10 Contoh serta Fungsi Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank Di Indonesia

10 Contoh serta Fungsi Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank – lembaga keuangan ini merupakan sebuah aktivitas dalam kehidupan sehari-hari untuk melayani jasa bidang keuangan, yakni sebuah perantara dari pihak yang memiliki dana (surplus) untuk diberikan kepada pihak yang difesit dana baik sektor rumah tangga, pemerintah maupun swasta.

Sebutan lain dari lambaga keuangan yakni sebagai intermediasi, sesuai kapasitanya  untuk menghimpun daana dari masyarakat secara langsung sehingga dapar terbagi menjadi 2 (dua) yakni lembaga keuangan depository (depository financial institusion) dan lembaga keuangan non deposito (non depositotory financial financial).

 

Pengertian Lembaga Keuangan

Lembaga keuagan ini bisa menghimpun dana secara langsung dari masyarakat dengan bentuk simpanan (deposito) contoh : giro. Tabungan dan deposito lembaga yang menawarkan jasa-jasa seperti ini merupakan tugas bank.

Lembaga keuangan merupakan suatu kegiatan menghimpun dan dana secara langsung dari masyarakat yang berbrrntuk simpanan (deposito) contoh :deposito, tabungan dan giro. Lembaga yang menawarkan jasa-jasa seperti ini ialah bank.

Sesuai fungsinya, bank  terbagi menjadi 3 jenis yakni : bank umum, bank sentral dan pengkreditan rakyat: berikut ini akan saya jelaskan secara lengkap :

 

1. Bank Umum

Bank umum merupakan bank yang berfungsi dalam memberikan pelayanan mengenai seluruh jasa-jasa perbankan dan melayani segenap lapisan masyarakat, baik lembaga-lembaga atau bagi masyarakat perorangan.

10 Contoh serta Fungsi Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank Di Indonesia
Bank Umum

 

Sebutan lain dari bank umum ini ialah bank komersil. Bank umum terbagi  menjadi tiga kelompok yakni :

  • Bank umum non devisa, bank ini tidak melayani jasa yang berkaitan dengan mata uang asing.
  • Bank umum devisa, jenis bank ini melayani jasa yang berkaitan mengenai seluruh mata uang asing.
  • Bank pengkreditan rakyat (BPR) ialah bank yang secara khusus melayani masyarakat kecil contohnya di pedesaan. Sebelumnya bank pengkreditan rakyat ini awalnya ialah dari bank desa, bank pegaim lumbung, desa dan bank lain yang selanjutnya dilebur menjadi BPR (bank pengkreditan rakyat)

Untuk janis produk yang ditawarkan oleh BPR relative cukup sempit jika dibandingkan dengan bank umum. Bahkan ada beberapa jenis jasa bank, yanng tidak diperbolehkan oleh BPR, seperti pembukaan rekening giro dan ikut kliring.

 

2. Bank Sentral

Yang menjadi bank  sentral di indnesia ini yakni Bank  Indonesia. Pengertian Bank Sentral merupakan bank yang memiliki fungsi sebagai bank sirkulasi, lender of the last resort dan bankers bank pada suatu negara.

10 Contoh serta Fungsi Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank Di Indonesia
Bank Indonesia

Bank Indonesia ini lebih ditujukan untuk kepentingan pemerintah dan pihak lembaga perbankan. Tujuan utama dari bank sentral yakni memenuhi serta memelihara kestabilan nilai rupiah.

Cara untuk mewujudkanya yakni dengan menetapkan sebuah kebijakan moneter, mengatur dan menjaga lancarnya sistem devisa mengawasi  dan mengatur bank

 

Pengertian Lembaga Keuangan Non Bank

Lembaga keuangan non bank (non dopository financial institution) yakni seluruh badan yang kegiatanya dalam bidang keuangan, dimana secara langsung ataupun tidak langsung melakukan kegiatan menghimpun dana terutama dengan jalan mengeluarkan surat berharga dan menyalurkan kepada masyarakat dengan kepentingan membiayai investasi perusahaan.

Sejak tahun 1972 lembaga keuangan ini sudah mulai berkembang dengan tujuan mendorong perkembangan pasar modal dan membantu dalam hal permodalan untuk perusahaan dengan perekonomian yang lemah.

 

Lembaga keuangan ini dapat dikelompokan menjadi 3  jenis yakni lembaga keuangan kontraktual, investasi dan pembiayaan berikut penjelasanya :

1. Lembaga Keuangan Kontraktual

10 Contoh serta Fungsi Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank Di Indonesia

Lembaga Keuangan Kotraktual (contrak instituions) yakni dengan menarik dana dari masyarakat melalui penawaran kontrak. Contohnya : prohman dana pensiun dan polis asuransi

2. Lembaga Keuangan Pembiayaan Investasi

10 Contoh serta Fungsi Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank Di Indonesia

Lembaga Keuangan Pembiayaan Investasi merupakan sebuah lembaga yang memberikan penawaran atas jasa pembiayaan sewa untuk keperluan usaha, pebiayaan konsumen dan kartu kredit. Contoh : perusahaan modal ventura dan perusahaan pembiayaan (finance company)

3. Lembaga Keuangan Investasi

10 Contoh serta Fungsi Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank Di Indonesia

Lembaga Keuangan Investasi (investmment institution) contohnya : reksa dana dan perusahaan efek

 

Kamu juga bisa baca artikel ini beberapa lembaga sosial yang ada di indonesia Pengertian, Ciri-Ciri dan 7 Contoh Lembaga Sosial di Indonesia

Jenis – Jenis Lembaga Keuangan di Indonesia

Di negara indonesia terdapat 10 jenis lembaga keuangan antara lain sebagai berikut :

1. Pasar Uang

Pengertian pasar uang ialah tempat mendapatkan dan investasi dana, hampir mirip dengan pasar modal.

Perbedaanya hanya pada modal yang ditawarkan dimana untuk pasar modal modal yang ditawarkan berjangka waktu panjang sedangkan untuk pasar uang modal modal yang ditawarkan berjangka pendek.

Didalam pasar uang ini menggunakan media elekronik sebagai media transaksi sehingga kedua belah pihak / nasabah tidak perlu datang langsung.

 

2. Pasar Modal

Pengertian Pasar Modal ialah suatu tempat pertemuan dan sebagai tempat melakukan transaksi diantara pihak pemilik dana/penanam modal (investor) dengan pencari dana (emiten).

Proses jual beli yang dilakukan di pasar modal berupa jenis efek seperti obligasi dan saham. Jika diukur dari waktu modal yang diperjual belikan yakni berupa modal jangka panjang.

 

3. Koperasi Simpan Pinjam

Dalam koperasi simpan pinjam kegiatan usaha yang dilakukan hanya mengumpulkan dana dari para anggotanya dan kemudian menyalurkan kembali dan tersebut kepada para anggota dan masyarakat umum.

 

4. Perusahaan Penggadaian

Merupakaan suatu lembaga keuangan sebagai penyedia fasilitas pinjaman dengan jaminan tertentu milik nasabahnya. Contohnya, saya ingim membeli  sebuah mobil  secara kredit, makan kebutuhan ini pembayaranya bisa ditutup oleh perusahaan leasing.

 

5. Perusahaan Asuransi

Pengertian perusahaan asuransi merupakan sebuah lembaga keuangan yang bergerak dalam usaha pertanggungan. Disetiap nasabah akan dikenakan polis asuransi yang menanggung kerugian atau resiko yang wajib dibayar dan diterimanya.

Dimana besarnya sebuah polis asuransi akan berdapampak terhadap klaim yang akan diperoleh.

 

6. Perusahaan Sewa Guna (Leasing)

Leasing merupakan suatu kegiatan yang bidang usahanya lebih untuk pembiayaan barang-barang modal yang dibutuhkan nasabah. Contoh : saya ingin membeli motor secara kredit, maka kebutuhan untuk pembiayaanya bisa ditutup oleh perusahaan leasing

 

Agar kamu lebih lengkap dan jelas mengenai penjelasan leasing kamu bisa baca artikel ini Pengertian, Jenis dan Manfaat  Leasing Menurut Ahli [Lengkap]

 

7. Perusahaan Anjak Piutang (factoring)

Perusahaan ini kegiatan usahanya ialah mengambil alih pembayaran kredit suatu perusahaan. Dilakukanya pengambilan kredit dengan langkah mengambil kredit yang mempunyai masalah dengan perusahaan lain dan bisa juga mengelola penjualan kredit perusahaan yang membutuhkan.

 

8. Perusahaam Modal Ventura

Jenis perusahaan ini merupakan perusahan yang kegiatan utamanya mengandung resiko besar. Dimana kegiatan usahanya lebih sering memberikan  pembiayaan yang berbentuk kredit bermasalah dengan perusahaan lain bida jugga mengelola kredit perusahaan yang membutuhkan.

Selama berjalanya sistem ini dengan jaminan yang begitu menyulitkan, kemudian menghambat dan memberatkan nasabah untuk mendapatkan modal.

 

Agar kamu dapat memahami mengenai perusahaan modal ventura lebih kamu baca artikel ini Pengertian Joint Venture Manfaat, Karakteristik, Contoh serta Kekurangan dan Kelebihannya

 

9. Dana Pensiun

Pengertian perusahaan dana pensiun ialah perusahaan yang memiliki kegiatan usaha dalam pengelolaan dana pensiun pada suatu perusahaan.

Dana pensiun ini didapat dari hasil iuran yang dipotong dari gaji karyawan. Lalu dana yang sudah terkumpul kemudian diusahakan melalui investasi ke sektor-sektor yang bisa menguntungkan perusahaan tersebut.

 

10. Perusahaan Kartu Plastik

Perusahaan ini menerbitkan kartu plastik/kartu kredit. Yang berfungsi sebagai pengganti uang tunai untuk memakai bank.

 

Demikianlah tadi penjelasan mengenai 10 Contoh serta Fungsi Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank Di Indonesia Semoga dengan penjelasan diatas dapat membantu anda dan menambah wawasan anda. Terimakasih atas kunjunganya

 

Artikel Lainya :

  1. [Lengkap] Pengertian, contoh, Fungsi dan Tujuan Rekonsiliasi Bank
  2. 8 Aspek Perbedaan Obligasi dan Saham [Lengkap]
  3. Cara Lengkap Perhitungan Bunga Deposito Bank
  4. 4 Macam Aspek Manfaat Perdagangan Internasional antar Negara

Tinggalkan komentar