mereka bisa menjual produk mereka keluar negeri.

4. Transfer tehnologi modern – manfaat perdagangan internasioal bisa juga memungkinkan sebuah negara untuk belajar tehnik dan manajemen produksi yang lebih efesien dan modern dari negara-negara lainya. Didalamnya termasuk juga manfaat internet yang memberikan jalan untuk online shop

 

B. Manfaat dibidang Ekonomi

Terdapat berbagai manfaat perdagangan internasional dalam bidang ekonomi yang bisa kita rasakan antara lain ialah :

1. Memenuhi kebutuhan dalam negeri – suatu negara jika di ibaratkan seperti seorang manusia, yang tentunya manusia membutuhkan orang lain untuk kelangsungan hidupnya. Dengan muncullnya sebuah kerjasama dengan negara lain, sehingga hal itu tentunya bisa memenuhi kekurangan dalam dirinya. Misalnya manfaat organisasi di ajarkan dari sekolah, untuk membuat suatu kerja sama.

2. Menambah lapangan pekerjaan – Manfaat perdagangan internasional untuk sebuah negara, bisa menambah jumlah produksi sebuah barang yang kedepanya bisa ekspor ke negara lain.

Dengan kenaikan produksi bisa berdampak meningkatnya kebutuhan tenaga kerja, lalu akan memperluas kesempatan kerja.

 

Baca Juga : 4 Peran Penting dan Fungsi Akuntansi dalam Bisnis

 

3. Menambah kemakmuran suatu negara – pendapatan suatu negara bisa naik karena dengan adanya perdagangan internasional. Hal tersebut timbul karena dengan adanya hubungan timbal balik antar negara, yang dimana negara mempunyai kelebihan produksi barang akan menjual produknya pada negara yang memerlukan.

4. Meningkatkan ilmu pengetahuan dan tehnologi – minat produsen untuk meningkatkan mutu produknya menjadi baik karena dampak dari perdagangan internasional. Karena dalam perdagangan internasional persaingan bisa memacu negara-negara pengekspor supaya produknya mempunyai keunggulan dari negara lainya yakni manfaat IT yang dipakai.

5. Pemasukan devisa negara – tidaklah sedikit negara yang memanfaatkan sumber daya yang berasal dari manfaat pajak ataupun perdagangan internasional.

6. Efesiensi produk – untuk memenuhi kebutuhan akan sebuah produk yang tidak bisa dihasilma dalam negeri maka dengan perdagangan internasional semua itu bisa terwujud.

 

C. Manfaat dibidang Sosial

Dalam bidang sosial ini, manfaat yang disebabka dengan adanya perdagangan internasional yakni sebagai berikut :

1. Bisa mencegah timbulnya krisis – selain mendapatkan keuntungan financial, perdagangan internasional juga berfungsi dalam bidang sosial. Misal contohnya ketikan terjadi krisis pangan yang berdampak pada terjadinya krisis ekonomi, negara penghasil beras akan mengekspor ke negara yang terjiad krisis pangan itu.

2. Mempererat hubungan antar negara – dalam era sekarang sudah banyak bermunculan perusahaan yang beberapa sahamnya dimiliki oleh beberapa pengusaha yang asalnya tidak dari satu negara saja. Hal tersebut akan mempererat hubungan dalam berbagai negara.

 

D. Manfaat dibidang Keamanan dan Politik

Manfaat lainya dari perdagangan internasional ialah :

1. Sebuah negara akan mengembangkan senjata nuklir, bisa dikenakan sanksi ekonomi yakni dengan tidak di ijinkanya negara-negara lain untuk menjalin hubungan dagang dengan negara tertentu. Hal ini tetunnay harus sudah mendapat persetujuan dari PBB, supaya menciptakan keamanan global

2. Sebuah negara akan bisa mengimpor senjata yang tidak bisa diproduksi di dalam negri dengan adanya perdagangan internasional.

3. Mencegah munculnya barang ilegal misalnya senjata gelap, obat terlarang, hewan langka ternak yang memiliki penyakit menular dan lain-lain.

4. Perdagangan internasional bisa mempererat hubungan politik antara negara sehingga bisa terjadi persahabatan antar negara.

Demikianlah tadi penjelasan mengenai 4 Macam Aspek Manfaat Perdagangan Internasional antar Negara semoga dengan penjelasan saya diatas akan membantu anda terimakasih.

 

Artikel lainya :

  1. Hubungan Pemasaran dengan Pasar dalam Suatu Perusahaan
  2. 10 Jenis Strategi Pemasaran Produk [Lengkap]
  3. Perbedaan Akuntansi Perusahaan Manufaktur, Dagang dan Jasa [Tabel]
  4. Pengertian, Tujuan dan Ciri Ciri (MEA) Masyarakat Ekonomi ASEAN

Tinggalkan komentar