3 Jenis Strategi Pemasaran Beserta Contoh dan Konsep

2 min read

3 Jenis - Jenis Strategi Pemasaran Beserta Contoh dan Konsep

Khanfarkhan.com – Pada saat ingin memasarkan sebuah produk ada sesuatu hal penting yang harus dilakukan yakni mencari tahu target pemasaran. Kita harus melakukan sebuah riset pemasaran agar suatu produk yang dibuat bisa diterima oleh konsumen dan diterima dipasar atau tidak.

Tujuan sesorang melakukan sebuah riset penelitian dalam permasalahan yakni agar target yang ditentukan bisa tercapai, berikut beberapa tujuan dan riset pemasaran.

 

Pengertian Riset Pemasaran

Research Marketing (Riset Pemasaran) ialah sebuah penelitian sistematis berawal dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan informasi dan data, pengelolaan data dan interprestasi hasil penelitian.

 

A. Tujuan Riset Pemasaran

Sebuah riset pasti memiliki sebuah tujuan, dan tujuan dari riset pemasaran ini yakni untuk menganalisa dan mengetahui apa saja yang harus dibutuhkan pasar dan masyarakat dan juga untuk melihat siapa yang menjadi pesaing bisnis.

Pada dasarnya ketika sedang malakukan riset pemasaran kita harus dapat menerapkan sistem 5W + 1 H. setelah kita melakukan riset kita akan dapat mengetahui jenis produk  dan jasa yang ditawarkan,dimana produk atau jasa tersebut diperlukan para konsumen.

Selain itu kita juga dapat mengetahui seberapa besar permintaan dan potensi permintaan,  kapan waktu permintaan itu akan turun dan kapan permintaan tersebut akan memuncak.

 

B. Jenis – Jenis Riset Pemasaran

Apabila ingin membuat suatu usaha dan juga strategi pemasaran (mengukur keberhasilan rencana bisnis) akan kita dapat dari sebuah riset. Ada beberapa jenis riset pemasaran antara lain :

1. Riset Sekunder

Pengertian riset sekunder ialah riset yang berperan dalam menganalisis data yang telah diterbitkan. Hasilnya akan menghasilkan sebuah pesaing dan dapat membangun sebuah tolak ukur kemudian mengidentifikasikan sasaran.

2. Riset Primer

Pengertian riset primer ialah dimana riset  ini dilakukan melalui cara mengumpulkan informasi atau data yang berasal dari hasil penjualan terkini dan efektif yang terjadi pada saat  ini

Ada beberapa cara dalam melaksanakan riset ini :

  1. Dengan melakukan interview atau wawancara baik secata tidak langsung atau secara langsung
  2. Melakukan survey ke lokasi untuk melihat secara langsung
  3. Dengan keiseioner. Yakni dengan menyebar kuisioner (angket) mengenai pendapat masyarakat
  4. Musyawarah dengan kelompok untuk mengumpulkan sampel atau pelanggan potensi dan memperoleh umpan balik dari mereka

 

Baca Juga :

  1. 3 Jenis Waralaba Menurut: Kriteria, Asal dan IFA (Lengkap)
  2. 10 Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Suatu Barang

 

C. Metode Riset Pemasaran

Pada dasarnya terdapat 3 (tiga) metode yang menjadi salah satu pilihan untuk pelaku bisnis untuk melakuakn riset pemasaran diantaranya :

1. Kusioner

Metode kusioner ini di pakai dengan mmemberikan  daftar pertanyaan mengenai data yang kita butuhkan untuk jenis usaha yang kita pilih. Syaratnya kita hanya menyediakan calon responden yang berasal dari pelanggan potensial yang akan menjawab kusioner.

Berikan pemahaman kepada responden agar yakin dan dapat diajak untuk kerjasaman dalam mengisi jawabanya dengan jujur dan benar. Jika perlu beri hadiah yang menarik

2. Riset Grup

Metode riset group  dilakukan dengan membentuk sekelompok orang dari populasi utama pasar potensial kita.

Tugas mereka ialah untuk menyampaikan apa sajan yang mereka perlukan,merasakan prosuk atau jasa yang kita siapkan dan mereka diperbolehkan untuk memberikan pendapat mengenai kekurangan terhadap produk kita.

3. Survey

Jenis metode ini hanya dengan membuat survey lalu mengajukan sebuah pertanyaan yang sederhana mengenai produk atau jasa yang akan kita riset.

Pada umumnya survey ini bersifat acak dan seringkali hanya  sukarela, sehingga kalau bisa buatlah pertanyaan yang tidak menggangu. Tetapi sekarang kadang orang menyamakan antara kusioner denga survey

 

D. Objek Riset Pemasaran

Berikut ini  ialah hal-hal yang menjadi objek dalam sebuah riset pemasaran sebagai berikut :

  1. Harga : dalam sebuh riset harga masuk kedalam hal penting, dengan tujuan untuk melihat kesesuaian antara produk dengan harga.
  2. Produk : dalam sebuah pemasaran adanya produk menjadi hal yang paling pokok, bila tidak ada produk/jasa lalu apa yang akan dipasarkan ?
  3. Promosi : dilakukanya riset promosi ini  supaya mengukur tingkat keberhasilan promosi dalam pemasaran sebuah produk.
  4. Distribusi : riset ini tidak kalah penting dengan melakukan penelitian ini akann terlihat baik atau tidaknya sebuah perjalanan distribusi

Sudah sewajarnya bila sebuah perusahaan melakukan riset pemasaran ini baik perusahaan individu yang baru akan mulai atau yang sudah berjalan.

Adanya pengorbanan pada saat  riset  mungkin akan menjadi sebuah pertimbangan, tetapi apabila berhasil tentu dampaknya akan terlihat dan akan lebih banyak keuntungan yang diperoleh.

Demikianlah penjelasan mengenai 3 Jenis – Jenis Strategi Pemasaran Beserta Contoh dan Konsep semoga dapat membantu anda, terimakasih atas  kunjunganya.

 

Kunjungi Juga :

  1. Pengertian, Penyebab, Jenis, dan Dampak Inflasi [Lengkap]
  2. Cara Mengatasi Inflasi dengan Kebijakan yang Benar
  3. Sistem Pemungutan Pajak di Indonesia [Lengkap]
  4. Pengertian, Ciri Ciri serta Kelebihan dan Kekurangan Ekonomi Kapitalis

Please rate this

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *