10 Manfaat Tax Amnesty bagi Negara dan Wajib Pajak

Khanfarkhan.com – Di indonesia belum lama ini sedang ramai dibicarakan mengenai tax amnesty atau bisa disebut juga pengampunan pajak. Bahwa yang termasuk wajib pajak baik badan usaha ataupun orang pribadi dihimbau untuk melaporkan harta kekayaan yang belum dilaporkan secara benar untuk segera melaporkanya dan akan mendapat pengampunan pajak.

 

Tujuan dari Tax Amnesty

Jadi tujuanya agar masyarakat yang lalai membayar atau adanya kesengajaan sehingga dalam SPT tahunan tidak tercantum, seluruh hutang pajak akan dianggap lunas bila sudah membayar sejumlah uang tembusan.

Wajib pajak tidak harus membayarkan seluruh hutang pajak atas hartanya yang baru saja dilaporkan karena setelah dilaporkan wajib pajak akan diberi pengampunan, selain itu juga akan terbebas dari berbagai  sanksi pidana ataupun administrasi.

10 Manfaat Tax Amnesty bagi Negara dan Wajib Pajak

Slogan dari tax amnesty sendiri ialah “ungkapkan|tebus|lega”

  • Ungkapkan : maksudnya wajib pajak yang memiliki kekayaan yang harusnya dilaporkan dan dikenakan pajak harus diungkapkan. Baik harta tidak bergerak atau tidak bergerak.
  • Tebus : maksudnya wajib pajak yang baru melaporkan besarnya adalah sekian persen dari seluruh harta agar menebus seluruh pajaknya.
  • Lega : maksudnya wajib pajak merasa lega karenasemua kewajibanya kepada negara telah diselidiki dan tidak merasa takut lagi

 

Tarif Tax Amnesty

Berapa persen tarifnya ?

Tarif pajak sendiri dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan periode pelaporan tax amnesty yakni:

  1. Diperiode pertama yakni bulan Oktober-Desember 2015, bahwa wajib pajak dalam periode ini hanya dikenakan tarif tebusan 3 %
  2. Diperiode kedua yakni bulan Januari-Juni 2016 tarif tebusan yang dikenakan yakni 5%.
  3. Diperiode ketiga yakni bulan Juli-Desember 2016 tarif tebusan yang dikenakan yakni 8%.

Hal  ini lah yang menjadi daya tarik tersendiri agar masyarakat segera untuk melakukan tax amnesty. Sangat baik dan bermanfaat dalam pemberlakuan tax amnesty.

 

Manfaat Tax Amnesty bagi Wajib Pajak

Walapun harus membayar uang tebusan dalam jumlah tertentu namun ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan tax amnesty.

1. Penghapusan sanksi administrasi dan sanksi pidana perpajakan

Manfaat yang pertama ialah segala sanksi administrasi dan sanksi pidana yang berhubungan dengan wajib pajak telah dihapuskan. Baik sanksi atas kewajiban pajak yang baru dilaporkan ataupun karena pajak masalah sebelumnya.

Apabila wajib pajak telah malakukan tax amnesty tidak adanya pembanan dari sanksi andministrasi seperti bunga, denda pidana  atau juga  kenaikan dari jumlah pajak, pidana kurungan, atau pidana penjara

 

2. Penghapusan pajak atas harta-harta yang baru dilaporkan

Wajib Pajak apabila telah melakukan tax amnesty maka akan terbebas dari segala hutang pajak atas seluruh hartanya yang baru dilaporkan.

Walaupun harus membayar dengan besarantarif tembusan yang relatif kecil dari keseluruhan hutang sehingga tidak adanya rasa terbebani dari wajib pajak. Namun jika ingin mendapatkan tarif yang lebih kecil sebaiknya dilaporkan lebih cepat

 

3. Tidak dikenakan pemeriksaan dan penyidikan pajak

Bahwa anda akan terbebas dari penyidikan pemeriksaan yang sering dilakukan apabila telah mengajukan tax amnesty.

Yang akan diproses adalah apa yang anda laporkan, laporan pajak anda sudah benar atau harta yang tidak dilaporkan bukan lah wewenang dari petugas pajak untuk memeriksanya.

 

4. Penghentian proses pemeriksaan dan penyidikan pajak

Jika anda sudah mengajukan tax amnesty akan tetapi anda masih dalam proses pemeriksaan karena masalah pajak sebelumnya maka seluruh proses akan dihentikan sehingga anda dapat terbebas dari kemungkinan sanksi perpajakan

 

5. Data tax amnesty anda akan dijaga kerahasianya

Adanya  jaminan kerahasiaan data tax amnesty dari Dirjen pajak sehingga anda tidak perlu khawatir data anda akan tersebar ke mana-mana.

 

Baca Juga : Syarat Wajib dan Tata Cara dalam Pemungutan Pajak

 

6. Pembebasan pajak penghasilan atar harta tambahan yang akan dibalik nama

Untuk menghindari kewajibanya banyak cara yang bisa dilakukan oleh wajib pajak. Salah satu caranya yakni mengatasnamakan suatu harta atas nama orang lain.

Adanya tax amnesty merupakan sebuah kesempatan bagi wajib pajak “nakal” tersebut agar bisa membaliknamakan hartanya atas namanya sendiri tanpa dikenakan PPh.

 

7. Memudahkan wajib pajak mengakses layanan perbankan

Dapat diketahui bahwa beberapa dari layanan perbankan misalnnya pemberian kredit tidak mudah untuk dimiliki. Pada calon nasabah termasuk laporan pajak akan diperiksa kondisi keuanganya oleh pihak bank.

Dengan laporan yang benar dan baik pihak bank akan semakin yakin untuk memberikan kredit sehinga calon nasabah  menjadi lebih mudah mendapatkan layanan perbankan

 

Manfaat  Tax Amnesty bagi Negara

Pemberlakuan tax amnesty juga bermanfaat bagi negara sebagai penerima pajak tidak hanya bagi wajib pajak yang memiliki manfaat. Manfaat bagi negara diantaranya yakni :

1. Meningkatkan penerimaan negara

Sudah pasti penerimaan negara akan bertambah karena adanya tax amnesty. Wajib pajak membayar uang tebusan atas hartanya yang belum dilaporkan menjadi tambahan penerimaan pajak untuk negara.

 

2. Meningkatkan potensi penerimaan negara dimasa mendatang

Dulunya harta-harta dari wajib pajak banyak yang tidak terdata dan lolos yang akan dihitung dari tahun mendatang akan dihitung kembali pajaknya yang disebabakan pengajuan dari tax amnesty.

 

3, Meningkatkan kepatuhan wajib pajak

Manfaat yang ditimbulkan dari tax amnesty yakni untuk menigkatkan kepatuhan dari wajib pajak dimana semakin banyak wajib pajak yang mematuhi aturan pajak dan melaporkan seluruh kekayaan.

 

Keuntungan Amnesty Pajak 2016

  1. Penghapusan Pajak Yang Seharusnya Terutang
  2. Tidak Dikenakan Sanksi Pidana Perpajakan dan Sanksi Administrasi
  3. Tidak Dilakukan Pemeriksaan, Pemeriksaan Bukti Permulaan, & Penyidikan
  4. Penghentian Proses Pemeriksaan, Pemeriksaan Bukti Permulaan, Atau Penyidikan
  5. Jaminan Rahasia Data Pengampunan Pajak Tidak Dapat Dijadikan Dasar Penyelidikan Dan Penyidikan Tindak Pidana Apa Pun
  6. Pembebasan Pajak Penghasilan Untuk Balik Nama Harta Tambahan

Berlaku Untuk 

  • PPh
  • PPN/PPnBM

Sampai dengan Akhir Tahun Pajak Terakhir
Tahun Pajak Terakhir adalah Tahun Pajak yang berakhir pada jangka waktu 1 Januari 2015 sampai dengan 31 Desember 2015
“Setiap orang/badan berhak mendapatkan Amnesti Pajak” yaitu:

  • Badan
  • Orang Pribadi (OP)
  • Pengusaha Omzet Tertentu
  • OP/Badan Belum ber-NPWP

 

Pengecualian Subjek Amnesti Pajak
Wajib Pajak yang sedang:

  • Dilakukan penyidikan & berkas penyidikannya telah dinyatakan lengkap oleh Kejaksaan
  • Dalam proses peradilan
  • Menjalani hukuman pidana

Demikanlah penjelasan dari 10 Manfaat Tax Amnesty bagi Negara dan Wajib Pajak yang sangat menguntungkan baij bagi wajib pajak sebagai pembayaran pajak maupun bagi negara sebagai penerimaan pajak. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat.

 

Artikel Lainya :

  1. 7 Hal yang Harus Diketahui Sebagai Wajib Pajak Badan
  2. 15 Keuntungan Memiliki NPWP dan Jenis Dokumen yang diperlukan
  3. 23 Objek Pajak Penghasilan PPh dan PPh Final beserta Contoh
  4. 7 Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Indonesia
  5. [Lengkap] 3 Sistem Pemungutan Pajak di Indonesia

Tinggalkan komentar